Mungkin diantara kita sedang ada yang bertanya, apa itu Proxy? Proxy merupakan aplikasi yang menjembatani antara client dengan web server. Banyak sekali fungsi proxy yang ada, salah satunya adalah untuk menyimpan cache. Apabila suatu client dalam jaringan LAN mengakses URL web maka browser yang digunakan akan mengirim request ke proxy server. Apabila tidak tersedia, maka proxy server akan menangani langsung permintaan ke web server.

Proxy dan proxy server adalah dua hal yang berbeda.

  1. Proxy merupakan layanan yang dimiliki proxy server
  2. Proxy server bertugas melayani permintaan dari client. Bila Anda mengakses suatu alamat web, IP Anda akan dicek kemudian disimpan untuk dilakukan autentikasi. Apabila ingin mengakses web yang  elarang IP selain negaranya atau hanya memperbolehkan dari negara tertentu, kita dapat memanfaatkan proxy.

IP merupakan pengalamatan/identitas pada jaringan. Ada dua jenis IP yang akan saya berikan penjelasan, yaitu :

  1. IP private : IP yang digunakan oleh jaringan local (LAN)
  2. IP public : IP yang diberikan oleh Internet Service Provider (ISP).

Tidak sulit bagi seseorang untuk menemukan lokasi seseorang dan layanan internet yang digunakan dari IP yang dimilikinya. Fakta ini menjadi keresahan bagi defacer yang berusaha men-deface atau memasuki celah keamanan suatu website. Karena hal tersebut, peran proxy sangatlah membantu penyamaran.

Sumber : KOPASUS IT

Tags:

Share |

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>