BANK DAN BISNIS

Peranan Bank

Peranan bank dalam negeri adalah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dalam arti bahwa semua kegiatan yang dilakukan oleh bank itu menyangkut masalah uang. Kegiatan tersebut meliputi : administrasi keuangan, penggunaan uang, penampungan uang, perdagangan dan penukaran, perkreditan, kiriman uang dan pengawasannya.

Bank sebagai pembimbing masyarakat dalam arti agar masyarakat selalu berorientasi pada bank atau agar masyarakat menggunakan jasa perbankan di dalam pengelolaan usahanya.

Bentuk bimbingan bank tersebut misalnya terdiri dari upaya mendorong hasrat menabung dalam bentuk :

  • Deposito berjangka, Gerakan tabunga dalam bentuk deposito memberikan bimbingan kepada masyarakat agar tidak menghabiskan begitu saja seluruh pendapatannya tapi disimpan dalam bentuk deposito berjangka.
  • Rekening koran giro, Rekening koran giro dapat disetor dan diambil setiap waktu.

Manfaat menabung dalam bentuk ini adalah :

  • Pencatatan dana perusahaan menjadi lebih teratur, setiap uang yang dikeluarkan cukup dilakukan dengan cek.
  • Pengelolaan uang tunai menjadi lebih mudah, karena tidak perlu menghitung lembaran-lembaran uang tunai yang ada.
  • Keamanan uang perusahaan akan lebih terjamin karena terhindar dari bahaya pencurian, perampokan, penyalahgunaan, kebakaran dan sebagainya.
  • Bentuk bimbingan lainnya adalah pada proses pengambilan kredit.
  • Peranan bank diluar negeri yaitu sebagai jembatan antara dunia internasional, dalam lalu lintas devisa (uang), hubungan moneter dan perdagangan.

Peranan bank dalam dunia usaha.

  • Dalam perusahaan dagang,Kegiatan utamanya adalah melakukan pembelian dan penjualan bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi. Untuk itu perusahaan harus dapat menyediakan dana yag berupa uang agar dapat memperlancar usaha tersebut.
  • Dalam perusahaan industri, Kegiatan pokoknya adalah memproses bahan baku atau bahan setengah jadi menjadi barang jadi yang siap dipakai. Sebagai akibat dari proses industri itu maka untuk menjaga kelancaran usahanya diperlukan adanya mesin, gedung, pabrik, tenaga ahli

Hubungan bank dengan perusahaan sebagai nasabahnya

Perusahaan-perusahaan saat ini sangat membutuhkan jasa-jasa bank, baik itu berupa pengambilan pinjaman (kredit) maupun melalui transaksi jasa pengiriman uang, penyimpanan uang dalam bentuk rekening giro, inkaso, kliring, dan sebagainya. Dilain pihak, bank sebagai lembaga keuangan menjual kepercayaan (kredit) dan jasa-jasa tersebut. Pengertian kredit itu sendiri adalah kemampuan untuk mendapatkan barang atau jasa dengan pertukaran suatu janji untuk membayar di kemudian hari.

 

This entry was posted in EKONOMI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *