Pengembangan Perangkat lunak administrasi basisdata berbasis mobile dengan J2ME

Pengembangan Perangkat Lunak Administrasi Basisdata berbasis Mobile dengan J2ME

Oleh :Afriyudi, M.Kom.

Dosen Universitas Bina Darma, Palembang

Abstract :This research aims to build the application database administrator based mobile. This application is a first step in the development of mobile applications based administrator. On this research are limited only to the administrator’s job only a few such as data backup. Restart the server, check server status and check on-line user. In addition, the database used is mysql and the test is done only a emulator.To complete the problem of this research method used is the system life cycle. Benefits that can be taken from the making of this application is to help database administrators manage the database in the mobile.

Keywords : Database Administrator, Mobile, Emulator.

1. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Penggunaan komputer dibidang teknologi informasi semakin banyak dilakukan baik dibidang industri, Pemerintahan, dan Pendidikan, hal ini dapat dilihat dari perkembangan ilmu komputer yang semakin hari semakin berkembang dengan cepat. Meningkatnya kemajuan dibidang teknologi komputer semakin membuat teknologi ini semakin dibutuhkan. Perkembangan teknologi ini kemudian didukung oleh teknologi sistem informasi yang semakin baik sehingga semakin mendukung perkembangan penyebaran informasi dan Penggunaan komputer.

Pengolahan data secara terkomputerisasi merupakan serangkaian kegiatan yang dimaksudkan untuk menyediakan informasi yang mencakup pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan dan pencarian data sehingga menghasilkan informasi yang memenuhi persyaratan kelengkapan, kemuktakhiran, keandalan yang tangguh yang dapat digunakan sebagai alat pendukung pengambilan keputusan secara efektif.

Dalam perkembangannya pengaksesan informasi ini tentunya tidak cukup hanya dalam lingkungan terbatas, misalnya dalam lingkungan kantor atau tempat pemakai berada. Perkembangan teknologi komputer sekarang ini sudah merambah ke teknologi mobile yaitu perangkat komputer yang bergerak. Pemakaian teknologi komputer pada platform ini mengharuskan pengembang untuk ekspansi menciptakan software yang mendukung penggunaan perangkat bergerak ini.

Universitas bina darma merupakan sebuah lembaga pendidikan yang menerapkan teknologi informasi dalam kegiatan akademiknya. Teknologi basisdata memegang peranan penting dalam kegiatan akademik ini. Data merupakan harta penting bagi bina darma, oleh sebab itu pengelolaan data di kelola dengan sebaik mungkin. Pengelolaan selama ini masih bersifat desktop artinya administrator basis data wajib datang kekantor untuk melakukan pengolahan administrasi. Permasalahan yang akan timbul adalah jika administrator berada di luar kota, maka administrasi akan sulit untuk dilakukan. Pemberian wewenang merupakan solusi yang belum tentu baik karena yang diberi wewenang belum tentu bisa menangani tugas administrator secara baik

Permasalahan tersebut diataslah yang merupakan alasan pokok diperlukannya sebuah aplikasi yang dapat membantu administrator basisdata melakukan tugasnya pada Universitas Bina Darma secara mobile.

Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi administrator basis data bersifat mobile. Manfaat yang dapat diambil dari pembuatan aplikasi ini adalah membantu administrator basis data dalam mengelola basis data secara mobile. Aplikasi ini merupakan langkah awal dalam pengembangan aplikasi administrator berbasis mobile. Pada penelitian ini hanya dibatasi pada beberapa pekerjaan administrator saja seperti backup data. Restart server, cek status server dan cek user on-line. Selain itu database yang digunakan adalah mysql dan ujicoba yang dilakukan hanya sebatas emulator.

2. TINJAUN PUSTAKA

2.1. Perangkat Lunak

Menurut Pressman (2002:10) perangkat lunak adalah : instruksi(program komputer) yang bila di eksekusi dapat menjalankan fungsi tertentu, struktur data yang dapat membuat program memanipulasi informasi, dokumen yang menjelaskan operasi dan penggunaan program.

2.2. Mobile Computing

Aktivitas penggunaan program yang menggunakan teknologi computer yang bergerak dan berpindah-pindah dengan menggunakan portable computer(http://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_computing)

2.3. Database Administrator

Orang yang bertanggung jawab terhadap desain fisik dan manajemen database dan untuk evaluasi, pemilihan, implementasi, serta monitoring suatu sistem database management yang ada dalam wewenangnya. . (http://en.wikipedia.org/wiki/Database_administrator)

2.4. Data Flow Diagram (DFD)

Data flow diagram merupakan peralatan yang berfungsi untuk menggambarkan secara rinci mengenai sistem sebagai jaringan kerja antar fungsi yang berhubungan satu sama lain dengan menunjukkan dan kemana data mengalir serta penyimpanannya. ( Sutedjo, 2002, hal: 117 ).

Adapun simbol –simbol yang digunakan dalam pembuatan Data flow diagram ( DFD ), yaitu :

Tabel 1. Simbol DFD (Data Flow Diagram)

simbol_erd

2.5 Entity Relationship Diagram (ERD)

Model entity relationship berisikan komponen – komponen himpunan entitas yang masing – masing dilengkapi dengan atribut – atribut yang mempresentasikan seluruh fakta dari dunia nyata. Entity relationship diagram merupakan gambaran hubungan antar data didalam dunia database. ( Fathansyah, 1999, hal. 79 ) ERD terdiri dari komponen – komponen antara lain yaitu :

Tabel 2. Simbol ERD (Entity Relationship Diagram )

erd1

3. METODE PENELITIAN

3.1. Analisis

Pada tahap ini, yang akan dilakukan adalah menganalisis permasalahan secara lebih mendalam dengan menyusun suatu studi kelayakan antara lain:

3.1.1 Kelayakan teknis

yaitu dengan menganalisis ketersediaan perangkat keras, perangkat lunak, dan organisasi untuk melaksanakan proses yang diperlukan. Universitas bina darma merupakan universitas yang dibangun dari sekolah tinggi berbasis komputer. Secara teknis universitas bina darma sudah layak untuk diterapkan sistem ini.

3.1.2 Pengembalian non-ekonomis

yaitu dengan menganalisis manfaat, penggunaan, potensi, dan keuntungan yang tidak dapat diukur secara financial. Mengingat manfaat dari sistem ini membuat administrator dapat melakukan pekerjaan administrator tanpa harus hadir ke kantor.

3.1.3 Hukum dan etika

yaitu dengan menganalisis apakah sistem yang dibuat akan beroperasi dengan batasan hukum dan etika pada umumnya. Artinya sistem ini dibuat untuk alasan emergensi yaitu apabila administrator berhalangan hadir maka tugas tersebut dapat dikerjakan dengan aplikasi ini.

3.1.4 Operasional

yaitu dengan menganalisis apakah sistem yang dibuat dapat diimplementasikan. Aplikasi ini memungkinkan untuk diterapkan karena universitas bina darma memiliki fasilitas akses internet. Sehingga aplikasi ini memungkinkan untuk diimplementasikan.

3.2 Perancangan

Pada tahap ini, yang akan dikerjakan adalah membuat perancangan sistem. Ada 2 tahapan dalam pembuatan desain aplikasi yaitu meliputi algoritma sistem dan rancangan proses

3.2.1 Algortima Sistem

Pada tahapan ini dijelaskan secara sistem jalankan aplikasi yang dibuat. Secara umum dapat dijelakan yaitu client melakukan perintah kemudian diserver di cek apakah command yang diberikan sudah ada dalam proses atau belum. Jika sudah ada maka akan diberitahu status dari command sebelumnya. Jika belum ada command yang sama maka simpan command di log kemudian set status=1 pada tabel status, kemudian jalankan command, command terus dipantau samapi dengan command selesai dijalankan. Jika command selesai dilakukan maka set status command menjadi 3 yang artinya command selesai dilakukan.

algo1

Gambar 1 : Algoritma sistem

algo2

Gambar 2 : Sub algortima sistem

3.2.2 Rancangan Proses

Pada tahapan ini akan dijelaskan secara umum proses sistem yang terjadi.

algo3

Gambar 3 : Proses secara umum

4. HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil

Hasil dari penelitian ini adalah dua buah aplikasi yaitu aplikasi pada sisi client dan aplikasi pada sisi server. Aplikasi pada sisi client tugasnya hanya meminta atau memberikan perintah kepada server dan aplikasi pada sisi server bertugas sebagai pelayan untuk memastikan permintaan dari client dapat dilaksanakan dengan baik. File yang dihasilkan pada sisi client adalah file dbServer.jar dan dbserver.jad.

4.2 Pembahasan

Pada pembahasan ini yang akan dijelaskan adalah penggunaan aplikasi pada sisi client. Untuk menjalankan aplikasi ini di perlukan emulator yang bertugas layaknya sebuah perangkat mobile. Emulator yang digunakan adalah sun emulator versi 2.5.2. untuk menjalankan program client pada j2me panggil file dbServer.jad. Di bawah ini tampilan utama dari program client.

ag1

Gambar 4: tampilan program utama

4.2.1 Pilihan menu

Aplikasi yang dibuat terdiri dari bebrapa sub menu yaitu menu backup data, menu restart server, menu cek status server dan cek user database yang aktiv.

ag2

Gambar 5 : menu utama

4.2.2 Menu Backup data

Menu ini digunakan untuk operasi backup data, yaitu membuat duplikasi data terakdir yang berguna untuk menjaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada database seperti data yang terhapus, maka duplikasinya masih tersedia. Berikut ini tampilan dari menu backup data seperti gambar 6.

ag3

Gambar 6 : backup data pertama kali

jika sebelumnya telah dilakukan backup maka tampilannya adalah seperti gambar 7.

ag4

gambar 7 : backup data berikutnya.

4.2.3 Menu restart server

Fasilitas restart server biasanya dilakukan jika server menjadi hang, sehingga server tidak bisa melakukan transaksi yang diperintahkan oleh user. Oleh sebab itu server harus direstart ulang agar dapat menerima perintah kembali. Tampilan dari menu ini dapat dilihat pada gambar 9.

ag5

Gambar 8 : memilih menu resttart server

ag6

Gambar 9 : restart server

4.2.4 Menu cek status server

Fungsi dari menu ini adalah untuk mengetahui status dari server. Biasanya dalam kasus sehari-hari, misalnya ada user yang mengeluh bahwa ada pesan “ enable connect to database”. Pesan ini ada bebrapa kemungkinan penyebab yaitu pertama kemungkinan database sedang hang, kedua client kemungkinan conneksinya terputus dengan database server dan terakhir kemungkinan kesalahan pemrograman. Pesan ini tentunya tidak langsung bisa diproses tanpa terlebih dahulu mengecek keberadaan server. Maksudnya adalah yang salah server atau client. Jika server maka status dari server pasti off, jika yang salah adalah client seperti masalah jaringan maka server statusnya on. Tampilan dari aplikasi ini dapat dilihat dari gambar 10 dan gambar 11.

ag7

Gambar 10 : server on line

ag8

Gambar 11 : server sedang off

4.2.5 Menu cek user aktiv

Fasilitas ini sangat bermanfaat untuk mengetahui user yang lagi aktif, manfaat yang lain adalah mengetahui keanehan yang terjadi kalau diluar jam kantor ada user yang aktif. Seperti pada gambar 12 dan 13 untuk menjalankan menu ini.

ag9

Gambar 12 : menu cek usr

ag10

Gambar 13 : user aktif dan tidak aktif
5. KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan

Aplikasi yang dihasilkan merupakan aplikasi yang memungkinkan melakukan akses fasilitas database melalui mobile. Seperti bakup data, monitoring user aktif, melihat status user aktif dan melakukan restart terhadap server. Aplikasi ini memiliki keterbatasan yaitu tidak semua fasilitas administrator diterapkan pada aplikasi ini seperti mengatur privileges user.

5.2 Saran

Perlu pengembangan lebih lanjut untuk menambahkan fasilitas yang belum ada, seperti melakukan query dan mengatur privileges user.

Daftar Pustaka

[1]

Fathansyah, 1999, Buku Teks Ilmu Komputer Basis Data”, Bandung: Penerbit Informatika

[2]

Jogiyanto,1999, “Analisis dan Desain”, Yogyakarta: Andi Yogyakarta .

[3]

Pressman,Roger.S.2002, Rekayasa Perangkat Lunak:Pendekatan praktisi, andi Oaffset, Jogjakarta

[4]

Sutedjo, “Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi”, Yogyakarta, Andi Yogyakarta 2002.

[5]

Witarto, “Memahami Sistem Informasi : Pendekatan Praktis Rekayasa Sistem Informasi”, Bandung: Informatika 2004.

[6]

Http://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_computing, “Mobile Computing”, Oktober 2008

[7] http://en.wikipedia.org/wiki/Database_administrator, “Database Administrator”, Oktober 2008

Full Text(PDF File)

Author: admin

See all posts by (22)

7 comments until now

  • Java itu bahasa yang cukup sulit untuk dipahami namun ternyata pendapat ku salah… ya gak???

    By bali villa July 24, 2010 @ 9:19 pm
  • jika ada kemauan, disitu ada jalan

    By admin August 23, 2010 @ 11:55 am
  • pak jurnal ini bisa jadi referensi contoh buat perpus ??
    saya numpang copy pak..hehe :2thumbup :2thumbup

    By ricky irwanto September 6, 2010 @ 2:36 pm
  • silahkan di copy…
    semoga bermanfaat

    By admin September 7, 2010 @ 1:02 am
  • I like your writing design. I’ll absolutely arrive back later. I’m about to bookmark your webpage now.
    jordan retro 9

    By Your namejordan retro 9 September 23, 2010 @ 6:07 pm
  • no problem.
    i hope my research can help you

    By admin September 23, 2010 @ 8:13 pm
  • saya suka artikelnya. saya lagi pengan banget belajar java

    By stephen April 16, 2011 @ 11:03 am

Leave a Reply

*

[+] kaskus emoticons nartzco

Pingbacks