MySQL adalah server basis data yang kompak dan kecil yang ideal untuk banyak aplikasi basis data on-line. MySQL mendukung SQL standar (ANSI), meskipun tidak selengkap subset yang menjadi standar seperti PostgreSQL.

MySQL dapat dijalankan di banyak platform dan memiliki kemampuan multithreading pada server UNIX. Pada lingkungan bukan UNIX, MySQL dapat dijalankan sebagai servis pada Windows NT dan sebagai proses normal pada mesin Windows 95/98. MySQL adalah server DBMS relasional SQL yang mendukung multithreading dan multi-user. MySQL mengimplementasikan client/server yang terdiri dari sebuah daemon server (servis di server) dan banyak program dan pustaka klien yang berbeda-beda.

MySQL dulunya dikembangkan tahun 1996 untuk menyediakan server SQL yang dapat menangani transaksi dalam basis data yang sangat besar dengan kecepatan tinggi.

Memulai Dengan MySQL

Program client yang biasanya digunakan untuk mengakses server MySQL di Linux adalah program mysql. Program interaktif ini mengijinkan Anda mengakses server MySQL, menjalankan query dan menyaksikan hasilnya.

Untuk connect ke server, biasanya dibutuhkan username MySQL ketika Anda menjalankan mysql, dan biasanya juga password. Jika servernya berbeda dari komputer tempat Anda login, Anda juga harus menuliskan hostname-nya. Contohnya seperti berikut :

$ mysql –h host –u user –p

Enter password: ********

Tanda ***** menunjukkan password Anda, masukkanlah ketika mysql menampilkan Enter password:. Jika Anda berhasil login, Anda akan melihat informasi introduction yang diikuti oleh prompt mysql> :

shell> mysql -h host -u user -p

Enter password: ********

Welcome to the MySQL monitor.  Commands end with ; or \g.

Your MySQL connection id is 459 to server version: 3.22.20a-log

Type 'help' for help.

mysql>

Prompt ini menunjukkan bahwa mysql siap menerima perintah.

Beberapa instalasi MySQL memperbolehkan user untuk connect sebagai user ‘anonymous’ (tak bernama). Dalam hal ini, Anda dapat connect ke server tersebut dengan mysql tanpa option apa-apa.

Setelah Anda berhasil terhubung, Anda dapat disconnect setiap saat dengan menuliskan QUIT pada prompt mysql.

Leave a Reply

Archives
Kalender
May 2024
M T W T F S S
« Sep    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031