Category Archives: KUMPULAN JURNAL

ANALISIS PEMANFAATAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI PADA BANK SUMSEL BABEL CABANG SYARIAH PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE WARD AND PEPPARD

ANALISIS PEMANFAATAN INFRASTRUKTUR

TEKNOLOGI INFORMASI

PADA BANK SUMSEL BABEL CABANG SYARIAH PALEMBANG

MENGGUNAKAN METODE WARD AND PEPPARD

 

Melida Fendriyani, Emigawaty, M.Kom, Widiyanto, M.M., M.Kom

Dosen Universitas Binadarma, Mahasiswi Universitas Binadarma

Jalan Jenderal Ahmad Yani No.12 Palembang

Pos-el: melida_fendriyani@yahoo.com

widiwidyanto@yahoo.com

blog.binadarma.ac.id/widyanto

 

 

ABSTRACK: Today Information and Communication Technology (ICT) has become an important asset in creating a competitive advantage. Information Technology for companies is needed to support business activities. Research on Bank Sumsel Babel Cabang Syariah Palembang researcher conducted an analysis of the utilization of information technology infrastructure that will result in the ICT portfolio. This study uses Ward and Peppard, approach with this method to observe the internal and external analysis. Where internal analysis to know the current state of the strengths and weaknesses of an organization. External analysis conducted to identify opportunities and threats. Analysis (tool) used for internal analysis is the SWOT and PEST analysis of external use. This research resulted in a conclusion in the form of information technology portfolio on the Bank Sumsel Babel Cabang Syariah Palembang.

 

Keywords: Information and Communication Technology (ICT), Ward and Peppard.

 

ABSTRAK: Saat ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah menjadi aset penting dalam menciptakan keuntungan kompetitif. Teknologi Informasi bagi perusahaan sangat diperlukan dalam menunjang kegiatan bisnis. Penelitian terhadap Bank Sumsel Babel Cabang Syariah Palembang ini peneliti melakukan analisis terhadap pemanfaatan infrastruktur teknologi Informasi yang akan menghasilkan portofolio dalam TIK. Penelitian ini menggunakan metode Ward and Peppard, pendekatan dengan metode ini yang harus diamati yaitu analisis internal dan eksternal. Dimana analisis internal mengetahui kondisi saat ini yaitu kekuatan dan kelemahan pada suatu organisasi. Analisis eksternal dilakukan untuk mengetahui peluang dan ancaman. Analisis (tool) yang digunakan untuuk analisis internal adalah SWOT dan analisis eksternal menggunakan PEST. Penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan berupa Portopolio teknologi informasi pada Bank Sumsel Babel Cabang Syariah Palembang.

 

Kata Kunci: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Ward dan Peppard

klik disini

MEMANFAATKAN PONSEL ERICSSON GF768 UNTUK MENGONTROL PERALATAN LISTRIK MELALUI SMS

MEMANFAATKAN PONSEL ERICSSON GF768 UNTUK MENGONTROL PERALATAN LISTRIK MELALUI SMS

Oleh : Wydyanto

Dosen  Universitas Bina Darma

Jalan Jenderal Sudirman No. 2

widiwidyanto@yahoo.com

blog.binadarma.ac.id/widyanto

Abstrak: Penelitian  ini akan membahas mengenai sebuah ponsel Ericsson GF768 yang dimanfaatkan untuk mengontrol dan memonitor peralatan listrik secara jarak jauh melalui SMS (Short Message Service). Peralatan listrik yang dikontrol berupa tiga buah lampu. Sistem ini dibuat, agar dapat mengurangi kerugian yang terjadi akibat kelalaian manusia atau kegagalan sebuah peralatan listrik. Dengan sistem ini diharapkan kelalaian dan kegagalan tersebut dapat diketahui dan diperbaiki secepat mungkin. Sebuah mikrokontroler MCS-51 digunakan sebagai penghubung antara ponsel Ericsson GF768 dan tiga buah lampu yang dikontrol. Mikrokontroler menerjemahkan perintah SMS yang diterima ponsel Ericsson GF768 untuk diteruskan ke peralatan yang dikontrol dan begitu sebaliknya, data dari sensor diubah ke bentuk SMS dan dikirimkan melalui ponsel. Data SMS diperoleh atau dikirimkan dari atau ke ponsel melalui kabel data dengan komunikasi serial yang menggunakan perintah AT. Kesalahan pada tiga buah lampu yang terjadi dapat diketahui melalui SMS dalam waktu rata-rata 11,37 detik. Sistem ini dapat mengendalikan dan memonitor suatu peralatan listrik dari manapun dan kapanpun juga.

Kata kunci : Ericsson, GF768, SMS, kontrol, perintah AT. 

 

Analisis Pemanfaatan Infrastruktur Teknologi Informasi

Pada Bank Sumsel Babel Cabang Syariah Palembang

Menggunakan Metode Ward and Peppard

 

 

Melida Fendriyani1, Emigawaty, M.Kom2, Widyanto, M.M., M.Kom3

Dosen Universitas Binadarma2,3, Mahasiswi Universitas Binadarma1

Jalan Jenderal Ahmad Yani No.12 Palembang

Email : melida_fendriyani@yahoo.com1

widiwidyanto@yahoo.com

 

 

 

ABSTRACK: Today Information and Communication Technology (ICT) has become an important asset in creating a competitive advantage. Information Technology for companies is needed to support business activities. Research on Bank Sumsel Babel Cabang Syariah Palembang researcher conducted an analysis of the utilization of information technology infrastructure that will result in the ICT portfolio. This study uses Ward and Peppard, approach with this method to observe the internal and external analysis. Where internal analysis to know the current state of the strengths and weaknesses of an organization. External analysis conducted to identify opportunities and threats. Analysis (tool) used for internal analysis is the SWOT and PEST analysis of external use. This research resulted in a conclusion in the form of information technology portfolio on the Bank Sumsel Babel Cabang Syariah Palembang.  Keywords: Information and Communication Technology (ICT), Ward and Peppard.

RANCANG BANGUN WEBSITE HMI CABANG PALEMBANG MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL

abstract : The development of the technology world is growing rapidly, especially in the field of communication, one of them is the website. To provide information without knowing the boundaries, even when given the ease of use, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) is an external organization that has issued many alumni as well as a good place to exchange ideas with fellow volunteers and other organizations as well as with students who other. The web visitors can obtain information about the problems faced by the HMI and the activities to be performed or exercised by the board of Himpunan Mahasiwa Islam (HMI). Judging from the condition and the thought is, the writer wanted to do a research thesis entitled HMI Design Build Website Using PHP and MySQL Branch Palembang, the method of system development using web engineering.

 

Keywords: website, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), PHP dan MySQL.

 

Abstrak : Perkembangan dunia teknologi semakin berkembang pesat khususnya di bidang komunikasi, salah satunya adalah website. Untuk memberikan informasi tanpa mengenal batas wilayah, waktu Bahkan kemudahan yang diberikan dalam penggunaannya, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah organisasi ekstern yang telah banyak mengeluarkan alumni-alumni dan juga sebagai tempat bertukar pikiran baik degan sesame kader maupun dengan organisasi lain serta dengan mahasiswa yang lain. Para pengunjung web ini dapat mendapatkan informasi seputar masalah-masalah yang dihadapi oleh HMI dan juga kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan atau dilaksanakan oleh para pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Melihat dari kondisi dan pemikiran yang ada, maka penulis ingin melakukan penelitian yang diangkat sebagai skripsi dengan judul Rancang Bangun Website HMI Cabang Palembang Menggunakan PHP dan MySQL, dengan metode pengembangan sistem menggunakan web engineering.

 

Kata kunci : website, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), PHP dan MySQL.

selengkapnya klik

“KEAMANAN PADA JARINGAN WORLD WIDE WEB”

ABSTRAK

 

Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat. Tetapi dalam beberapa hal terhubung dengan internet bisa menjadi suatu ancaman yang berbahaya, banyak serangan yang dapat terjadi baik dari dalam maupun luar seperti virus, trojan, maupun hacker. Pada akhirnya security komputer dan jaringan komputer akan memegang peranan yang penting dalam kasus ini.readmore

PERANCANGAN JARINGAN DISKLESS BERBASIS LTSP PADA SISTEM OPERASI UBUNTU 8.04

PERANCANGAN JARINGAN DISKLESS BERBASIS LTSP PADA SISTEM OPERASI UBUNTU 8.04

Oleh : Wydyanto

Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Binadarma

Email : widididyanto@yahoo.com

 

ABSTRAK

Perkembangan teknologi komputer baik dalam perangkat lunak maupun perangkat keras terasa sangat cepat. Kedua aspek tersebut saling berkaitan satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan. LTSP, Linux Terminal Server Project adalah sebuah proyek yang dimulai oleh James A McQuillan sebagai proyek jaringan diskless berbasiskan sistem operasi GNU/linux. Disebut jaringan diskless, karena client atau workstation tidak dilengkapi dengan media penyimpanan tetap. Teknologi ini makin populer karena dapat menghemat sumber daya hardware.

