Kelebihan dan Kekurangan antara TV LCD dan TV LED

LCD-VS-LED

Penampil kristal cair (Inggris: liquid crystal display; LCD) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer. Kini LCD mendominasi jenis tampilan untuk komputer meja maupun notebook karena membutuhkan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas, dan memiliki resolusi tinggi.

Pada LCD berwarna semacam monitor, terdapat banyak sekali titik cahaya (piksel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi.

Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring. nah berikut adalah Kelebihan dan Kekurangan antara TV LCD dan TV LED menurut wikipedia adalah sebagai berikut :

Keunggulan LCD TV

  1. Menghasilkan warna yang lebih realistis
  2. Teknologi anti glare (tanpa bayangan)
  3. Tersedia mulai ukuran kecil hingga besar
  4. Tidak ada radiasi yang dipancarkan
  5. Dapat digunakan sebagai monitor komputer
  6. Kebutuhan sumber daya listrik yang lebih rendah dibanding Plasma

Kelemahan LCD TV

  1. Kualitas gambar akan menurun apabila dilihat pada sudut pandang yang lebar
  2. Untuk ukuran yang besar, harganya lebih mahal apabila dibandingkan dengan Plasma TV
  3. Refresh Rate dan Response Time yang jauh lebih rendah dibandingkan Plasma, sehingga kadang menghasilkan gambar yang kabur

Kelebihan LED TV

  1. Tingkat contrast yang jauh lebih tinggi dibandingkan LCD TV, setara atau bahkan lebih tinggi daripada Plasma TV
  2. Memungkinkan produsen untuk memproduksi televisi layar datar dengan ukuran super tipis, dengan ketebalan sekitar 2.5 cm
  3. Lebih ramah lingkungan
  4. Konsumsi listrik yang lebih rendah sekitar 20-30% dibandingkan LCD TV konvensional
  5. Berbagai produk LED TV dari vendor terkenal menawarkan fitur pemrosesan gambar digital, fitur Digital TV Tuner, dan berbagai fitur terbaru lainnya.

Kelemahan LED TV

  • Harga yang lebih mahal pada jenis type yang sama dengan LCD TV

Kelebihan dan Kekurangan antara TV LCD dan TV LED

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply


9 × 5 =