Integrasi WinSCP Dengan Text Editor Favorit

Kamu yang sudah biasa main “remote-remote‘an” dengan server dan menggunakan sistem operasi Windows pasti sudah tidak asing lagi dengan WinSCP. Yup, WinSCP merupakan aplikasi client file transfer gratis di Windows yang hingga saat tulisan ini dibuat (mungkin aja kedepannya nanti bakal beda :D) sudah mendukung protokol SFTP, FTP, WebDav dan SCP. Salah satu kelebihan WinSCP dibanding client file transfer lain ialah sudah mendukung scripting atau istilah sederhananya kita bisa buat dan edit file dari client apps ini, berbeda dengan FileZilla yang fungsinya hanya sebatas file manager saja. Untuk edit file di WinSCP kita bisa double klik pada file. Namun terkadang kita bosan ataupun tidak nyaman membaca atau merubah sebuah script/file hanya menggunakan text editor standar bawaan WinSCP yang bernuansa putih polos, terutama tidak adanya penomoran baris pada script kita.

Untuk itu, pada tips kali ini saya akan memaparkan cara sederhana untuk merubah text editor default WinSCP menjadi text editor favorit kita. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka aplikasi WinSCP kamu, disini saya asumsikan kamu sudah login ke server yang kamu remote. Kemudian klik Preferences, atau juga bisa dengan menekan tombol ctrl+alt+p.
    scp-1-1
  2. Akan muncul window pengaturan Preferences, pada tree menu sebelah kanan pilih Editors, lalu pilih External Editors. Kemudian klik browse.
    scp-1-2
  3. Kamu akan diarahkan ke file explorer untuk mencari lokasi ter-install text editor kamu, biasanya di C:/Programs File/nama_folder text editor. Disini saya beri contoh memilih Sublime Text untuk menjadi external editor saya, jika selesai klik Open.
    scp-1-3
  4. Akan muncul window add editor. Jika path atau direktori text editor kita sudah benar klik ok.
    scp-1-4
  5. Masih pada pengaturan preferences, di bagian Editord Preferences, pilih text editor yang sudah kita pilih di langkah no. 3 tadi, kemudian klik Up hingga urutan text editor kita berada di posisi paling atas seperti gambar dibawah ini.
    scp-1-5

Sampai langkah diatas sebenarnya kita sudah berhasil menambah/meng-integrasikan WinSCP kita dengan text editor favorit kita. Untuk mengujinya, double klik pada file yang ingin diubah. Secara otomatis text editor kita akan terbuka dan menampilkan isi dari file/script yang dipilih. Menyimpan perubahan sama seperti menyimpan pada umunya, ctrl+s.
scp-1-6Ok sekian tips seputar integrasi external text editor di WinSCP . Semoga tulisan ini dapat membantu dan jikaada yang ingin ditanya silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Happy learning gaeesss 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *