Achmad Zaky, Pria Jenius CEO Bukalapak

Hay gaes, siapa sih yang gak tau bukalapak? ada yang ga tau? wah kudet nih, hhehe. Bukalapak ialah Startup yang bergerak dibidang Marketplace yang berdiri pada tahun 2010, namun pada saat itu Bukalapak belumlah menjadi besar seperti sekarang. Pada tahun 2011, barulah Bukalapak berstatus sebagai Perseroan Terbatas (PT). Tidak perlu saya bahas banyak masalah Bukalapak disini, karena yang akan saya bahas ialah orang dibalik suksesnya Bukalapak itu sendiri. Yup, Achmad Zaky. Ialah penggagas Bukalapak yang didirikan dibahwah divisi agensi digital Suitmedia kala itu dan sekarang ialah CEO Bukalapak itu sendiri.

Achmad Zaky lahir di Sragen, Jawa Tengah pada tanggal 24 Agustus 1986. Zaky mulai mengenal dunia teknologi sejak ia duduk dibangku sekolah dasar yang kala itu diberikan sebuah komputer dan buku buku yang berhubungan dengan pemrograman oleh pamannya. Kecerdasan Zaky pun mulai tampak pada saat ia mengenyam pendidikan SMA di SMA N 1 Solo yang pada saat itu ia berhasil memenangkan Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang komputer hingga tingkat nasional yang mewakili nama sekolahnya. Tidak berhenti disitu, prestasi Zaky berlanjut pada saat ia di Perguruan Tinggi dengan menjadi juara II dalam ajang Wireless Innovation Contest tahun 2007, ia membuat aplikasi MobiSurveyor yang bergunan untuk melakukan perhitungan cepat dalam sebuah survei.

Zaky mengawali karir setelah ia lulus dari ITB dengan mendirikan perusahaan Jasa Konsultasi Teknologi bernama Suitmedia. Seakan belum puas sampai disitu, Zaky mulai berpikir untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, dan dari situlah ide Bukalapak.com bermula. Ia bermimpi untuk mengubah hidup orang banyak dengan memajukan UMKM lewat internet. Bukalapak diselesaikan hanya dalam waktu 2 bulan dan pada saat itu Zaky mengajak pedgang pedagang di mall untuk memasarkan produknya lewat internet. Dan sejak saat itulah, semakin hari pertumbuhan Bukalapak semakin pesat.

Dari Zaky saya belajar, bahwa jangan takut untuk memulai dan berinovasi. Teknologi berkembang semakin cepat, sebisa mungkin harus bisa kita manfaatkan gaes.

“Kesuksesan bukan milik mereka yang sibuk pacaran saja. Di masa muda, kamu harus mencoba semua” – Achmad Zaky, CEO Bukalapak.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *