Category Archives: Statistik Probabilitas

Statistik Probabilitas

Data eksteren dibagi menjadi dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang langsung dikumpulkan oleh orang yang berkepentingan dengan data tersebut dan data sekunder adalah data yang tidak secara langsung dikumpulkan oleh orang yang berkepentingan dengan data tersebut.

Berbagai pengertian data

Dalam statistika, kita mengenal beberapa jenis data tergantung konteksnya. suata data bisa berupa angka bisa juga bukan berupa angka. data yang erupa angka disebut data kualitatif yang nilainya bisa berubah-rubah, berdasarkan nilainya dikenal dua jenis data kualitatif, yaitu data diskrit dan data kontinu. data diskrit diperoleh dari hasil perhitungan

Pengertian Statistik

Statistik
Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, statistik tidak hanya kumpulan angka-angka dalam tabel atau grafik seperti dulu. Statistik telah berkembang sesuai dengan tuntutan ilmu pengetahuan sekarang ini. Statistik dapat digunakan dalam segala bidang ilmu pengetahuan. Sehingga pengertian statistik pun berkembang menjadi:
Statistik merupakan cabang dari ilmu matematika yang mempelajari cara (metode) pengumpulan, penyajian, analisa, interpretasi dan penarikan kesimpulan dari sekelompok data yang disusun, dalam bentuk angka. (Hifni, 1990)

Pengertian Probabilitas

Probabilitas biasa digunakan untuk menggambarkan pemikiran terhadap beberapa masalah atau dalil yang kebenarannya tidak menentu. Masalah tersebut biasanya dalam bentuk “Apakah peristiwa tertentu akan terjadi?” Sedangkan pemikiran dalam bentuk ”Seberapa yakinkah kita bahwa peristiwa tersebut akan terjadi?” Keyakinan (kepastian) yang kita adopsi tersebut dapat digambarkan dalam bentuk ukuran numerik, antara 0 dan 1, yang kita sebut probabilitas. Semakin tinggi nilai probabilitas dari suatu peristiwa, semakin yakin kita bahwa peristiwa tersebut akan terjadi.

Jadi, probabilitas dalam pengertiannya adalah ukuran atau nilai dari kemungkinan suatu
peristiwa acak akan terjadi.