INVESTASI

INVESTASIPengertian Investasi merupakan sebuah bentuk pengeluaran sejumlah modal yang bertujuan untuk melakukan pembelian suatu aset fisik berupa mesin, peralatan, pabrik, property atau persedian. Adapun pengertian lain dari Investasi yaitu sebuah komitmen atas sumber daya atau dana lainnya yang ada pada saat sekarang, yang mempunyai tujuan bisa mendatangkan sejumlah keuntungan di masa yang akan datang. Dalam suatu analisis di bidang ekonomi, istilah dari investasi tesebut khususnya bisa dihubungkan dengan investasi fisik yang mana investasi fisik tersebut mampu menciptakan aset baru yang dapat meningkatkan kredibilitas produksi suatu negara, sementara sebuah investasi keuangan hanya mampu memindahkan kepemilikan yang ada dari perorangan atau sebuah lembaga kepada orang lain.

Berikut Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Ekonomi

  • Pengertian investasi menurut Haming dan Basalamah
    investasi ialah pengeluaran pada saat sekarang untuk membeli aktiva real (tanah, rumah, mobil, dan lain-lain) atau juga aktiva keuangan mempunyai tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi dimasa yang mendatang, selanjutnya dikatakan juga investasi ialah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber (dana) yang digunakan untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang, dan  dengan barang modal tersebut akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang
  • Pengertian investasi menurut Mulyadi
    Investasi ialah pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk mendapatkan hasil laba di masa yang akan datang
  • Pengertian investasi menurut Sadono Sukirno
    Investasi diartikan ialah sebagai pengeluaran atau pembelanjaan penanam-penanam suatu modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang-barang dan juga jasa-jasa yang tersedia dalam perekonomian.
  • Pengertian Investasi menurut James C Van Horn
    kegiatan yang dilangsungkan ialah dengan memanfaatkan kas pada sekarang ini, dengan tujuan untuk  mendapatkan hasil barang di masa yang akan datang
  • Pengertian Investasi menurut Henry Simamora
    Investasi ialah suatu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk menambahkan atau pertumbuhan kekayaannya melalui distribusi hasil investasi (misal pedapatan bunga, royalty, deviden, pendapatan sewa dan lain -lain ), untuk apresiasi nilai investasi, atau juga untuk manfaat lain bagi suatu perusahaan yang berinvestasi,yang seperti manfaat yang diperoleh melalui hubungan dagang.
  • Pengertian Investasi menurut Fitz Gerald
    aktivitas ialah berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber yang dipakai untuk mengadakan modal barang pada saat sekarang. Barang modal tersebut kemudian akan menghasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang. Fitz Gerald juga kemudian mengungkapkan bahwa investasi ialah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber untuk yang dipakai untuk mengadakan suatu barang. Dari modal itulah makan akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang
  • Pengertian investasi menurut Sunariyah
    Investasi ialah penanaman modal untuk satu ataupun lebih aktiva yang dimiliki dan juga biasanya berjangka waktu lama dengan harapan untuk  mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.

 

 

 

Ada beberapa faktor yang memengaruhi investasi

  • Tingkat Pengembalian yang DiharapkanKondisi atau keadaan eksternal dan internal sebuah perusahaan amat mempengaruhi faktor ini. Kondisi internal merupakan suatu tingkat efisiensi pada sebuah proses produksi & distribusi, kualitas sumber daya yang ada, maupun kualitas teknologi yang dipakai. Sedangkan kondisi eksternal ialah sebuah perkiraan tingkat suatu produksi, perkembangan ekonomi domestik maupun internasional & kebijakan dari pemerintah.
  • Tingkat BungaFaktor penting yang menentukan sejumlah biaya investasi ialah tingkat bunga pinjaman. Jika bunga pinjaman semakin tinggi maka biaya investasinya juga semakin mahal.
  • Iklim Usaha yang KondusifSuatu kebijakan dari pemerintah pusat maupun daerah setempat yang mendukung iklim investasi mampu membuat minat investor tertarik. Contohnya adalah suatu daerah yang memberikan kemudahan untuk memberikan izin usaha, perbaikan suatu infrastruktur dan lain sebagainya.
  • Peluang PasarSebuah keputusan investasi harus memiliki peluang pasar, jika tidak maka tidak akan ada keuntungan. Jika semakin besar peluang pasar bagi hasil produksi maka semakin besar keuntungan bagi investasi tersebut.
  • Ketersediaan Faktor-Faktor ProduksiJika berbicara mengenai produksi, maka tidak lepas dari faktor produksi yang digunakan. Segala macam bentuk ketersediaan faktor yang berpengaruh dalam peningkatan produksi banyak dan mudah didapat membuat banyak minat untuk berinvestasi. Sebagai contoh jika ada seuatu tempat mempunyai keindahan yang sangat luar biasa, kondisi alam yang bagus, sumber daya yang berpotensi, maka banyak para investor yang ingin menginvestasikan sejumlah uangnya pada tempat tersebut.
  • Terjaminnya Keamanan dan Stabilitas PolitikSuatu daerah harus aman dan tentram jika ingin para investor menginvestasikan uangnya pada tempat tersebut, karena jika suatu tempat atau daerah sering terjadi keributan atau rusuh itu akan mengurangi minat investor. Para pelaku investasi tidak akan mau mengambil resiko yang tinggi yang dapat menimbulkan kerugian padanya jika tempat investasi tersebut tidak mempunyai stabilitas politik yang baik.
This entry was posted in ARTIKEL EKONOMI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *