Waahh, Banyak yang tak Tahu Apa itu Stuxnet

GambarStuxnet, Duqu dan Zeus adalah tiga nama virus paling berbahaya di Internet.  Ketiganya pun banyak dibicarakan. Namun ternyata banyak juga loh yang tidak kenal ketiga virus itu.

Survai yang digelar di 25 negara oleh O+K Research mengungkap 2/3 responden tidak tahu apa-apa tentang virus-virus tersebut. Sejumlah 28% pun hanya tahu sekilas.

Secara umum, kebanyakan pengguna meremehkan bahaya yang bisa ditimbulkan malware terhadap perangkat dan juga data mereka. Pasalnya, mayoritas tidak tahu bagaimana program berbahaya bisa masuk ke komputer, bagaimana perilaku program ini dan kerusakan apa yang bisa ditimbulkan.

Tidak heran kalau banyak responden lalu tak ambil pusing dengan pentingnya software keamanan yang baik. Bahkan 8,5% responden yakin kalau mereka tidak perlu perlindungan tambahan.  Sementara itu 16% pemilik tablet dan 15% pengguna smartphone meyakini perangkatnya sudah aman.  Setengah dari responden yang memakai perangkat mobile meragukan penggunaan solusi keamanan tambahan, seperti Kaspersky Mobile Security.

Secara khusus, 57% responden memang pernah mendengar tentang solusi Kaspersky Security Network yang berbasis awan. Namun mereka tidak tertarik memakainya. Pengguna software pengaman itu sendiri hanya 16%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *