Some Factors of Registers Preference by Students of Universitas Bina Darma Palembang

Abstract: Spoken language will always be interesting and attracting to discuss. It has many dimensions which can be investigated into detail. This study investigated some factors of registers preference by the students of Universitas Bina Darma. The samples were taken from Pendidikan Bahasa Indonesia students, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan who are taking their English subject at English Language Centre Universitas Bina Darma. They were twenty nine students – three male and twenty six female. The data were taken from questionnaire. It was found that there are six factors which contribute to the students‟ registers preference. They are age, situation, addressee, social status, gender/sex, and topic.

Keywords: Dimensions, Registers, and Registers Preference

Abstrak: Bahasa lisan selalu menjadi objek yang menarik untuk dibahas. Banyak dimensi yang dapat dikaji menjadi sangat detil dalam sebuah ujaran pada bahasa lisan. Penelitian ini menelaah beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan bahasa oleh mahasiswa Universitas Bina Darma. Sampel penelitian diambil dari mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan Universitas Bina Darma yang sedang mengikuti perkuliahan di Lembaga Bahasa Universitas Bina Darma. Sampel terdiri dari dua puluh sembilan mahasiswa – tiga laki-laki dan dua puluh enam perempuan. Data diambil dari kuesioner. Ditemukan ada enam faktor yang mempengaruhi mahasiswa memilih penggunaan bahasa mereka, yaitu umur, situasi, pendengar, status sosial, jenis kelamin, dan topik pembicaraan.

Kata kunci: Dimensi-dimensi, Register-register, dan Pilihan Register-register

 

 

 

Download file here

Philosophy of Team Teaching and Learning

Abstract: Team teaching is one of the approaches which is widely and commonly used now. English team teaching has been proven as one of effective ways to overcome some problems in learning process. Therefore, the writer tried to descriptively describe the concept of team teaching starting from its concept, the team matched, the planning, teaching approaches, teaming strategies, the action, and the evaluation. This study is a descriptive study which discussed the philosophy of team teaching by the use of literature review and documentation instrument. It is found that team teaching concepts as this follows: interdisciplinary teams, multidisciplinary teams, teacher collaboration, team teaching and partnering.
Keywords: Team Tecahing, Approaches, Teaming Strategies, and Multidisciplinary

Abstrak: Pengajaran dalam tim adalah pendekatan pengajaran yang sudah sangat umum dilakukan dalam dunia pendidikan pada saat ini. Pengajaran Bahas aInggris dengan menggunakan metode ini juga telah terbukti sebagai salah satu cara yang efektif dalam menanggulangi permasalahan-permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk mendeskripsikan konsep pengajaran dalam tim dimulai dari konsep tim, kesesuaian tim, perencanaan, pendekatan pengajaran, strategi pengajaran, tindakan dalam kelas, dan evaluasi. Penelitian ini adalah studi deskriptif yang mempergunakan kajian pustaka sebagai sumber penelitian dan menggunakan dokumentasi teknik sebagai teknik pengumpulan data. Konsep dalam pengajaran dalam tim dapat berupa, multidisiplin, kolaborasi, tim, dan pasangan.
Kata kunci: Pengajaran Tim, Pendekatan, Strategi dalam mencari tim, dan Multidisiplin

Download file here

 

The Analysis of Spoken and Written Data in Discourse Aspects

Abstract: Language learning is not merely about learning how to speak or write, but the essential meaning of learning a language is how to communicate using it. To communicate effectively, learners must be able to get the meaning through context. In discourse context takes an important role. Therefore, this study would benefit many people to show how discourse is analyzed through its detail sub-topics. The data were taken from interview recording and paragraph writing between two students. The data were analyzed through partial analysis and whole analysis. It was found that there were some parts of pragmatics topic and it is relevant as well.

Keywords: Context, Discourse, and Pragmatics

Abstrak: Pembelajaran bahasa tidak hanya sebatas belajar bagaimana caranya berbicara atau menulis, namun hal terpenting adalah bagaimana berkomunikasi menggunakan suatu bahasa. Untuk berkomunikasi secara efektif, pelajar bahasa harus memahami bagaimana caranya mengetahui makna melalui konteks. Dalam suatu wacana konteks atau situasi saat berbicara mempunyai peranan penting. Oleh karena itu, studi ini ingin menampilkan berbagai keuntungan dalam memahami wacana secara detil berdasarkan sub-topiknya. Data diambil dari hasil wawancara dan tulisan dua orang siswa. Data dianalisa melalui analisa secara terpisah dan menyeluruh. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat beberapa topik dalam pragmatik dan sangat relevan juga.

Kata kunci: Konteks, Wacana dan Pragmatik

 

Download file here

Five Critical Problems in English Language Teaching (ELT) and their Possible Solutions

Abstract: Learning a language is a hard work, teachers will also do hard works to facilitate their students accomplish their objectives and targets. Therefore, the writer tried to sum up all her experiences in English language teaching for the past five years about all problems which might be faced by teachers and their possible solutions. This study is a descriptive study which discusses the data through words and documentation technique. The data were taken from observation and documentation technique. It was found that there are five critical problems in English language teaching. They are (1) Students’ Low Motivation, (2) Big Classes, (3) Limited Resources, (4) Teaching Strategies, and (5) Teachers’ Teaching Skill.

