Energi Alternatif: Double Trap Kincir Musi

RINGKASAN

Listrik adalah salah satu kebutuhan penting di era modern ini. Kebutuhan akan listrik terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk. Untuk itu kebutuhan akan listrik harus terpenuhi, jika tidak tentu akan terjadi krisis. Adanya krisis akan berdampak kepada kehidupan masyarakat terutama pada kegiatan ekonomi.

Kota Palembang adalah salah satu kota yang memiliki perkembangan ekonomi yang pesat. Pertumbuhan ekonomi di kota Palembang terpusat dan menyebar di kawasan sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Musi. Untuk menunjang pertumbuhan ekonomi ini membutuhkan ketersediaan listrik yang besar. Namun, pada kenyataannya ada kekurangan pasokan listrik, sehingga terjadilah krisis listrik. Hal ini ditandai dengan terjadinya pemadaman listrik bergilir yang telah terjadi dari tahun 2000. Permasalahan ini menjadi tantangan bagi semua pihak untuk menemukan gagasan mengatasi permasalahan ini, terutama permasalahan krisis listrik di sepanjang DAS Musi.

Sungai Musi yang menjadi pusat kegiatan ekonomi dan industri masyarakat di kota Palembang memiliki potensi yang besar untuk mengatasi krisis listrik di sepanjang DAS Musi yakni dengan memanfaatkan potensi berupa energi kinetik dari arus air dan angin di atas permukaan sungai Musi yang dapat menjadi penggerak kincir untuk menghasilkan listrik melalui kincir, yang kami namakan Double Trap (DT) Musi.

Kincir DT Musi diharapkan dapat menghasilkan listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di DAS Musi sehingga melalui gagasan ini, krisis listrik masyarakat di sepanjang DAS Musi dapat teratasi.

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Palembang adalah salah satu kota di bagian barat Indonesia yang kegiatan ekonominya cukup tinggi. Perkembangan Kota Palembang menjadi kawasan perkotaan tidak terlepas dari sejarah perkembangannya sebagai kota pelabuhan yang berada di bagian Ilir Sungai Musi.

Sungai Musi adalah sungai dengan panjang sekitar 750km yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian yaitu Seberang Ulu dan seberang Ilir. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera, (Wikipedia,2011). Sejak dahulu Sungai Musi telah menjadi urat nadi perekonomian di Kota Palembang. Pada abad ke-17 keberadaan pelabuhan berkembang pesat di daerah Palembang karena didukung oleh adanya Sungai Musi sebagai jalur perdagangan yang merupakan penghubung jaringan pusat-pusat perniagaan Indonesia barat dengan jaringan perdagangan Asia (Hanafiah, 2008). Sejarah perkembangan Kota Palembang sebagai penghubung perdagangan antar negara menyebabkan Kota Palembang mengalami perkembangan perekonomian yang sangat pesat. Hampir sebagian besar wilayah Palembang merupakan aliran sungai. Maka dipilihlah kawasan 16 Ilir yang berada di tepian Sungai Musi sebagai pasar dan pusat perekonomian masyarakat Palembang. Bahkan seiring waktu, Pasar 16 Ilir terus berkembang dan tercatat sebagai pusat grosir di Palembang. Sebagaimana sifat orang Melayu Palembang, kawasan tepian sungai –terutama Sungai Musi– merupakan lokasi “favorit” untuk pemukiman. Pilihan ini juga merupakan “pilihan cerdas” mengingat saat itu jalur transportasi adalah air. Perahu-perahu yang berasal dari pedalaman (hulu) dengan tujuan utama berdagang.(sumatera ekspres,13:2011)

Sayangnya Kota yang dijuluki Venice of the East(“Venesia dari Timur”) sampai saat ini masih mengalami krisis listrik, ini dapat dilihat dari masih seringnya terjadi pemadaman listrik secara bergilir di Kota Palembang. Hal ini tentu saja berdampak terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Blackout atau mati lampu semakin sering saja terjadi. Upaya-upaya penghematan penggunaan listrik dan pemadaman aliran listrik secara bergilir saat ini menunjukkan bahwa untuk mempertahankan ketersediaan listrik yang ada sekarangpun tidak sanggup. Kalau keadaan ini tidak segera ditangani secara tepat dan cepat, maka tidak akan mungkin dapat memenuhi target pencapaian kebutuhan listrik pada masa depan.

