Pengertian Visual Basic

Visual Basic (VB) adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman VB, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. VB adalah salah suatu developement tools untuk membangun aplikasi dalam lingkungan Windows. Dalam pengembangan aplikasi, Visual Basic menggunakan pendekatan Visual untuk merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk codingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang cenderung mudah dipelajari.

Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para pemula maupun para developer. Namun ada kelemahan dari VB yaitu pada kinerja yang relative terasa lebih lambat dibanding dengan bahasa pemrograman lain. Namun dengan perkembangan processor dan main memory yang semakin cepat permasalahan ini menjadi tidak begitu penting.

Visual Basic adalah perangkat lunak yang berjalan di atas platform sistem operasi Microsoft Windows. Untuk memulai Visual Basic dapat dilakukan dengan mengklik Start -> Programs -> Microsoft Visual Studio 6 -> Microsoft Visual Basic. Tampilan awal Visual Basic akan tampak seperti Gambar berikut ini.

Pengertian Visual Basic

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply


8 × = 48