Keywords: Critical Problems and English Language Teaching (ELT) and solutions

 Abstrak: Pembelajaran bahasa menuntut kerja keras, tenaga pengajar juga dituntut untuk bekerja ekstra dalam memfasilitasi siswanya untuk mencapai tujuan dan target mereka. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk merangkum seluruh pengalamannya dalam lima tahun terakhir mengenai pengajaran bahasa Inggris dan permasalahan yang timbul di dalamnya beserta solusi yang mungkin dapat diterapkan. Studi ini merupakan studi deskriptif. Pengumpulan data diambil dari hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya lima pemasalahan penting dalam pengajaran Bahasa Inggris, yaitu: (1) Motivasi siswa yang rendah, (2) Jumlah Siswa yang banyak, (3) Bahan ajar yang terbatas, (4) Strategi pengajaran, dan (5) Kemampuan mengajar guru.

Kata kunci: Critical Problem, English Language Teaching (ELT) dan solusi

 

Download file here

Assessment in ELT: from Theory to Practice

 

Abstract: Teaching English as a Foreign Language(TEFL) is not an easy work. Teacher must be familiar with some stages called learning process where at the end of the process contains the evaluation stage through assessment and test. Unfortunately, teachers sometimes get confused through the terminologies of testing, evaluating, and assessing. Teachers do not know what to do and what they have done whether they are assessing their students or they are testing them. This study descriptively investigated the differences and similarities among the three terms and focused on the process of self-assessment by the use of literature review and documentation instrument. It was found that there are some differences and similarities among them, there are also ways of assessments which can be used by the teachers to do the assessment such as checklist or scale.

Keywords: TEFL, Evaluation, Assessment, and Tests.

Abstrak: Pengajaran Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran bahasa asing merupakan sebuah tugas berat bagi guru pengampu mata pelajaran. Seorang guru dituntut untuk menguasai seluruh langkah pembelajaran dan tata cara mengeavaluasi hasil belajar melalui penilaian atau tes. Namun, guruseringmengalamikesulitandalammembedakanevaluasi, penilaian, dan tes. Asumsi mereka ketiga tahap tersebut adalah tahapan yang sama. Oleh karena itu, penelitian ini mendeskripsikan dan menginvestigasi perbedaan dan persamaan di antara ketiga kegiatan tersebut. Penelitian ini memfokuskan kepada penggunaan penilaian diri sendiri dalam kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan dokumentasi dan kajian pustaka sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian adalah ditemukannya beberapa perbedaan dan persamaan antara evaluasi, penilaian, dan tes. Serta terdapat beberapa cara dalam menjalankan penilaian terhadap diri sendiri yaitu melalui checklist atau skala.

Kata kunci: TEFL, Evaluasi, Penilaian, dan Tes.

Download file here

 

Biography

Hi there,

Call me Tita. I am now currently employed at Universitas Bina Darma, Faculty of Language, English Study Program.

Contact me via

email: titawulandari@mail.binadarma.ac.id

facebook: titawulandari

 

Sejarah Universitas Bina Darma

Gedung Universitas Bina Darma

UBD berdiri atas penggabungan 3 (tiga) Sekolah Tinggi  berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 112/D/0/2002 tanggal 7 Juni 2002 yaitu STMIK Bina Darma (Surat Keputusan Mendikbud RI. Nomor : 027/D/O/1994, tanggal 18 Mei 1994), STIE Bina Darma (SK. Mendikbud RI. Nomor : 046/D/O/1994, tanggal 7 Juli 1994), dan STBA Bina Darma (Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor : 143/D/0/2001 tanggal 27 Agustus 2001).

Universitas Bina Darma adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang mengasuh dan mengembangkan ilmu dan keahlian profesional pada 7 (tujuh) fakultas (Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dengan program studi unggulan tiap fakultas yang berada di Sumatera Selatan. Universitas Bina Darma mempunyai komitmen untuk menciptakan lulusan yang siap kerja dan dapat diterima di masyarakat. Untuk itulah Universitas Bina Darma mengusahakan Sertifikasi dari International Organization for Standarization ( ISO 9001:2000 ), dan pada tanggal 7 Juli 2003 telah memperoleh Sertifikasi dengan nomor Registrasi 04100. 30981. Dengan telah ditetapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2000 di Universitas Bina Darma maka setiap aktivitas dilaksanakan dengan terencana dan hasilnya dapat diukur secara objektif. Hal ini berarti proses belajar mengajar di Universitas Bina Darma telah sesuai dengan persyaratan dan peraturan yang berlaku, sehingga lulusannya sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

UBD secara aktif mengembangkan kerja sama di dalam maupun luar negeri yang saat ini tercatat memiliki perjanjian dengan UBD diantaranya adalah: University of Industri Selangor (UNISEL) Malaysia, Sun Microsystem, Barring Edu Training Sdn Bhd-Malaysia, Pearson VUE Authorised Center-India, NIIT Antilles NV – Neteherlands, Planet Edupro Indonesia (University of Cambridge English for Speakers of Other languages (ESOL) Authorised Main Center), Cisco Networking Academy, Stichting Hogeschool Zeeland (HZ)-Holland, dan NPO International Japanese Education Center.