PLN beralasan seringnya pemadaman listrik sekarang ini disebabkan keterbatasan daya pembangkit, baik yang dimiliki PT PLN (Persero) maupun swasta. Keterbatasan daya pembangkit yang terjadi sekarang ini tidak terlepas dari dampak krisis ekonomi pada 1998 lalu. Krisis ekonomi telah membuat PLN kehilangan momentum membangun pembangkit baru. Pemerintah baru berpikir membangun pembangkit pada 2005 melalui program percepatan pembangunan pembangkit 10.000 MW dan sejak 2006 dilaksanakan pembangunannya. Proyek ini diharapkan akan mengatasi ketimpangan antara harga penjualan listrik yang hanya Rp626,86/kWh dengan biaya produksi Rp1.304/kWh.(Kompas ,13:2009)

Daerah Sungai Musi sebagai Pusat perekonomian masyarakat juga memberikan potensi alam berupa energi kinetik, yaitu yang dihasilkan oleh pergerakan arus air dan angin di atas permukaan Sungai Musi. Sayang nya potensi yang diberikan oleh alam itu dibiarkan begitu saja dan di anggap kurang atau bahkan tidak memberikan manfaat.

Dalam gagasan tertulis ini, penulis menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan krisis energi listrik tersebut adalah dengan memanfaatkan aliran arus air dan angin diatas permukaan Sungai Musi Palembang untuk mengatasi krisis listrik melalui teknologi tepat guna yaitu dengan menggunakan teknologi generator yang dibangkitkan oleh energi dari angin dan arus air yang ditangkap oleh kincir. Kincir ini ada di atas permukaan sungai dan ada di kedalam air sungai, prinsip  double trap. Penulis memberi nama ide kincir ini yaitu, kincir Double Trap Musi (DT Musi).

Tujuan

  1. Memanfaatkan potensi dari arus air sungai Musi sebagai sumber energi mikro hidro dan sumber energi angin di atas permukaan Sungai Musi Palembang yang di konversi menjadi energi listrik melalui kincir double trap.
  2. Memanfaatkan hasil konversi energi listrik untuk pemenuhan kebutuhan listrik sehari – hari masyarakat di sepanjang daerah aliran Sungai Musi .
  3. Menghidupkan atau mengoptimalkan perekonomian masyarakat sepanjang daerah akiran Sungai Musi melalui ketersediaan energi listrik.

Manfaat

  1. Menjadi ide atau gagasan Bagi pemerintah kota Palembang dalam upaya mengatasi permasalahan ketersediaan listrik masyarakat sepanjang daerah aliraan sungai Musi Palembang.
  2. Memberikan jaminan akan tersedianya listrik bagi masyarakat sepanjang daerah aliraan sungai Musi Palembang.
  3. Sebagai kontribusi penulis bagi masyarakat dan kota Palembang.
  4. Gagasan dalam karya ini dapat diaplikasikan menjadi sumber alternatif penghasil energi listrik terbarukan.

GAGASAN

Kondisi kekinian

Jumlah energi listrik terjual pada tahun 2010 sebesar 147.297,47 GWh, meningkat 9,5% dibandingkan tahun sebelumnya. Kelompok pelanggan Industri mengkonsumsi 50.985,20 GWh (35%), Rumah Tangga 59.824,94 GWh (41%), Bisnis 27.157,22 GWh (18%), dan Lainnya (sosial, gedung pemerintah dan penerangan jalan umum) 9.330,11 GWh (6%). Penjualan energi listrik untuk semua jenis kelompok pelanggan yaitu Industri, Rumah Tangga, Bisnis dan Lainnya mengalami peningkatan masing-masing sebesar 10%, 9%, 9% dan 8%. Jumlah pelanggan pada akhir tahun 2010 sebesar 42.435.387 meningkat 6% dari akhir tahun 2009. Harga jual listrik rata-rata per kWh selama tahun 2010 sebesar Rp 699,09 lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar Rp 670,02.(Statistik PLN : 2010)

Selama tahun 2010, jumlah energi listrik produksi sendiri (termasuk sewa) sebesar 131.710,07 GWh, meningkat 9,2% dibandingkan tahun sebelumnya. Beban puncak pada tahun 2010 mencapai 24.917,42 MW, meningkat 6,31% dibandingkan tahun sebelumnya (Statistik PLN : 2010).

