Human Computer Interaction

Human computer interaction adalah suatu teori yang digunakan untuk mendesain suatu tampilan sistem baik itu berbasis web, aplikasi, mobile dan perangkat komunikasi lainnya.

Usability adalah sebuah ukuran sebuah karakteristik yang mendeskripsikan seberapa efektif seorang pengguna dalam berinteraksi dengan suatu produk.Usability juga merupakan ukuran seberapa mudah suatu produk bisa dipelajari dengan cepat dan seberapa mudah suatu produk bisa digunakan [12]. Disamping itu juga, Usability dapat didefinisikan sebagai tingkat di mana sebuah produk bisa digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuan tertentu dengan efektif, efisien, dan memperoleh kepuasan dalam konteks penggunaannya [11]. Sama juga dengan Dumas et.al [13] yang mendefinisikan bahwa usability digunakan untuk mengukur tingkat pengalaman pengguna ketika berinteraksi dengan produk sistem.

Dari definisi diatas, penelitian ini mencoba mendefiniskan usability secara umum. usability adalah bagaimana pengguna bisa memperlajari dan menggunakan produk untuk memperoleh tujuannya, dan seberapa puas mereka terhadap penggunaan produk-produk tersebut.

 3.1. Ukuran Tingkat Usability

Akhmadzain [14] menganalisis usability test terhadap tampilan ATM konvensional BCA, Mandiri dan BNI menyebutkan bahwa para pakar usability mengajukan kriteria pengukuran seperti yang tertera pada tabel 2 di bawah ini :

Tabel 2 Kriteria Pengukuran Usability (Akhmadzain, 2008)

tabel_UsabilitySecara umum kriteria nomor 1 sampai 8 pada tabel 2 diatas dikategorikan sebagai kinerja pengguna (pengukuran yang bersifat objektif) dan kriteria nomor 9 dan 10 dikategorikan sebagai pengukuran yang bersifat subjektif dari sudut pandang pengguna. Berikut adalah uraian kriteria pada tabel 2.

Efektivitas atau effectiveness didefinisikan sebagai performansi pengguna memakai sistem yang bersangkutan. Performansi tersebut diukur dari waktu yang diperlukan pengguna untuk menyelesaikan sebuah tugas (task) dan dari jumlah kesalahan yang dibuat [15]. Efisiensi dikaitkan efisiensi dengan kebutuhan sumber daya, seperti usaha, waktu dan biaya, untuk mencapai tujuan pemakaian sistem tersebut [10]. Learnability didefinikan sebagai tingkat kemudahan sistem untuk dipelajari, diukur melalui waktu yang diperlukan untuk mempelajari penggunaan sistem hingga mencapai level kemahiran tertentu [10, 15]. Memorability berhubungan dengan proses recalling (mengingat) cara pemakaian sistem setelah pengguna tidak berinteraksi dengan sistem tersebut selama beberapa waktu Nielsen [10]. Fleksibilitas adalah sebuah sistem yang berkaitan dengan variasi pengerjaan suatu task sistem. Errors (lain-lain) adalah frekuensi kesalahan yang tinggi pada saat penggunaan sistem mengindikasikan rendahnya usability sistem yang bersangkutan Nielsen [10]. Utilitas adalah sebuah sistem yang dapat digunakan pengguna untuk menyelesaikan suatu tugas. Contohnya, perangkat lunak akuntasi yang menyediakan fitur perhitungan pajak memiliki utilitas tinggi, sedangkan perangkat lunak grafik yang memaksa penggunanya menggunakan mouse untuk menggambar, memiliki utilitas rendah. Safety (Keamanan) dapat didefinisikan untuk mencegah kerusakan fatal pada sistem dari kondisi yang tidak diinginkan. Tidak hanya itu, sistem juga memberikan petunjuk perbaikan apabila terjadi kesalahan. Satisfaction (Kepuasan), kriteria kepuasan menjadi pertimbangan bagi Nielsen [10] dan standar ISO 9241-11 [11]. Kepuasan pengguna terhadap sistem yang dipakainya mengindikasikan bahwa sistem tersebut layak pakai. Attitude (Prilaku) diukur melalui kriteria perilaku sistem dari bagaimana pengguna menerima dan merasa puas dari sistem yang dipakainya.

Dari diskusi diatas, penelitian ini menggunakan acuan teori yang dikemukakan oleh Nielson [10] sebagai landasan untuk mengidentifikasi faktor-faktor usability internet banking berdasarkan penelitian terdahulu.

  1. Modul IMK
  2. case study HCI
  3. Generating Designs
  4. HCI09Testing_Methods
  5. HCIforKIDS
  6. HCIforDSS
  7. HCIforWEB
  8. Task Analysis
  9. HCI13-Survey Design and Implementation HCI
  10. HCI14-Multimedia User Interface Design
  11. HCI15Usability and Persuasiveness and Graphic Design and ecommerce User Experience
  12. HCI16-Information Visualization
  13. HCI17-NEW_Human–computer interaction for the generation of image
  14. HCI18-Technology Transfer
  15. HCI091-Usability Testing
Posted in HCI