Penerapan Fungsi Humas pada Instansi Pelayanan Masyarakat

(Studi Deskriftif pada Rumah Sakit Umum Pemerintah Dr.MOH.HOESIN Palembang  dan Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang)

Oleh Ema Apriyani

 

ABSTRAK

Hospital as a public service institution must have a great public relation function, to help them in serve public. Paid special attention for public for them its mean that they must pay full attention in optimized their public relation function attendance. It’s not easy as it’s said because for optimize public relation function we need a big seriousness, great human resources that undertand much about communication skill and also complete infrastuctuire for optimized the function. These research its talk about public relation function application in public service institution. With entitles “Aplication of Public Relation Function in Public Service Institution”. That in this case is using observation technique in two big hospitals in Palembang city, RSUP Dr.MOH Hosein Palembang and RSI Siti Khadijah Palembang. And as a result detectable those in this two hospital public relation function are already implementable even less optimized.

 

Key words: Aplication, Public Relation, Function

 

BAB I

 

PENDAHULUAN

 

1.1.            LATAR BELAKANG

Ilmu komunikasi di akui sebagai ilmu yang meiliki peran penting sejak abad ke-20. Komunikasi kini tak selalu dihubungkan hanya dengan media dan jurnalistik saja, ada banyak pengembangan yang terjadi dalam ilmu komunikasi sendiri.

Salah satu bidang kajian komunikasi yang saat ini sedang menjadi trend atau sorotan adalah Humas atau secara internasional dikenal dengan Public Relation yang selanjutnya akan kita sebut dengan PR. Timbulnya humas atau PR diakui oleh banyak pihak karena adanya tuntutan kebutuhan akan mediator yang mampu menjembatani dua kepentingan. Tentunya dalam sebuah organisasi dan atau perusahaan peran humas kini tidak hanya sebagai mediator, tetapi juga komunikator yang mewakili perusahaan atau organisasi tersebut.

Humas atau PR juga memiliki fungsi sebagai penarik simpati, cerminan citra perusahaan dan beragam fungsi komunikasi lainnya yang bertujuan menguntungkan organisasi atau perusahaan tersebut serta meningkatkan kepercayaan publik pada perusahaan atau organisasi tersebut. Peran ini kini juga di sadari oleh instansi pemerintah, bahkan instansi pelayanan masyarakat atau public service.

Instansi yang di bidik oleh peneliti kali ini adalah instansi pelayanan masyarakat yaitu rumah sakit. Alasan pemilihan kenapa menitikberatkan permasalahan pada rumah sakit adalah karena instansi ini adalah instansi pelayanan masyarakat yang paling membutuhkan peran humas. Hal ini dikarenakan rumah sakit memiliki koneksi yang sangat erat dengan masyarakat.

Sebagai penyedia layanan kesehatan rumah sakit memikili peran penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan kesehatan. Selama ini sering kali kita dengar beragam keluhan dan penilaian buruk dari masyarakat terhadap kualitas pelayanan rumah sakit. Seharusnya dengan menyadari dan menerapkan peran humas di lingkungan rumah sakit, hal-hal seperti ini bisa di hindari. Karena hal ini secara tidak langsung pasti akan merugikan perusahaan.

Karena itulah penelitian ini di fokuskan untuk melihat bagaimana penerapan fungsi humas pada instansi Rumah Sakit, yang kali ini dipersempit peneliti pada Rumah Sakit Umum Pemerintah Dr.MOH.HOESIN Palembang (RSUP Dr.MOH.HOESIN Palembang) dan Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang (RSI Khadijah Palembang).

1.1       Rumusan Masalah

Penelitian ini memfokuskan bagaimana penerapan fungsi Humas pada instansi rumah sakit yang dalam penelitian ini diwakilkan oleh Rumah Sakit Umum Pemerintah Dr.MOH.HOESIN Palembang (RSUP Dr.MOH.HOESIN Palembang) dan Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang (RSI Khadijah Palembang).

1.2                   Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui penerapan fungsi Humas pada instansi rumah sakit yang dalam penelitian ini di wakilkan oleh Rumah Sakit Umum Pemerintah Dr.MOH.HOESIN Palembang (RSUP Dr.MOH.HOESIN Palembang) dan Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang (RSI Khadijah Palembang).

 

BAB II

 

TINJAUAN PUSTAKA

bagi yang menginginkan artikel ini harap meninggalkan komen dan alamat emailnya. mohon maaf ini dilakukan untuk menghindari plagiarism.

terimakasih

Ema

20 thoughts on “Penerapan Fungsi Humas pada Instansi Pelayanan Masyarakat

  1. Nuralien Mersika (09191030)

    Her Mid PIKOM
    Essay Ilmiah

    “Facebook serta Fenomenanya”

    Facebook adalah sebuah aplikasi jejaring sosial yang seolah menjadi candu bagi pengguna internet diseluruh dunia,yang sebelumnya menggunakan aplikasi Friendster.
    Facebook yang mulai dirilis pada Febuari 2004 oleh pembuatnya Mark Zuckerberg telah memiliki lebih dari 175 juta orang di seluruh dinia.Sungguh fantastis,sihir facebook benar-benar membuat fenomena global dalam pertemanan sosial.
    Kaitannya dengan fungsi dan tujuan pada Komunikasi adalah karena Facebook merupakan jejaring sosial yang sangat luas dalam penggunaannnya dan pencakupannya,facebook dapat berfungsi menunjukan eksistensi mereka kepada dunia,segala sesuatu yang mereka lakukan dapat memperlihatkan indentitas pribadi sebenarnya yang mungkin dalam kehidupan nyata tidak terlihat.Itu diluar dari hasrat untuk tetap berhubungan dengan para sahabat dan orang terdekat.
    Teori Komunikasi yang berlaku pada Facebook bisa kita lihat dari teori “SMCR” yang dicetuskan oleh David K.Berlo yang kemudian disempurnakan lagi oleh Charles Osgood,Gerald Miller,dan Melvin L.De Fleur yang menambahkan lagi unsur Feed Back Karna teori ini banayk dikembangkan pada proses Komunikasi Massa,sedangkan Facebook merupakan Komunikasi Massa.

    Contoh Kasus : Ketika seseorang (SOURCE) Mempubish
    Statusnya (MESSAGE) Menggunakan Facebook
    ( CHANNEL ) Dibaca oleh orang-orang yang
    Menjadi temannya ( RECEIVER ) Akan
    Menimbulkan effect ( EFFECT ) lalu akan
    Menimbulkan umpan balik ( FEED BACK ) Yang
    Akan disampaikan kembali ke ( SOURCE )

    Segala sesuatu pasti memiliki kekurangan dan kelebihan,pasti juga menimbulkan pro dan kontra.Begitu juga dengan aplikasi Facebook.
    Menurut media surat kabar terkemuka baik cetak maupun elektronik,Facebook memiliki kelebihan sebagai sarana komunikasi karena cakupannya lebih luas,dan kekurangannya Facebook terlalu mudah untuk diakses jadi terkadang sering banyak yang menyalahgunakan.Inilah yang membuat Facebook menjadi Kontroversi karena sempat membuat MUI memfatwa haram Facebook.Namun tergantung dari individu tersebut menyikapinya.

  2. sebagai pejabat humas sangat membutuhkan informasi, maupun kiat2 menjadi humas yang baik, mengingat kondisi sekarang informasi yang diterima masyarakat tidak berimbang.

  3. kalau tidak keberatan mohon dikirimkan artikelnya, terima kasih.

  4. saya lagi nyusun skripsi tentang peran humas pada perguruan tinggi, boleh minta hasil penelitian lengkapnya sebagai referensi.saya jamin nama anda tetap saya cantumkan dalam pustaka(tidak akan plagiat).trimakasih sebelumnya

  5. to pak bambang; mohon maaf saya kirim artikelnya kemana ya?
    to ahmad saya bersedia membantu, mohon kirimkan emailnya ya

  6. hy…saya butuh artikel ni.tlg secepatnya krim ke email saya.trs kalo bisa ksh info ttg teori humas rumah sakit?thx.

  7. artikel ini sangat bagus karena penerapan fungsi humas di rumah sakit sangat penting karena menyangkut kepentingan orang banyak dan kesembuhan pasien.
    thanks atas artikelnya

  8. Haii ema.. Sekarang aku baru garap skripsi ttg brand equity rumah sakit.. Konsentrasi yg aku dalami adl PR / humas..jadi skripsi aku berkaitan dgn humas rumah sakit.. Smoga ema mau berbaik hati utk men-share Tinjauan Pustakanya ke alamat email aku.. Tenang aja, aku bukan plagiarisme kok..Lagipula tema skripsi kita berbeda, hanya referensi dari tinjauan pustaka yg aku butuhin.. Well, Thanks alot yahh ema.. ^^