Jurnal

PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN AKI GS ASTRA PADA SHOP & DRIVE ASTRA OTOPARTS

 R.M. Alfian Dwi Yansyah1),  Wiwin Agustian2), Andrian Noviardy3)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Darma

dwiyansyahalfian@yahoo.co.id, Wiwinagustian@binadarma.ac.id, Andrian.Noviardy@binadarma.ac.id

Abstrak

R.M. Alfian Dwi Yansyah Pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan AKI GS Astra pada CV. Shop & Drive Astra Otoparts dibimbing oleh Wiwin Agustian, S.EM.Si dan Andrian Noviardy SE.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengrtahui Pengaruh biaya promosi (X) dan volume penjualan (Y). Data yang di gunakan adalah data sekunder. Alat analisis data menggunakan regresi sederhan, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji T. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa persamaan regresi adalah Y = 170.593 + 0.77(x) dengan nilai a sebesar 170.593. Hal ini berarti bahwa jika biaya promosi (X) = 0, maka volume penjualan (Y) sebesar nilai konstan yaitu 170,593. Nilai koefisen b = 0,77 mengandung arti bahwa setia peningkatan biaya promosi (X) sebesar 1% maka variabel volume penjualan (Y) akan naik sebesar 0,77% dengan asumsi bahwa variabel dependent yang lain model regresi adalah tetep. Kemudian di dapat biaya promosi (X) dengan nilai T hitung = 4.468 dengan probabilitas sebesar 0.000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh secara signifikan dari biaya promosi (X) terhadap volume penjualan (Y). Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya promosi terhadap volume penjualan Aki GS Astra pada CV. Shop & Drive Astra Otoparts

Kata Kunci : Biaya Promosi, Volume Penjualan

Abstract

R.M. Alfian Dwi Yansyah Influence promotion costs to sales volume AKI GS Astra at CV. Shop & Drive Astra Otoparts guided by Wiwin Agustian, S.E.M.Si and Andrian Noviardy SE., M.Si. This study aims to Influence promotional costs (X) and sales volume (Y). Data The one in use is a secondary data . Data using regression analysis tools simpler, correlation coefficient, coefficient determination and test T. From the results of this study show that the regression equation is Y = 170.593 + 0.77 (x) with a value of 170.593 ein. This means that if the cost of sale (X) = 0, then the sales volume (Y) at a constant value, namely 170 593. The value of coefficient b = 0.77 implies that increase in promotional costs (X) by 1%, the sales volume variable (Y) will be increased by 0.77%, assuming that the variable Other Modell regression is tetep. Later in the campaign can cost (X) with a value T count = 4.468 with a probability of 0.000 <0.05 means Ho rejected and Ha accepted. It showed no effect Significantly From promotional costs (X) on sales volume (Y). So we can conclude there is an influence that is significant between promotion costs to sales volume Aki GS Astra at CV. Shop & Drive Astra Otoparts

Keywords: Campaign Costs, Sales Volume

jurnal R.M

This entry was posted in JURNAL EKONOMI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *