Kebijakan Pengelolaan Kawasan Rawa Lebak Kel. Mariana Ilir Kecamatan Banyuasin I Kb. Banyuasin

Dalam penetapan kebijakan dalam pengelolaan rawa lebak Kelurahan Mariana dan Mariana Ilir, dengan memperhatikan kondisi rawa lebak dalam, rawa lebak dangkal, dan lahan tinggi.

Kondisi pra kontruksi, sebaiknya dilakukan kajian penataan air rawa, menetapkan kawasan persawahan/perkebunan dan perkampungan penduduk untuk kawasan lahan yang tinggi.

Saat pelaksanaan konstruksi yaitu dengan menetapkan tipelogi saluran dan perletakan pintu air yang dapat mengatur aliran saluran serta perlunya normalisasi daerah aliran sungai (Sungai Kundur Sungai Bengkinang, Sungai Kemang, dan Sungai Ijuk), kemudian perlunya keterpaduan sistem saluran yang menjamin sisten saliran dapat menjamin penggunaan air yang efektip dan bermanfaat setiap musim, baik pada musin hujan maupun musim kemarau.

Pada pasca konstruksi kebijakan yang harus dilaksanakan berupa pemanfaatan tata guna, yaitu penetapan kawasan wisata, kawasan pertanian, kawasan perkebunan, Industri, perdagangan, dan lain-lain yang harus dilaksanakan secara konsisten oleh semua pihak.

 

 

Pengelolaah Rawa Lebak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *