Cara Import Database MySQL Menggunakan phpMyadmin

Pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara meng-import database MySQL menggunakan phpMyadmin. Sebenarnya import database bukanlah hal rumit dan sulit, tapi bagi orang awam ataupun yang baru “kenalan” dengan database pastinya mereka bingung bagaimana cara melakukannya. Sebenarnya tutorial ini ga ada dipikiran saya, berhubung ada mahasiswa yang nanya dan udah saya jelasin via JAPRI (Jalur Pribadi) sampe saya rekomendasiin buat cari digoogle (karna memang tutorialnya bertebaran dimana-mana) tapi masih ga ngerti juga akhirnya saya coba jelasin via tutorial ini, barangkali bisa buat referensi yang lainnya juga. Baiklah, berikut langkah-langkahnya.

  1. Saya asumsikan disini kalian udah pada install xampp (karena umumnya pake ginian), belum tau apa itu xampp? nih mampir dulu ke mbah Google. Ok lanjut buka xampp Control Panel, pastikan service sudah jalan/start.
    import-1-1
  2. Jika sudah, buka browser dan ketik URL “localhost/phpmyadmin”. Kemudian akan muncul laman phpmyadmin. Jika database yang ingin kalian import isinya sudah ada langsung saja buka database-nya, akan muncul tab import lalu klik. (Jika databse belum ada, buat dulu database-nya).
    import-1-2
  3.  Setelah muncul laman import, klik chose file lalu pilih file hasil dump dari database yang ingin di import.
    import-1-4
  4. Langkah terakhir klik ok, SELESAI!
    capture

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *