Program Kreatifitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKM-GT)
Universitas Bina Darma 2012

AUTOCORRECT PENGGUNAAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN DALAM RAGAM BAKU TULIS

Disusun Oleh :
Ketua : Dewi Purnama Sari – 08161011 ; Anggota : Radi Arizal – 08142049, Tri Setia Nugraha – 11161001

Dosen Pembimbing :
Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M.

RINGKASAN

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil laut, salah satunya adalah ikan. Oleh sebab itu, banyak industri pangan yang memanfaatkan ikan sebagai bahan baku makanan, Misalnya di Palembang yang banyak memanfaatkan ikan untuk dijadikan olahan pangan seperti: otak-otak, kerupuk, lenggang, model, tekwan dan pempek. Pembuatan otak-otak dan lainya hanya memanfaatkan daging ikan tanpa memanfaatkan tulang ikannya. Padahal, tulang ikan mempunyai nilai gizi yang tinggi akan kalsium. Kalsium merupakan mineral penting bagi manusia karena mempunyai peran vital pada tulang berguna untuk mencegah timbulnya osteoporosis. Oleh karena itu, perlu pengolahan produk baru agar limbah pembuatan panganan dari ikan ini yaitu tulangnya dapat digunakan secara maksimal. Salah satu upaya untuk memanfaatkan limbah tersebut adalah dengan mengolah limbah tulang ikan menjadi pempek sehat dan lezat. Diharapkan dengan adanya upaya untuk memanfaatan tulang ikan sebagai bahan campuran pempek, tulang ikan dapat menjadi bahan tambahan makanan yang siap disubtitusikan ke pangan lain. Selain itu, pemanfaatan tulang ikan akan mampu mengoptimalkan usaha pengolahan hasil perikanan yang ada di Palembang.

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan limbah tulang ikan dan potensi tulang ikan sebagai bahan pembuatan pempek yang sehat dan lezat. Metode yang digunakan yaitu pengumpulan data yang diperoleh dari studi pustaka dan pengamatan terhadap fenomena yang terjadi. Data-data tersebut diolah secara runtut dan sistematis berdasarkan pedoman Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kemudian ditarik kesimpulan menggunakan metode deduksi dan induksi.

Untuk mengolah tulang ikan menjadi pempek sehat dan lezat dilakukan beberapa proses. Proses pertama adalah mengolah tulang menjadi tepung. Kemudian proses selanjutnya adalah membuat pempek dangan mencampurkan tepung tulang ikan. Kesimpulan yang diperoleh dari karya tulis ini adalah limbah tulang ikan yang berpotensi sebagai bahan pangan fungsional yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran pembuatan pempek. Dari pembuatan pempek yang telah dicampuri tulang ikan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kalsium masyarakat. Sedangkan saran yang dapat diberikan oleh penulis yakni perlu adanya pengenalan kepada masyarakat tentang pemanfaatan tulang ikan sebagai bahan campuran pembuatan pempek yang berkalsium tinggi sehingga kebutuhan kalsium masyarakat dapat dipenuhi secara maksimal tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Unduh Materi Lengkapnya :
PKM-GT-12-Meta Wahyuni-Pempek Limbah Tulang-.pdf