Memahami Delegation Event Model pada Java

Delegasi event model menguraikan bagaimana program Anda dapat merespon interaksi dari  user.  Untuk  memahami  model,  mari  kita  pelajari  pertama-tama  dengan  tiga komponen utamanya.

  1. Event Source, The event source mengacu pada komponen GUI yang men-generate event. Sebagai contoh, jika user menekan tombol, event source dalam hal ini adalah tombol.
  2. Event Listener/Handler, The event listener menerima berita dari event-event dan proses-proses interaksi user. Ketika tombol  ditekan,  listener  akan mengendalikan dengan menampilkan sebuah informasi yang berguna untuk user.
  3. Event Object, Ketika sebuah event terjadi (misal, ketika user berinteraksi dengan komponen GUI), sebuah objek  event  diciptakan.  Objek  berisi  semua  informasi  yang  perlu tentang event yang telah terjadi. Informasi meliputi tipe dari event yang telah terjadi, seperti ketika mouse telah di-klik. Ada beberapa class event  untuk kategori  yang berbeda dari  user action. Sebuah event object mempunyai  tipe data tentang salah satu dari class ini.

Di bawah ini adalah delegation event model.

Pada  awalnya,  sebuah  listener  seharusnya  diregistrasikan  dengan  sebuah  source sehingga  dapat  menerima  informasi  tentang  event-event  yang  terjadi  pada  source tersebut. Hanya listeners yang sudah teregistrasi yang dapat menerima pemberitahuan event-event. Ketika telah teregistrasi, sebuah listener hanya tinggal menunggu sampai event terjadi.

Ketika sesuatu terjadi  dengan event  source,  sebuah event  object  akan menguraikan event  yang  diciptakan.  Event  kemudian  ditembak  oleh  source  pada  listeners  yang teregistrasi.

Saat  listener  menerima  sebuah event  object  (pemberitahuan)  dari  source,  dia  akan bekerja. Menerjemahkan pemberitahuan dan memproses event yang terjadi.

Memahami Delegation Event Model pada Java

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply


× 2 = 16