Artikel Islam

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan – keutamaan Bulan Ramadhan antara lain :

  1. Bulan diturunkannya Al Qur’an. Bedasarkan firman Allah SWT,”Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan permulaan al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu pembeda antara yang hak dan yang batil”.( QS Al Baqarah : 185 ).
  2. Bulan penuh berkah. Bedasarkan sabda Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.”Bulan Ramadhan telah datang kepada kamu semua, yaitu bulan penuh berkah…”
  3. Bulan penuh ampunan. Rasulullah saw bersabda,”Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan dasar iman dan mengharapkan pahala, maka Alllah mengampuni dosa – dosanya yang telah lalu”.
  4. Bulan rahmat, ampunan dan pembebasan dari api neraka. Rasulullah saw menjelaskan, Ramadhan adalah bulan dimana awalnya rahmat, pertengahannya ampunan, dan akhirnya pembebasan dari pintu neraka”.
  5. Pembuka pintu surga dan penutup pintu neraka. Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah saw bersabda,”pada bulan Ramadhan seluruh pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup..”
  6. Setan dibelenggu dan dirantai. Rasulullah saw menegaskan, pada bulan Ramadhan seluruh pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu”.
  7. Didalamnya ada Lailatul Qadar. Sebagaimana sabda Rasulullah saw, pada bulan Ramadhan ada sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Orang yang terhalang dari kemuliaan malam itu, maka dirinya terhalang dari kebaikan”.

Sumber : Buku “Mengisi Ramadhan seperti mereka”

Penulis Qasim Abdullah dan Yasir Abdurrahman

Comments are closed.