Teori Komunikasi Tentang Identitas

Rangkuman

• Menurut Micheal Hecht dan Koleganya, teori komunikasi tentang identitas tergabunglah 3 Konteks budaya yaitu individu, Komunal dan publik.
• Identitas merupakan penghubung utama antara individu dan masyarakat, serta komunikasi merupakan mata rantai yang memperoleh hubungan ini terjadi.
• Identitas anda adalah “Kode” yang mengidentifikasi keanggotaan anda dalam komunitas yang beragam.
• Kode-kode tersebut terdiri dari simbol-simbol seperti bentuk pakaian, kata-kata seperti benda yang biasanya anda katakan.
• Hecht memperkenalkan dimensi-dimensi identitas khusus yaitu:
1. Perasaan (dimensi afektif)
2. Pemikiran (dimensi kognitif)
3. Tindakan (dimensi perilaku)
4. Transender (spiritual)
• Komunikasi merupakan alat untuk membentuk identitas dan juga mengubah mekanisme dentitas anda, baik dalam pandang diri anda maupun orang lain, dibentuk ketika anda secara sosial berinteraksi dengan orang lain di kehidupan anda.
• “Subjective Dimension” akan identitas merupakan perasaan diri pribadi anda.
“Ascibed Dimension” adalah apa yang orang lain katakan tentang anda.
• Ada 4 tingkatan dalam berinteraksi:
1. Personal Layer : rasa akan keberadaan diri anda dalam situasi sosial.
2. Enactment Layer : pengetahuan orang lain tentang diri anda berdasarkan pada
apa yang anda lakukan, apa yang anda miliki, dan bagaimana
anda bertindak.
3. Relational : siapa diri anda dalam kaitannya dengan individu lain.
4. Communal : diikat pada kelompok atau budaya yang lebih besar.

Sumber: Teori Komunikas Stephen Little Jhon

Comments are closed.