Solusi Mudah Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Perangkat Lunak Model MADLC

Cover

Usman Ependi
Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma
Jl. Ahmad Yani No 3 Plaju, Palembang
e-mail: u.ependi@binadarma.ac.id

Abstrak
Mata pelajaran matematika secara esensi merupakan proses belajar berpikir dalam memenuhi kebutuhan logis dalam memecahkan masalah-masalah di bidang sains, teknologi, dan kehidupan sehari-hari. Kondisi secara umum saat ini adalah mata ajar matematika di tingkat sekolah dasar dipelajari dengan cara yang sangat teoritik dan mekanistik, artinya konsep matematika hanya menekankan pada aspek teori dan tanpa disertai dengan implikasi dan penerapannya. Model pembelajaran seperti ini dirasakan kurang memahami dan bermakna, ditambah lagi dengan sedikitnya kesempatan siswa untuk melakukan latihan-latihan ulang terhadap pembuktian sebuah formulasi dalam materi tersebut. Tujuan utama dari penelitian ini adalah membangun sebuah perangkat lunak mobile untuk media latihan mata pelajaran matematika yang dikhususkan bagi siswa kelas VI sekolah dasar. Pemilihan Mobile Application Development Lifecycle Model (MADLC) sebagai model pengembangan perangkat lunak dikarenakan dua hal yaitu model ini terbukti mampu melakukan pemetaan matrik analisis terhadap aplikasi berbasis mobile yang dibuat, dan kerangka ini juga dapat menentukan proses dalam penyebaran aplikasi mobile setelah tahap pengembangan dilakukan. Beberapa kontribusi fitur yang dihasilkan pada penelitian ini adalah melihat daftar istilah, melihat rujukan materi, melakukan latihan soal-soal.

Kata kunci— Perangkat lunak mobile, Matematika, Sekolah Dasar, MADLC

Abstract
The subjects of mathematics is essentially a learning process to meet the needs logical thinking in solving the problems in science, technology, and everyday life. The condition of common today is learning mathematics in primary school studied in a very theoretical and mechanistic. In other words, the mathematical concept only emphasizes the aspects of the theory without the implication and application. The learning model like this phenomenon perceived lack of understanding and meaningful, coupled with the lack of opportunity for the students to do exercises reset to a formulation of proof in such materials. The main objective of this study is to develop a mobile software for media learning mathematics courses designed for elementary school students of grade VI. The selection mechanism of Mobile Application Development Lifecycle Model (MADLC) as a model of software development because of two things: it has proved capable of mapping matrix analysis of mobile based application is made, and this framework can also specify the process in the deployment of mobile applications after the development phase is done. Some of the features contributions generated in this study is a list of terms, discover the reference material, as well as doing practice questions.

Keywords— Mobile Application, Mathematical, Elementary schools, MADLC

Download File

Blog Attachment

Leave us a Comment