Universitas BINA DARMA Juara 1 Indonesia Cyber Army (ICA) 2012 di Medan

Universitas BINA DARMA Juara 1 Indonesia Cyber Army (ICA) 2012 di Medan

 

Indonesian Cyber Army (ICA) Selection 2012 merupakan kompetisi bertaraf Nasional yang didukung oleh beberapa institusi pemerintahan dan swasta, diantaranya Academic CSIRT, Aptikom, Multimatics, C-S-I, DetikNas dan Direktorat Keamanan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

 

Event ini pertama kali digelar di Indonesia yang diadakan di kota Medan bertepatan dengan acara rakornas APTIKOM pada tanggal 16 sampai dengan 17 Oktober 2012.  Para peserta terdiri dari berbagai daerah se-Indonesia, seperti Banda Aceh, Medan, Bengkulu, Palembang, Lampung, Jakarta, Depok, Yogyakarta sampai Denpasar. Total peserta adalah 70 orang yang terdiri dari 25 tim.

 

ICA dibagi atas dua kategori. Pertama Capture the Flag (Hacking) dan kedua Computer Forensic. Universitas Bina Darma telah mengirim 1 tim yang terdiri dari tiga mahasiswa untuk mengikuti kompetisi CTF. Mahasiswa diseleksi dan dikarantina selama beberapa minggu guna menhadapi kompetisi ini (tegas Suryayusra, M.Kom sebagai dosen pembimbing Tim UBD).

 

Dengan persiapan yang matang dan kepercayaan yang penuh maka tim Bina Darma Cyber Army mampu bersaing dengan 20 tim lainnya. Atas kerja keras dan motivasi yang tinggi, tim Bina Darma mampu meraih Juara 1 ICA 2012 untuk kategori Capture the Flag (hacking).

 

Ini sangatlah membanggakan tegas (Dr. Sunda Ariana selaku wakil rektor II) karena kampus kami mampu bersaing dengan beberapa kampus se-Indonesia. Kedepan diharapkan UBD mampu mengikuti kompetisi bertaraf internasional, kerena prestasi mahasiswa harus tersalurkan.

Bina Darma Indonesian Cyber Army