Web Service

Web services memungkin suatu aplikasi atau sistem yang berbeda platform dapat berkomunikasi satu dengan yang lain. Komunikasi antar sistem atau aplikasi yang berbeda dapat berupa pertukaran data atau informasi. Dalam web service pertukaran data atau informasi antar sistem dapat memanfaatkan teknologi XML, WSDL, SOAP dan UDDI. Data atau informasi yang dipertukarkan dalam jaringan yang memanfaatkan teknologi web services dibuat dalam format XML.

Dokumen dalam format XML memiliki struktur data yang terstruktur dan mempunyai sifat extensible, dokumen dalam format XML dapat dilihat oleh semua orang atau berbagai aplikasi yang berbeda. Data atau informasi dalam bentuk XML ini dikirimkan dalam sebuah jaringan komputer melalui protokol HTTP dengan memanfaatkan teknologi SOAP. SOAP merupakan teknologi berbasis XML yang digunakan sebagai protokol untuk pertukaran data atau informasi melalui sebuah jaringan internet. Client dan Server berkomunikasi melakukan pertukaran data dalam format XML.

Komunikasi client dan server dapat berjalan dengan baik apabila client yang melakukan permintaan mengetahui dimana lokasi server. Konsep ini memanfaatkan teknologi UDDI, yaitu bagian dari teknologi web services yang digunakan untuk menentukan lokasi web services dan informasi-informasi lain yang berhubungan dengan layanan web services.

Leave a Reply

Archives
Kalender
May 2024
M T W T F S S
« Sep    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031