Seringnya pemadaman listrik bergilir merupakan salah satu bukti kurangnya cadangan listrik. Pemadaman listrik bergilir ini tentu saja sangat merugikan semua kalangan terutama bagi orang-orang yang berkecimpung di bidang industri. Sebagai ilustrasi, tak kurang dari 50 ribu warga di Kota Palembang sepanjang Kamis, 15 September 2011, harus menjalani harinya tanpa penerangan listrik. Pemadaman selama 14 jam yang terjadi sejak pukul 07.00 pagi lantaran adanya perbaikan Gardu Induk Talang Kelapa. Sejumlah kalangan pengusaha di Kota Palembang mengeluhkan peningkatan frekuensi pemadaman bergilir di sepanjang jam kerja. Krisis listrik ini membuat beban yang harus ditanggung pengusaha semakin bertambah, mengingat dampak krisis global juga belum berakhir sampai sekarang.

 Solusi yang pernah ditawarkan

Sebelumnya, PLN berencana terus memperkuat sistem kelistrikan di wilayah Kota Palembang khusus nya daerah sepanjang aliran sungai Musi yang merupakan  daerah pusat industri dan perekonomian masyarakat kota Palembang. Beberapa Solusi penanganan krisis listrik tersebut seperti pemberian genset cadangan, dan pembelian listrik dari pihak swasta yaitu sumber energi listrik dari Pertamina dan PT.Pusri. (Sumatera Ekspres .8:2009). Namun Upaya tersebut di nilai kurang efektif dan terlalu banyak mengerluakan dana.

 Gagasan baru yang ditawarkan

                                                                                   

Sungai Musi adalah Sungai yang membelah kota Palembang menjadi dua bagian yaitu, seberang ulu dan seberang ilir. Arus air dan angin  yang kuat di atas permukaan Sungai Musi merupakan sumber energi kinetik yang tersia-sia. Jika kita lebih jeli melihat peluang serta potensi dari Sungai Musi, ini dapat dijadikan sebagai sumber energi untuk mengatasi krisis listrik terutama di Kota Palembang khususnya di Daerah Aliran Sungai Musi melaui teknologi tepat guna yaitu kincir double trap  yang di gerakan oleh arus air dan angin di atas permukaan Sungai Musi Palembang. 

a. Kincir Air trap Musi

Kincir air adalah sebuah alat berbentuk lingkaran yang dibangun di sungai. Alat ini berputar pada sumbunya karena adanya dorongan aliran air sungai yang cukup deras. Kincir air menggerakan sebuah turbin untuk menghasilkan energi listrik. Sebuah kincir air yang berskala kecil atau yang digerakan oleh air sungai dapat disebut juga dengan pembangkit listrik tenaga air mikrohidro (PLTMH).

Pembangkit listrik tenaga air pada dasarnya mengubah energi gerak menjadi arus listrik. Energi gerak tersebut dihasilkan melalui putaran roda kincir air yang bergerak dengan cara berputar mengikuti pergerakan arus air. Dari pergerakan kincir tersebut dihasilkan energi yang menggerakkan turbin. Turbin berperan mengubah energi air yang merupakan energi potensial yaitu energi kinetik menjadi energi mekanik dalam bentuk putaran poros. Putaran poros ini kemudian diubah oleh generator menjadi tenaga listrik.

b. Kincir angin trap Musi

Kincir angin adalah digerakkan oleh tenaga angin. Pada zaman dulu kincir angin digunakan untuk menumbuk biji-bijian/menggiling padi, memompa air, dan untuk mengairi sawah. Kincir angin modern adalah mesin yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik, disebut juga dengan turbin angin.

Pada Prinsipnya kincir angin bekerja sebagai “Penerima Energi”, artinya dia menerima energi (kinetik) dari angin dan merubahnya menjadi energi lain yang dapat digunakan seperti listrik. Angin yang datang akan menumbuk sayap kipas (baling-baling) pada kincir angin, sehingga sayap kipas akan berputar.

Kemudian sayap kipas akan memutar poros di dalam nacelle (berbentuk tabung di belakang sayap kipas kincir angin). Poros dihubungkan ke gearbox (semacam roda bergerigi), di gearbox kecepatan perputaran poros ditingkatakan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi dalam gearbox. Gearbox dihubungkan ke generator yang akan merubah energi mekanik menjadi energi listrik. Dari generator energi listrik mengalir menuju transformer (alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan) untuk menaikan tegangannya.

Berdasarkan data dari WWEA (World Wind Energy Association), sampai dengan tahun 2007 perkiraan energi listrik yang dihasilkan oleh turbin angin mencapai 93.85 GigaWatts, menghasilkan lebih dari 1% dari total kelistrikan secara global.

