Prinsip-prinsip Desain Hierarki Jaringan Komputer Bagian II

Ada banyak manfaat yang terkait dengan konsep desain jaringan hierarki, seperti yang diuraikan pada bagian I, bahwa jaringan yang menggunakan konsep hierarki banyak memiliki dukungan untuk pengembangan skalabilitas jaringan dengan lebih mudah dan penanganan troubleshooting dengan lebih cepat, karena seorang administrator jaringan dituntut waktu yang cepat untuk dapat memulihkan jaringan, ketika terjadi kegagalan pada perangkat atau media jaringan.

2
Adapun beberapa manfaat jaringan dengan menggunakan konsep desain hierarki adalah:

1. Skalabilitas

Jaringan hierarki memiliki karakteristik dalam pengembangan skala yang sangat baik. Modularitas desain hierarki memungkinkan untuk melakukan duplikasi elemen-elemen pada jaringan seiring bertumbuhnya jaringan. Karena setiap contoh modul memiliki konsistensi, maka perluasan menjadi lebih mudah untuk direncanakan dan di implementasikan. Misalnya, jika model desain Anda terdiri dari dua switch pada lapisan distribusi untuk setiap 10 switch pada lapisan akses, maka Anda dapat terus fokus menambahkan lapisan akses tanpa Anda perlu menambahkan tambahan switch pada layer distribusi ke dalam topologi jaringan. Juga, ketika Anda menambahkan switch pada layer distribusi maka Anda secara konsisten dapat menambahkan tambahan switchpada lapisan inti untuk menangani beban tambahan pada lapisan inti tersebut.

2. Redundansi

Sebagai jaringan yang terus tumbuh, maka ketersediaan (availability) menjadi sangatlah penting. Anda dapat secara mudah meningkatkan ketersediaan dengan jaringan hirarkis. Switch pada lapisan akses terhubung ke dua switch pada layer distribusi yang berbeda untuk menciptakan redundansi pada jaringan. Jika salah satu dari switch pada lapisan distribusi mengalami kegagalan (mati), maka switch pada lapisan akses dapat mengalihkan koneksi ke switch pada layer distribusi lainnya. Biasanya, perangkat akhir (end devices), seperti PC, printer, dan telepon IP, tidak memiliki kemampuan untuk terhubung ke beberapa lapisan akses switch untuk melakukan redundansi. Jika switch pada lapisan akses gagal, maka hanya perangkat yang terhubung ke switch tersebut lah yang akan terpengaruh. Sisa jaringan akan terus berfungsi dan tidak akan terpengaruh.

Baca Selanjutnya
Please follow and like us:
0