Category Archives: Penelitian

Alat Bantu kerja (JIG) Untuk Mengecek Kualitas Speaker Berbasis Mikrokontroler”.

Alat Bantu kerja (JIG) Untuk Mengecek  Kualitas Speaker Berbasis Mikrokontroler”.

 

Oleh : Wydyanto

Dosen : Universitas  Binadarma  Palembang

Email : Widiwidyanto@yahoo.com

 

 

ABSTRAK

           

            Dalam suatu industri ( pabrik ) keberadaan sebuah JIG ( Alat Bantu ) memang sangat diperlukan. JIG dapat dikatakan sebagai alat bantu untuk produksi agar didapatkan hasil maksimal. Dalam hal ini JIG dapat berupa alat yang sederhana sampai yang cukup rumit.

            Pada sebuah pabrik speaker ada 2 keadaan yang harus dilakukan pengecekan. Keadaan pertama adalah mutu / kualitas suara. Mutu / kualitas suara dapat dicek dengan menggunakan audio sweeper. Audio sweeper akan membangkitkan osilasi audio 0Hz sampai 20KHz.

            Sedangkan keadaan kedua adalah impedansi dari speaker yang sedang dicek. Untuk pengecekan impedansi dapat dipergunakan sebuah ohm meter. Oleh karena ada 2 alat yang akan dipakai untuk mengecek kualitas speaker, maka diperlukan sebuah mekanisme pengubahan antara pengecekan dengan audio sweeper dan ohm meter.

            Penelitian ini akan membuat sebuah JIG agar pengubahan antara pengecekan dengan audio sweeper dan ohm meter dapat berlangsung secara lebih mudah.

selengkapnya download

Alarm Pengaman Berbasis Mikrokontroler

Saat ini merupakan jaman dimana biaya untuk hidup telah menjadi semakin tinggi. Dengan kondisi buruknya lapangan kerja yang ada, dan semakin bertambahnya jumlah lulusan baik dari Sekolah Menengah Umum maupun dari Universitas, menimbulkan tidak imbangnya antara lapangan kerja dengan jumlah orang yang membutuhkan kerja.

Kondisi yang tidak menguntungkan ini menjadikan tingkat kerawanan yang semakin tinggi, terutama di kota-kota besar. Dan hal inilah yang mendorong beberapa orang untuk rela mengeluarkan banyak uang demi untuk melindungi asset-nya. bab 1-5

Robot

Perkembangan teknologi informasi saat ini juga berdampak berkembangnya ilmu-ilmu lain seperti ilmu robotik.  Keunggulan dalam teknologi  robotik tak dapat dipungkiri telah lama dijadikan ikon kebanggaan negara-negara maju di dunia. Kecanggilan  teknologi yang dimiliki, gedung-gedung tinggi yang mencakar langit, tingkat kesejahteraan rakyatnya yang tinggi, kota-kotanya yang modern, belumlah terasa lengkap tanpa popularitas kepiawaian di  dalam dunian robotik. selengkapnyaklik

Alat Mata-mata berbasis mikrokontroler”

ABSTRAK

 

            Saat ini dunia pertelekomunikasian menjadi semakin meningkat. Komunikasi lintas  pulau ataupun lintas negara bukan merupakan hal yang baru lagi.  Terlebih dengan semakin majunya teknologi telepon selular saat ini. Jarak seakan bukan lagi menjadi kendala.

            Disaat yang sama, kemajuan dalam bidang elektronika juga semakin meningkat. Apalagi dengan telah berkembangnya teknologi mikrokontroler yang memungkinkan kita membuat alat kontrol yang hanya berukuran cukup kecil saja berkat adanya teknologi ini.

            Menggabungkan antara teknologi telepon selular yang mampu mengirimkan suara dari jarak yang sangat jauh dengan kemampuan mikrokontroler sebagai alat kontrol memungkinkan kita untuk membuat alat mata-mata ini.  Alat mata-mata ini dimaksudkan sebagai suatu alat untuk keperluan mata-mata yang dapat mengirimkan suara dari suatu sumber yang satu ke sumber yang lain yang berjarak telatif jauh menggunakan sarana telepon selular.

( Kata kunci Telepon selular, mikrokontroler )

Makalah lengkap Klik disini KLIK