Potensi Mengembangkan Online Market untuk produk kerajinan Sumatera Selatan


Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Palembang adalah ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Secara geografis provinsi Sumatera Selatan berbatasan dengan Provinsi Jambi di bagian utara, Provinsi  Bangka-Belitung di bagian  timur, Provinsi Lampung di bagian selatan dan Provinsi Bengkulu di bagian barat. Provinsi Sumatera Selatan mempunyai luas wilayah ± 87.017,42 km2 atau 8.701.742 Ha, termasuk kawasan hutan, sungai, danau, daerah rawa, dan tepian pantai. secara spesifik terletak antara 1° – 4° LS dan 102° 25’ – 108° 41’ BT. Jumlah penduduk sebanyak 8.492.429 jiwa pada sensus penduduk 2011

(Situs Resmi Pemerintah Provinsi)

Provinsi Sumatera Selatan adalah daerah yang kaya akan sumberdaya alam dan memiliki posisi strategis dalam perekonomian nasional. Potensi sumberdaya alamnya yang besar, kekuatan sumberdaya manusia yang semakin besar dan multidisiplin, kedudukan geografis dan kondisi Sistem geopolitik yang sangat terkendali, maka wilayah pembangunan di provinsi ini sangat layak untuk dijadikan sebagai salah satu daerah tumpuan strategis bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Kemajuan ekonomi merupakan salah satu yang mengakibatkan berkembang pesatnya pengguna Internet Phone (pengguna Internet di Indonesia di tahun 2011 mencapai 55 juta orang dan dalam survei MarkPlus Insight mencatat pengguna Internet  yang mengakses menggunakan perangkat mobile mencapai 29 juta orang).  Menurut penelitian Yahoo & TNS dari tahun 2009 sampai 2010 tercatat bahwa pengguna internet via ponsel di Sumatera Selatan mengalami kenaikan tajam yaitu sekitar 25%.

Pengguna Internet kemungkinan akan naik kembali setelah secara serentak sejak tanggal 1 Juni 2012 Pemerintah Kota palembang secara resmi mencanangkan Palembang Free Hotspot di 15 Titik di penjuru kota Palembang seperti di Kambang Iwak, benteng Kota Besak, Unsri, Universitas Bina Darma, Jakabaring dan lain-lain.

Berkembangnya pengguna mobile internet di  Sumatera Selatan khususnya kota palembang, merupakan peluang yang menjanjikan bagi pengusaha muda yang berkecimpung di bisnis online. banyak potensi Sumatera Selatan yang dapat di gali dan dimanfaatkan.

Kerajinan tangan merupakan salah satu hasil potensi yang dihasilkan oleh orang untuk menghasilkan barang seni atau perhiasan dengan keterampilan yang dimilikinya. Songket merupakan salah satu kerajinan tangan andalan orang Palembang.

Songket adalah kain tenun yang dibuat dengan teknik menambah benang pakan sebagai hiasan dengan menyisipkan benang perak, emas atau benag warna diatas benang lungsin. Kain tenun songket biasanya dipakai oleh para wanita dalam adat perkawinan, penari perempuan atau tamu undangan.

Model yang umum digunakan untuk melakukan perdagangan lewat Internet adalah e-comerce/e-dagang. Melihat Sumber daya yang tersedia di Kota Palembang tidak ada alasan lagi bagi pebisnis bermodal kecil untuk tidak bisa memanfaatkan model bisnis on-line ini. Model yang cocok adalah B2C (Business to Customer) atau C2C(Customer to Customer).

Editor           : Afriyudi
No Peserta  : 11
PTS              : Universitas Bina Darma
Acara           : Blogger Competition & sumsel Free WIFI


Sumber :

1. http://dailysocial.net/2011/10/28/survei-markplus-insight-pengguna-internet-di-indonesia-55-juta/

2. http://id.wikipedia.org/wiki/Sumatera_Selatan

3. http://sindikasi.inilah.com/read/detail/1851248/sumsel-dapat-tiga-penghargaan-nasional

4.  Tahun 2006, KAJIAN KEBIJAKAN PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN IRIGASI RAWA DI SUMATERA SELATAN, DIREKTORAT PENGAIRAN DAN IRIGASI KEMENTERIAN NEGARA PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL/BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL

5. http://melayuonline.com/ind/culture/dig/555/tenun-songket-palembang

6. http://www.gnetrading.com/php/eng/ecommerce-introduction.php

Author: babeyudi

See all posts by (11)

Leave a Reply

*

[+] kaskus emoticons nartzco