Dalam perancangan sistem ini digunakan PC (Personal Computer) sekelas pentium D sebagai workstation, tanpa dilengkapi media penyimpanan dan PC sekelas pentium core 2 duo sebagai server. LTSP akan diintegrasikan pada sistem operasi linux ubuntu 8.04. Untuk dapat mengimplementasikan jaringan tanpa hardisk dengan baik perlu disesuaikan kemampuan server dengan jumlah client. Dalam penelitian proyek akhir ini telah diuji performasi CPU server dan penggunaan memory server ketika client menggunakan aplikasi seperti Openoffice, Gimp  dan Firefox.

Dengan LTSP, pembangunan suatu jaringan diskless diharapkan akan lebih efisien. Teknologi jaringan diskless adalah salah satu pemecahan yang dapat diterapkan dalam menghadapi masalah investasi teknologi komputer. Dengan spesifikasi yang telah ditentukan, dari 4 client yang dirancang ternyata server masih mampu menangani client sampai dengan 8 buah. Penggunaan CPU dengan ketiga aplikasi tersebut masih dalam keseimbangan berkisar antara 65-70% untuk user time, 30-35% untuk system time dan 0-0,5% idle time.Penggalokasian swap muncul ketika nilai “free” berkisar antara 14.000 Kbyte-30.000 Kbyte.

Kata kunci: LTSP, Server, Diskless, Ubuntu

 selengkapnya disini

Alat Bantu kerja (JIG) Untuk Mengecek Kualitas Speaker Berbasis Mikrokontroler”.

Alat Bantu kerja (JIG) Untuk Mengecek  Kualitas Speaker Berbasis Mikrokontroler”.

 

Oleh : Wydyanto

Dosen : Universitas  Binadarma  Palembang

Email : Widiwidyanto@yahoo.com

 

 

ABSTRAK

           

            Dalam suatu industri ( pabrik ) keberadaan sebuah JIG ( Alat Bantu ) memang sangat diperlukan. JIG dapat dikatakan sebagai alat bantu untuk produksi agar didapatkan hasil maksimal. Dalam hal ini JIG dapat berupa alat yang sederhana sampai yang cukup rumit.

            Pada sebuah pabrik speaker ada 2 keadaan yang harus dilakukan pengecekan. Keadaan pertama adalah mutu / kualitas suara. Mutu / kualitas suara dapat dicek dengan menggunakan audio sweeper. Audio sweeper akan membangkitkan osilasi audio 0Hz sampai 20KHz.

            Sedangkan keadaan kedua adalah impedansi dari speaker yang sedang dicek. Untuk pengecekan impedansi dapat dipergunakan sebuah ohm meter. Oleh karena ada 2 alat yang akan dipakai untuk mengecek kualitas speaker, maka diperlukan sebuah mekanisme pengubahan antara pengecekan dengan audio sweeper dan ohm meter.

            Penelitian ini akan membuat sebuah JIG agar pengubahan antara pengecekan dengan audio sweeper dan ohm meter dapat berlangsung secara lebih mudah.

selengkapnya download

PENGONTROL TEMPERATUR RUANGAN BERBASIS MICROCONTROLLER AT89S51

PENGONTROL TEMPERATUR RUANGAN BERBASIS MICROCONTROLLER AT89S51

Oleh : Wydyanto

Dosen  Fakultas Ilmu Komputer Universitas Binadarma

Email : widiwidyanto@yahoo.com

 

 

Abstrak :Dalam ruangan yang tertutup (closed-loop system), suhu adalah salah satu faktor yang berpengaruh terhadap lingkungannya. Pengontrolan terhadap suhu ruangan yang bekerja secara otomatis dapat menjaga suhu pada kondisi yang optimum – tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin – dan dapat menghemat penggunaan energi. Sensor yang dipasang sebagai umpan balik (feedback) dalam sistem akan mengindera nilai suhu ruangan secara terus-menerus (real time). Hasil tersebut sebelum dikirimkan kepada microcontroller untuk diolah telah dikonversikan terlebih dahulu oleh ADC. Suhu hasil penginderaan akan dibandingkan dengan suhu ambang – suhu optimum ruangan – yang dapat diatur nilainya – batas bawah maupun batas atasnya – melalui masukan keypad. Pebedaan (galat) tersebut yang menjadi indikator bekerja atau tidaknya kipas sebagai pendingin ruangan.

 

Kata Kunci : Suhu, suhu ambang, sistem kontrol, microcontroller.

bab 12345disini

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN PADA

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN PADA

PT. WAHYU MENARAMAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DYNAMIC SYSTEM DEVELOPMENT METHOD (DSDM)

 

Edy Iskandar, Afriyudi, M.Kom., Wydyanto, M.M., M.Kom.

