•Definisi
“the virtual arena in which business actually is conducted, value is created and exchanged, transactions occur, and one-to-one relationship mature by using any internet initiative as medium of exchange” (Hartman, 2000)
12 karakteristik ekonomi digital
- Knowledge SDM, pemahaman terhadap teknologi
- Digitization transformasi data menjadi digital
- Virtualization tidak perlu aset fisik, hanya komputer dan koneksi internet bisa menjangkau seluruh dunia
- Molecularization mudah beradaptasi
- Internetworking relationship, cooperation
- Disintermediation berkurangnya mediator
- Convergence computing, communication, content
- Inovation selalu ada sesuatu yang baru
- Prosumption batas yang kabur antara produsen dan konsumen
- Imediacy persamaan produk, pembeli lebih jeli dan kritis
- Globalization borderless
- Discordance perubahan struktur sosial dan budaya
•E-business Value Matrix
E-business Value Matrixmemberikan gambaran posisi pemilik perusahaan pada bagian mana dia berada dalam kerangka strategis perusahaan
download file disini pert3_ecommerce