jurnal irbos

Rancang Bangun Aplikasi Bina Darma Niaga Berbasis Web

Muhammad Sobri 1), Sunda Ariana2)

Manajemen Informatika1, Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma

Jl.Jend.A.Yani No.12 Plaju, Palembang, 30264

HP (penulis utama): +62 81368577423

E-mail : sobri.irbos@gmail.com1

Abstrak

Seiring dengan berkembanganya penggunaan teknologi internet seperti dapat berkomunikasi dengan seseorang yang lain, memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain, menemukan informasi yang diberikan orang lain, atau bahkan menjual dan membeli produk-produk tertentu serta memudahkan perluasan dan pengembangan bisnis. Dengan adanya teknologi internet seperti ini, dan dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna internet di dunia maka sangat dipastikan bahwa pembangunan sebuah aplikasi penjualan berbasis web dapat dijadikan sebagai solusi untuk dapat meningkatkan pemasaran produk pada suatu intansi serta meningkatkan nilai penjualan dibandingkan dengan sistem transaksi jual beli yang hanya bisa dilakukan dengan tatap muka. Universitas Bina Darma (UBD) memiliki banyak produk yang dihasilkan oleh civitas akademikanya tetapi penjualannya masih bersifat tatap muka sehingga untuk penjualannya sangat terbatas. Penelitian ini membantu memasarkan produk yang dimiliki oleh (UBD) dan masyarakat pada umumnya juga bisa menjadi tenant yang bisa menggunakan aplikasi ini. Metode Penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan secara terstruktur dengan menggunakan pengembangan sistem yaitu metode waterfall. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi penjualan online yang membantu memasarkan produk baik yang dimiliki oleh UBD maupun masyarakat pada umumnya. Dengan adanya Bina Darma Niaga dapat memberikan kemudahan kepada UBD dan masyarakat pada umumnya dalam memasarkan produknya lebih luas selain menjual ditempatnya sendiri.

Kata kunci : Internet, Waterfal, UBD

==============================================================

APLIKASI BELAJAR MEMBACA DAN MENGUCAPKAN HURUF HIJAIYAH UNTUK POCKET PC

Muhammad Sobri

Dosen Universitas Bina Darma, Palembang

Jalan Jenderal A. Yani No.12, Palembang

Pos-el : sobri.irbos@gmail.com

 

Abstract : Progress  of  Science and Technology  should be followed  with the Iman and Takwa (IMTAK), unfortunately , if there are still many people who can not read the letters hijaiyah which is the basis of the Qur’an. Society has now been busy with various activitas so they are difficult to study with Ustad or Ustadza about hijaiyah letters. To   overcome  this problem the authors make an application using a Pocket PC because it is easy to use, easy to   carry and facilitate the public in learning letters hijaiyah. Making this application the writer use  waterfall method which consists of systems engineering, software requirement  analysis, design, program, testing,  maintenance, while the programming language using Microsoft Visual Basic.NET. With this application can help people who can not read the letters hijaiyah quickly and easily understood, because the application is equipped with a sound that existed at the pictures hijaiyah the letter.

 Keywords: VB .NET, Pocket PC  download

======================================================

ANALISIS EFEKTIVITAS PEMANFAATAN HOTSPOT DI UNIVERSITAS BINA DARMA

(STUDI KASUS MAHASISWA MANAJEMEN INFORMATIKA)

 

 Emigawaty 1 , M. Sobri 2

Dosen Universitas Bina Darma

Jalan Jenderal Ahmad Yani No.12 Palembang

Pos-el : emigawaty@yahoo.com 1, sobri.irbos@gmail.com 2

 

Abstrak:

Perkembangan teknologi telah membuat aktifitas kehidupan menjadi lebih mudah. Hal ini dapat dilihat dari kecanggihan pesawat televisi, telepon seluler, komputer sampai peralatan rumah tangga, semuanya memberikan kemudahan bagi siapa saja. Universitas Bina Darma  adalah salah satu Universitas  telah memanfaatkan teknologi informasi untuk memberikan kemudahan kepada mahasiswanya untuk mengakses  layanan informasi. Salah satu teknologi tersebut adalah hotspot. Penelitian ini dilakukan di Universitas Bina Darma dengan mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika sebagai populasinya. Dalam penelitian ini terdapat 2 jenis variabel yang terdiri dari variabel independen  dan variabel moderating. Sedangkan data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan alat analisis kolerasi dan regresi bantuan program SPSS 13.0. Berdasarkan pada hasil Uji Signifikansi Parameter Individual (Uji statistik t), dapat diuraikan hasil pengujian hipotesis bahwa Pemanfaatan Hotspot berpengaruh positif terhadap mutu pembelajaran.

 

Keywords: hotspot, tecnology, uji signifikan, parameter individual

Leave a Reply