Dosen Universitas Bina Darma,  Mahasiswa Universitas Bina Darma

Jalan Jenderal Ahmad Yani No.12 Palembang

Pos-el : iskandaredy43@yahoo.com

 

Abstract : PT. Wahyu Menaramas is a company that runs in the construction field in which the official data processing has already used computer as its facilities for storing the data. However, the company has not had a particular system for processing the official data, so that the company is frequently delayed in getting the official report. Therefore, to solve the problem the writer tried to create an official information system at PT. Wahyu Manaramas by using Dynamic System Development method (DSDM). The language of programming used in creating official information system is Hypertex Preprocessor (PHP) which produces the files of officer data, trainings, positions, and attendaces. The results of this system are expected to be able to assist in the case of processing the official data at PT. Wahyu Menaramas.

 

Keywords: Information System, Employee, Dynamic System Development Method (DSDM)

 

Abstrak : PT. Wahyu Menaramas merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi yang dalam pengolahan data kepegawaiannya sudah menggunakan sarana komputer untuk menyimpan data-datanya, akan tetapi belum memiliki sistem khusus untuk memproses data pegawai tersebut, sehingga selama ini sering mengalami keterlambatan dalam memperoleh laporan yang berhubungan dengan kepegawaian. Maka untuk mengatasi masalah tersebut penulis mencoba membuat suatu Sistem Informasi Kepegawaian pada PT. Wahyu Menaramas dengan menggunakan Dynamic System Development Method (DSDM). Bahasa pemrograman yang dipakai dalam pembuatan sistem informasi kepegawaian adalah Hypertext Preprosesor (PHP), yang menghasilkan file data pegawai, pelatihan, jabatan dan absensi. Hasil dari sistem ini diharapkan dapat membantu PT. Wahyu Menaramas dalam hal pengolahan data pegawai.

 

 

Kata kunci: Sistem Informasi, Pegawai, Dynamic System Development Method (DSDM)klik

 

RANCANG BANGUN E-COMMERCE PADA CV. ARLING JAYA KOMPUTER MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

RANCANG BANGUN E-COMMERCE PADA CV. ARLING JAYA KOMPUTER MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

RICH INTERNET APPLICATION (RIA)

Syaipul 1, Yesi Novaria Kunang 2, Wydyanto 3

Mahasiswa Universitas Bina Darma 1,  Dosen Universitas Bina Darma 2

Jalan Jenderal Ahmad Yani No.12 Palembang

Pos-el : ipul_dani@rocketmail.com

 

 

Abstract :  System sales in the CV. Arling Jaya web-based computer yet, so a lot of disadvantages such as slow for product and process transactions. Application of E-commerce is one of the solutions to overcome the obstacles that exist, given the increasing number of existing demand and to increase the sales charts today and for years to come. This is the background for this study is the importance of a system of web-based sales (e-commerce) by using RIA (rich internet application). The method used in this study using a design software that consists of Formulation, Analysis, Engineering, Implementation and testing, and evaluation by consumers. The results of this research is a system that is ready to be used by sales CV. Arling Jaya computer to process product data, customer data, ordering data and data related to the system to be built that will facilitate data processing, able to serve the information needs quickly and comfortably is also expected to increase the use of computer resources and human resources there.

Keyword : E-Commerce, teknologi RIA, Web Engineering

Abstrak : Sistem penjualan pada CV. Arling Jaya Komputer belum berbasis web, sehingga banyak kelemahan seperti lambannya info produk serta proses transaksi. Penerapan E-commerce merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kendala-kendala yang ada, mengingat meningkatnya jumlah permintaan yang ada serta untuk meningkatkan grafik penjualan sekarang ini dan tahun-tahun mendatang. Hal ini yang melatar belakangi penelitian ini yaitu pentingnya dibuat suatu sistem penjualan berbasis web (e-commerce) dengan menggunakan metode RIA (rich internet application). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan perangkat lunak yang terdiri dari Formulasi, Analysis, Rekayasa, Implementasi dan pengujian, serta Evaluasi oleh konsumen . Hasil dari penelitian ini adalah suatu sistem penjualan yang siap dipakai oleh CV. Arling Jaya Komputer untuk mengolah data produk, data pelanggan, data pemesanan serta data-data yang berhubungan dengan sistem yang akan dibangun sehingga akan mempermudah pengolahan data, mampu melayani kebutuhan informasi secara cepat dan nyaman juga diharapkan dapat meningkatkan penggunaan sumber daya komputer dan sumber daya manusia yang ada.

Kata kunci : E-Commerce, Teknologi RIA, Web Enggenering

selengkapnya klik