Kincir angin trap Musi merupakan kincir angin yang memanfaatkan gerakan angin di atas permukaan air sungai Musi untuk menghasilkan energi listrik yang di dapat melalui gerakan turbin dari kincir angin.

  1. Kincir Double Trap Musi

Kincir Double Trap Musi (DT-M) merupakan gabungan kincir air dan kincir angin yang memanfaatkan energi kinetik yang merupakan energi potensial dari arus air sungai Musi dan arus angin di atas permukaan sungai Musi Palembang. Konsep menggabungkan kedua kincir ini, yang kami beri nama doble trap adalah berupaya mengoptimalkan ketersediaan energi potensial yang ada dengan cara yang efektif dan efisien.

Efektivitas menurut Siagian (2001), adalah pemanfaatan sumber daya dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang atau jasa kegiatan yang dijalankannya. Untuk konteks kincir DT-M yang konsepnya kami ajukan ini, efektivitas yang dimaksud adalah

Gambar 1. Prototype kincir double trap Musi (DT-Musi) 

Perpaduan turbin air dan angin yang kemudian akan menggerakkan atau membangkitkan generator untuk menghasilkan listrik. Efektif karena; tidak akan ada pengangguran (iddle) nya sumber daya. Jika energi angin sedang tidak tersedia maka akan ditutupi (cover) oleh energi dari arus air, demikian pula sebaliknya. Harapan akan tersedia nya energi untuk membangiktkan listrik sepanjang tahun dapat terjamin. Prototipe dapat dilihat pada gambar1.

Pihak-pihak yang dapat mengimplementasikan gagasan

Gagasan ini dapat terwujud melalui partisipasi aktif pihak-pihak sebagai berikut :

Tabel 1. Identifikasi pelaksana, sumber dana dan program penerapan DT-M

Pelaksana

Sumber dana

Program yang diterapkan

Pemerintah kota

Alokasi dana APBN dan APBD pemerintah

Penggunaan Kincir double trap di kawasan daerah aliran sungai musi

Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Alokasi dana dari PLN

Menberi pelatihan mengenai system konversi energy listrik

Masyarakat

Pengajuan usulan kepada perusahaan CSR

Pelatihan pemeliharaan kincir double trap kepada masyarkat

Perguruan tinggi/ mahasiswa

Dana pinjaman dengan bunga rendah dari bank milik pemerintah

Pelatihan & pelaksanaan pembuatan kincir double trap musi

Langkah-langkah strategis implementasi gagasan

 

Dalam realisasi gagasan diperlukan beberapa tahapan untuk menjamin gagasan Kincir DT-M mampu dieksekusi secara berkesinambungan. Berikut adalah tahapan yang disarankan. Tahapan tersebut dapat dianalogikan sebagai tonggak pencapaian yang disertai evaluasi dan improvisasi setiap waktu.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah telaah teknis pada rancangan. Hal ini terkait dengan penentuan desain yang paling optimal, besar energi yang dapat dihasilkan oleh Kincir DT-M. Langkah ini dapat dilakukan oleh pihak yang berminat untuk realisasi gagasan ini lebih lanjut disertai dukungan dana maupun teknologi dari pemerintah serta perguruan tinggi. Keluaran yang diharapkan dari langkah ini adalah kelayakan teknologi.

Langkah kedua yang adalah uji coba di lapangan terbatas. Langkah ini dapat berupa serangkaian percobaan terhadap Kincir Double Trap Musi.  Langkah ini dapat dieksekusi oleh lembaga resmi yang memiliki kewenangan seperti BPPT, pemerintah daerah, atau perguruan tinggi. Keluaran yang diharapkan dari langkah ini adalah kelayakan implementasi secara luas.

Langkah ketiga yang dibutuhkan adalah sosialisasi lebih lanjut di masyarakat. Sosialisasi dapat berupa keikutsertaan gagasan ini dalam pameran-pameran teknologi, informasi di media cetak, pengenalan di sekolah-sekolah dasar, menengah, dan tinggi. Selain itu, sosialisasi dapat juga berupa pemakaian secara permanen kincir double trap Musi di daerah aliran sungai Musi Palembang. Langkah ini dapat dieksekusi oleh pemerintah, para ilmuwan, pers, dan masyarakat yang terlibat. Keluaran yang diharapkan dari langkah ini adalah meluasnya informasi mengenai gagasan ini di masyarakat.

