Jenis-jenis auditor

By on June 29th, 2009.
Filed Under:Akuntansi Pemeriksaan
Subscribe via: RSS

1. Auditor Intern: auditor intern adalah auditor yang bekerja di dalam perusahaan, misalnya di bagian akuntansi atau SPI perusahaan. Dimana Auditor ini bekerja masih atas perintah atasannya sehingga untuk mengharapkan hasil yang objektif masih belum dapat tercapai 100%.

2. Auditor Ekstern : auditor ekstern adalah auditor yang berdiri sebagai pihak ke 3 diluar perusahaan, dimana mereka bekerja berdasarkan surat perintah kerja. auditor jenis ini bekerja dibawah Kantor Akuntan Publik dan bekerja secara independen dan objektif.

Tags:

One Response to “Jenis-jenis auditor”

  1. mbak dewi jasa service untuk akuntan ada 2 yaitu 1. atestasi dan 2. non atestasi.
    Jasa Atestasi

    Atestasi (attestation) pengertian secara umum adalah merupakan suatu komunikasi dari seorang yang expert mengenai kesimpulan tentang realibilitas dari pernyataan seseorang.
    Dalam pengertian sempit, atestasi merupakan komunikasi tertulis yang menjelaskan suatu kesimpulan mengenai realibilitas dari asersi tertullis yang merupakan tanggung jawab dari pihak lainnya.

    Selain memberikan jasa atestasi mengenai kewajaran laporan keuangan suatu entitas, akuntan public juga memberikan jasa atestasi lainnya seperti membuat laporan mengenai internal control dan laporan keuangan prospectus.

    Auditing
    Jasa auditing mencakup pemerolehan dan penilaian bukti yang mendasari laporan keuangan histories suatu entitas yang berisi asersi yang dibuat oleh manajemen entitas tersebut. Akuntan publik yang memberikan jasa auditing disebut dengan istilah auditor. Atas dasar audit yang dilakukan terhadap laporan keuangan pihak akuntan publik mengeluarkan pendapat akuntan. Pendapat ini menilai apakah laporan keuangan menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan dan hasil usaha entitas sesuai dengan prinsip akuntansi yang diterima umum. Tingkat keyakinan yang dapat dipakai oleh auditor ditentukan oleh hasil pengumpulan bukti. Semakin banyak jumlah bukti kompeten dan relevan yang dikumpulkan semakin tinggi tingkat keyakinan yang dicapai oleh auditor. Jasa ini merupakan jasa profesi akuntan publik yang paling dikenal dalam masyarakat dan seringkali disebut sebagai jasa tradisional profesi akuntan publik.

    Jasa Assurance
    Akhir-akhir ini akuntan public mulai melakukan jenis jasa assurance (assurance sevices) yakni jasa seorang professional yang independen yang meningkatkan kualitas informasi untuk para pengambil keputusan.

    Assurance services mempunyai lingkup yang lebih luas dari auditing atau atestasi. Misalnya perusahaan bisa saja meminta akuntan publiknya untuk mengevaluasi keandalan system informasinya, atau menilai kecukupan dari system untuk mengelola resiko bisnis, atau menilai efektivitas dari system pengukuran kinerja.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.