Database XML:

Merupakan sebuah koleksi data, yaitu koleksi data dalam format dokumen xml yang setiap dokumenya dapat mewakili sebuah record sampai database, setiap dokumen xml merupakan sebuah file didalam file sistem. Format database menggunakan dokumen xml ini mempunyai beberapa kelebihan, misalnya kemampuan self describing (markup yang menguraikan struktur nama dan jenis data), kemampuan yang portable dan juga mampu menguraikan data dalam struktur pohon atau struktur grafik.

Native XML database:

Sistem native xml database: dapat menyimpan dokumen dalam format xml dan mendapatkan kembali (retrieve) dokumen berdasarkan format tersebut, karena database ini memang khusus dibuat untuk penyimpanan dokumen xml utuh, dengan tidak mengubah struktur hirarki dan arti dari dokumen tersebut. Nilai lebih: dapat menyimpan dokumen xml yang tidak memiliki schema, serta menyimpan semua dokumen secara fisik dan tanpa melalui pemetaan ke database, sehingga akan didapatkan kembali data yang sama dan terhindar dari adanya perubahan yang tidak sah.

Native xml database: sebuah model dari sebuah sebuah dokumen xml yang melakukan penyimpanan serta retrieve dokumen menurut model tersebut. Karena sebuah dokumen xml merupakan unit fundamental dari unit penyimpanan data, sama halnya seperti database relatioanal yang mempunyai baris dalam suatu lable sebagai unit penyimpanan.

Dalam aplikasi dokumen xml sebagai database, diperlukan kemampuan untuk menyimpan dan melakukan query terhadap dokumen xml, salah satunya dengan menggunakan sistem native xml database yang dapat menyimpan dokumen dalam format xml dan mendapatkan kembali dokumen berdasarkan format tersebut, karena database ini memang khusus dibuat untuk penyimpanan dokumen xml secara utuh, dengan tidak mengubah struktur hirarki dan arti dari dokumen tersebut. Penggunaan native xml database sebagai media penyimpanan dokumen memiliki beberapa nilai lebih, yaitu dapat menyimpan dokumen xml yang tidak memiliki schema serta menyimpan semua dokumen xml secara fisik dan tanpa melalui pemetaan ke database, sehingga akan didapatkan kembali data yang sama dan terhindar dari adanya perubahan yang tidak sah.

Leave a Reply

Archives
Kalender
May 2024
M T W T F S S
« Sep    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031