Instalasi WordPress di Localhost

24 April 2018 0 By admin

1. Siapkan file WordPress terbaru. Kalau belum punya, bisa unduh dulu atau download langsung di WordPress.org.
2. Buka folder XAMPP di komputer Anda. Lalu bukalah folder htdocs. Copy-kan file WordPress ke dalam folder ini. Lebih mudahnya, buka Windows Explorer, lalu ketik C:\xampp\htdocs pada bagian folder address seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

3. Apabila file masih dalam bentuk compress, maka ekstrak terlebih dahulu. Default folder hasil ekstrak biasanya bernama ‘wordpress’. Jika mau, nantinya Anda bisa mengganti nama folder ini menjadi nama yang Anda sukai. Katakanlah nama website Anda. Di sini saya menggantinya dengan nama ‘blogku’. Jika diakses, hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

4. Untuk membuka situs wordpress offline ini, silahkan buka browser dan ketik http://localhost/nama_folder pada adress bar. Sebagai contoh saya membuka alamat http://localhost/blogku. Lalu pilih bahasa untuk melakukan konfigurasi file.

5. Kemudian akan tampil sebagai berikut, kemudian klik Ayo

6. Sebelum ketahapan selanjutnya, ada baiknya kita mengulang bagaimana cara membuat basis data. Petama silahkan buka http://localhost/phpmyadmin kemudian akan tampil sebagai berikut.

Silahlahkan klik Basis data dan buat nama basis data yang mewakili isi tabel yang anda buat contoh: dbblogku.
7. Selanjutnya isi Nama Basis Data, Nama Pengguna, Kata sandi (jika ada) yang sudah anda buat sebelumnya. Untuk host basis data biarkan default localhost dan prefix tabel juga biarkan default dan klik tombol kirim.

8. Klik tombol jalankan instalasi

9. Isikan data-data yang dibutuhkan untuk admin dan nama website. Setelah itu klik install wordpress.

10. Silahkan masuk wordpress dengan mengetik nama pengguna dan password yang telah anda buat pada langkah sebelumnya. Cara lain bisa langsung mengetikkan alamat di browser http://localhost/nama_folder/wp-admin. Jika di tempat saya berarti menggunakan alamat http://localhost/blogku/wp-admin.

11. Jika istalasi berhasil, maka akan langsung masuk ke menu dasbor seperti dibawah ini :