JURNAL

KEPUASAN MAHASISWA BERBASIS BAURAN PEMASARAN
(STUDI KASUS KEPUASAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG)

 Dra. Gagan Ganjar Resmi, M.Si 1 , Wiwin Agustian, S.E., M.Si 2

1Dosen PNSD dpk Universitas Bina Darma,  2Dosen Tetap Universitas Bina Darma

Jalan Jenderal Ahmad Yani No.12, Palembang

 Pos-el : gaganganjarresmi@yahoo.co.id 1

Pos-el:wiwinagustian@binadarma.ac.id

Abstrak : Penelitian ini ingin mengukur besarnya pengaruh dimensi-dimensi produk, harga jasa, lokasi, promosi, SDM, bukti nyata, dan proses/model pelayanan secara parsial terhadap kepuasan mahasiswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan antar PTS yang mengabaikan kualitas lulusannya. Metode penelitian ini adalah denga metode survey, yaitu dengan membagikan angket kepada mahasiswa yang ditemui. Populasi adalah semua mahasiswa semester 5 dan 7 dari berbagai program studi. Sampel ditetapkan 300 responden. Sedangkan teknik analisis untuk mengukur besarnya pengaruh dengan analisis  regresi linier berganda,.Hasil dari penelitian ini bahwa hanya dimensi-dimensi produk, harga jasa, , promosi, SDM, bukti nyata, dan proses/model pelayanan secara parsial terhadap kepuasan mahasiswa yang berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Hanya dimensi lokasi saja yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Sedangkan dimensi proses yang berpengaruh secara dominan terhadap kepuasan mahasiswa.

 

Kata kunci : Kepuasan mahasiswa –  bauran pemasaran- Mahasiswa Universitas Bina Darma

 

 Abstract: This study wanted to measure the magnitude of the influence of the dimensions of the product, prices of services, location, promotion, human resources, real evidence, and process / service model partially with respect to student satisfaction. The research was motivated by the increasing competition in the PTS that they allegedly ignored the quality of its graduates. This research method is a method of survey premises, by distributing questionnaires to the students encountered. The population is all students at 5 and 7  semester students from different courses. Sample of 100 respondents assigned. While analytical techniques to measure the magnitude of the effect with multiple linear regression analysis. Results from this study that only the dimensions of the product dimensions, prices of services, promotion, human resources, physical evidence, and process / service models partially influence on student satisfaction. While the dimensions of any sites that had no effect on student satisfaction.

 

Key word : Student satisfaction – marketing mix-University Bina Darma Student

This entry was posted in BUDAYA ORGANISASI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *