SO (Sistem Operasi) AnDroid Terjangkiti Virus Android Baru

Malware-Android

Sebuah perusahaan bernama TrustGo Mobile baru saja menemukan penemuan yang menggemparkan. Mereka mengatakan bahwa terdapat salah satu virus Android terbaru yang ditemukan hampir pada 100 ribu perangkat Android di Cina.

Virus yang memiliki nama Trojan!MMarketPay.A@Android ini akan melakukan aktivitas secara rahasia pada saat menjangkiti sebuah handphone Android. Bahkan, bisa-bisa pulsa habis secara tiba-tiba tanpa Anda ketahui. Hal tersebut karena virus ini akan secara otomatis mengunduh aplikasi berbayar dan konten video.

Tak menutup kemungkinan, pada saat ini jumlah handphone dan tablet Android yang terinfeksi virus ini semakin bertambah. Karena data 100 ribu tersebut dikemukakan oleh TrustGo Mobile pada tanggal 4 Juli lalu. CEO TrustGo, Xuyang Li mengatakan bahwa aplikasi ini dapat menyebar dengan mudah dan sangat cepat.

Pada kesempatan yang sama, Li mengatakan bahwa virus ini juga menyebar dengan menggunakan nama lain seperti com.mediawoz.goweathercom.mediawoz.gotq; com.mediawoz.gotql; cn.itkt.travelskygo; cn.itkt.travelsky; com.funinhand.weibo; sina.mobile.tianqitong atau com.estrongs.android.pop. Jadi, hati-hati pada saat mengunduh sebuah aplikasi Android.

dengan banyak beredar aplikasi bervirus di Android market , untuk itulah Google meluncurkan Bouncer. Bouncer adalah sebuah layanan yang dapat melakukan scan terhadap aplikasi Android Market untuk melihat apakah aplikasi itu bersih atau bervirus.

Dikutip dari ubergizmo, meskipun Bouncer baru dipublikasikan akhir-akhir ini, namun ternyata aplikasi ini telah beroperasi hampir satu tahun lebih.  Menurut catatan pengembang aplikasi ini,  antara semester pertama dan kedua tahun 2011, mereka melihat kenaikan jumlah unduhan aplikasi yang mencurigakan hingga 40% dari Android Market.

Android merupakan platform yang terbuka, sehingga sangat mudah untuk dijadikan target malware. Faktanya, anda dapat menginstall aplikasi tanpa harus melalui Android Market, sehingga membuat hal ini lebih sulit untuk diawasi dan diperiksa.

di kutip dari http://www.beritateknologi.com/tentang/virus-android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *