Java Selayang pandang

Sejarah JAVA

James Gosling dari Sun pada bulan Agustus 1991 telah mengimplementasikan suatu bahasa rancangannya sendiri yang di namai “Oak” (diambil dari nama pohon yang dapat dilihat dari jendela kantornya) beserta sebuah tim(Patrick Naughton, Mike Sheriden, Bill Joy dan 9 programmer lainnya) yang disebut “green team” . Bahasa ini pada awalnya dirancang untuk membuat aplikasi komputer disetiap rumah yang dapat dikontrol melalui beberapa komputer yang berbeda. Tetapi karena tidak ada yang menggunakan aplikasi ini, kemudian bahasa ini di desain ulang untuk TV kabel. Tetapi project ini kemudian gagal kembali karena perusahaan TV kabel lebih memilih pengembang sistem yang lain. Sampai dengan tahun 1994, ketika teknologi Internet menjadi sangat populer. bahasa pemrograman ini di bubuhi “Internet” menjadi “Oak Internet” program ini mulai di kenal. Kemudian pada bulan Januari 1995 bahasa pemrograman tersebut diganti dengan nama “JAVA” dengan translator, pustaka kunci dan sebuah browser web (Netscape Navigator rilis 2.0) sebagai bukti konsep pemrograman Internet. Kemudian artikel pertama SUN mengenai Java teknologi di release di http://wicked.neato.org. Kemudian pada tahun 1996 JDK 1.0 di release. Kemudian tahun 1997 JDK 1.1 direlease dan sampai dengan tahun 1998 sudah 2 juta JDK 1.1 di download. Pada tahun 1999 J2SDK di release dan J2EE beta di release. Pada tahun 2004 J2SDK 1.5 di release dikenal dengan project Tiger . J2SDK 1.6 atau java SE 6 di release pada Desember 2006 dan J2SDK 1.7 atau java SE 7 di release pada Juli 2011 .

Pada tahun 2009-2010, Sun di akuisisi oleh oracle. Banyak sekali perubahan besar dalam kebijakan mengenai pemrograman java sampai dengan java mobile(J2ME SDK) akhirnya tidak lagi dibuat untuk linux yaitu sejak versi 3.0 dan berakhir pada versi 2.5.2.   adanya java tandingan yaitu Openjava dan openOffice(milik oracle) tidak lagi digunakan pada ubuntu dan dirubah dengan LibreOffice(open source). Berita yang sangat menggembirakan adalah Android meggunakan java sebagai base pemrogramannya….sehingga saya bisa sedikit melupakan J2ME (:…..

dan akhirnya pada 2 april 2010 james gosling keluar dari Oracle……dan sempat bergabung dengan oracle sampai dengan tahun 2011 dan sekarang ia bergabung dengan Liquid Robotic. . sebagai arsitek software…

oke sudah dulu ya ceritanya….

download article

Author: babeyudi

See all posts by (11)

Leave a Reply

*

[+] kaskus emoticons nartzco