Langkah selanjutnya adalah implementasi di lapangan secara luas disertai inovasi. Pemerintah, masyarakat, dan PLN merupakan eksekutor dari langkah ini. Hal tersebut baru akan terjadi saat efek positif dan kelayakan sudah benar-benar dirasakan. Itu merupakan dampak dari sosialisasi yang dilakukan pada langkah sebelumnya. Implementasi di lapangan ini diharapkan mampu memberikan kehidupan yang lebih baik di masyarakat.

 

 

Gambar 2. Flow chart tahapan rinci kegiatan

 IMPLEMENTASI

Inti Gagasan

 

Pemanfaatan potensi alam di sepanjang daerah aliran sungai Musi berupa energi kinetik dari arus air dan angin di atas permukaan sungai yang dikonversi menjadi energy listrik melaui kincir double trap Musi (DT-M) guna mengatasi krisis listrik dan mengoptimalkan kegiatan ekonomi masyarakat di sepanjang daerah aliran sungai Musi yang merupakan daerah pusat kegiatan industri dan kegiatan perekonomian masyarakat Palembang.

Teknik Implementasi Gagasan

Gagasan pemanfaatan aliran arus dan angin diatas permukaan Sungai Musi Palembang untuk mengatasi krisis listrik ini dapat di implementasikan dengan baik apabila didukung oleh hal-hal strategis sebagai berikut :

  1. Melakukan pendekatan secara gradual (bertahap) kepada tokoh masyarakat sebagai awal pelaksanaan kerjasama dengan masyarakat
    1. Keikutsertaan masyarakat, pemerintah, dan universitas secara aktif dan terintegrasi.
    2. Adanya rasa saling membutuhkan dan bertanggung jawab atas keberhasilan projek DT-M yang akan dilakukan.
    3. Adanya dukung finansial dari para pemangku kebijakan yang terkait.
    4. Adanya dukungan teknis secara penuh dari PLN, dan Kementrian terkait.

 Prediksi Keberhasilan Gagasan

Gagasan pemanfaatan aliran arus dan angin diatas permukaan Sungai Musi Palembang untuk mengatasi krisis listrik tentunya memberikan efek positif terhadap kehiduapan masyarakat sepanjang daerah aliran sungai Musi Palembang terutama masyarakat yang mempunyai kegiatan usaha atau industri. Hal ini tentunya juga berdampak terhadap kegiatan ekonomi masyarakat yang teroptimalkan dengan sumber energi listrik yang di dapat dari kincir DT-M.

Jika gagasan ini di apliasikan dan diterapkan di sepanjang daerah aliran sungai Musi, maka krisis energi di daearah aliran sepanjang aliran sungai musi dapat teratasi dan bukan tidak mungkin daerah tersebut akan menjadi daerah mandiri dan tidak bergantung lagi kepada layanan listrik dari Perusahaan Listrik Negara.

Keberhasilan dari gagasan ini sangat tergantung dari komitmen para stackholder pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan. Secara teknis teknologi yang digunakan adalah teknologi tepat guna. Ini arti nya secara teknis dapat dilaksanakan karena simple dan sederhana nya teknologi yang dipakai.

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2009. Sungai Musi. http://id.wikipedia.org/. [7 februari 2012]

Anonim. 2009. Membuat Listrik dari Angin, Manfaatkan Potensi Alam yang Melimpah . http://lembagaenergihijau.blogspot.com. [14 februari 2012]

Anonim. 2009. Krisis Energy Listrik . http://id.wikipedia.org/. [12 februari 2012]

Anonim. 2009. Palembang . http://id.wikipedia.org/. [7 februari 2012]

Badan Statistik PLN. 2010. Neraca Daya . 2010 . http://www.pln.go.id. [7 Februari  2012]

Kompas. 2008. Artikel Pemadaman Bergilir Dalam Rangka Atasi Krisis Eergi. http://rizkypoenya.blog.uns.ac.id/. [7 Februari 2012]

Sumatera Ekspres. 2008. Pusat Grosir Kota Palembang. http:// //www.sumeks.co.id/. [7 Februari 2012]

Sumatera Ekspres. 2009. Krisis Listrik. http:// //www.sumeks.co.id/. [8 Februari 2012]

Siagian, Sondang P. 2001. Sistem Informasi Manajemen, Ed. 2. Bumi Aksara. Jakarta.