PENGARUH DESAIN LINGKUNGAN FISIK DALAM RUANGAN TERHADAP PRODUKTIVITAS BERPIKIR (KOGNISI)

PENGARUH DESAIN LINGKUNGAN FISIK DALAM RUANGAN TERHADAP PRODUKTIVITAS BERPIKIR (KOGNISI)

Oleh:

Yanti Pasmawati, S.T., M.T.

Rachmawati, S.Psi., M.A.

Universitas Bina Darma

Jalan Jendral A.Yani No.12 Palembang

 

A.      Pendahuluan

Aktivitas belajar merupakan rutinitas keseharian yang menuntut alokasi waktu cukup lama bagi mahasiswa atau siswa, karena materi mata pelajaran yang diberikan oleh dosen/guru disajikan dalam bentuk power point maupun di dalam diktat. Saat melakukan aktivitas belajar membutuhkan sikap duduk dikursi dengan posisi mata yang terpusat pada materi yang disajikan. Aktivitas tersebut membutuhkan suatu konsentrasi dan kenyamanan didalam ruangan.

Oleh sebab itu, aktivitas belajar sangat perlu memperhatikan faktor pencahayaan dan temperatur karena dalam jangka waktu lama akan berdampak pada gangguan psikologis seperti kelelahan mata, ketidaknyamanan, dan kehilangan konsentrasi yang berpengaruh pada hasil proses belajar itu sendiri. Dengan demikian kondisi tersebut tidak sesuai dengan konsep ergonomi yang berusaha meningkatkan kesehatan fisik dan mental, menciptakan kondisi dan lingkungan kerja yang aman dan nyaman demi tercapainya peningkatan produktivitas, penurunan angka kecelakaan yang berhubungan dengan kerja dan kelelahan (Manuaba, 1992).

Mengingat perbaikan ergonomi terhadap pencahayaan sudah pernah dilakukan oleh para peneliti sebelumnya dan terbukti dapat memberikan hasil yang signifikan terhadap peningkatan produktivitas dan penurunan beban kerja dibidang industri, maka perbaikan juga dapat dilakukan dalam perbaikan ergonomi dalam temperatur dan pencahayaan terhadap proses belajar para mahasiswa atau siswa dalam setting ruangan kelas guna meningkatkan hasil proses belajar itu sendiri.

Untuk memberikan kenyamanan proses belajar, maka pada ruangan kelas perlu segera dilakukan perbaikan terhadap intensitas pencahayaan dan tingkat temperatur yang tidak ergonomis. Perbaikan ini diharapkan sesuai dengan kebutuhan aktivitas belajar mengajar sehingga dapat meminimalisasi gangguan psikologis yang dapat mempengaruhi hasil proses belajar.

 

Download file

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *