Seiring bertambahnya jumlah pengguna internet di dunia, para pengembang website pun semakin kreatif dalam membuat websitenya. Sebelum kita belajar lebih banyak tentang cara pembuatan website maupun internet marketing, mari kita terlebih dahulu mengenal jenis-jenis website. Ayo kita mulai.
Jenis-jenis website berdasarkan sifatnya adalah:
- Website Dinamis, merupakan website yang contentnya dapat berubah setiap saat. Contoh dari website dinamis ini antara lain adalah wikipedia, detik, tokobagus dan blog tentang internet marketing ini. Faktor utama yang membuat sebuah web menjadi dinamis adalah Content Management System. Dengan adanya CMS ini, siapapun yang memiliki akses ke administrator website dapat mengupdate contentnya dengan sangat mudah.
- Website Statis, merupakan website yang jarang sekali dirubah karena memang tidak diperlukan perubahan yang sangat sering. Contohnya adalah website company profile dan website profil organisasi. Website statis seringkali juga berfungsi hanya sebagai brosur atau kartu nama digital perusahaan.
Selain sifat, biasanya jenis website juga dibedakan berdasarkan fungsi utamanya. Selanjutnya dibawah ini adalah jenis-jenis website apabila dibedakan berdasarkan fungsinya:
- Search Engine.
Website Search Engine adalah website yang menyediakan layanan mesin pencari. Fungsi dari website ini adalah sebagai pencari website lain. Contohnya adalah Google, dan Yahoo!. - Blog.
Blog ini bisa dibilang catatan harian dari pemilik website. Isi yang tercantum di website blog atau weblog ini biasanya berupa cerita atau pemikiran-pemikiran. Fungsi dari website blog adalah publikasi artikel / content yang berfokus pada manajemen artikel. Contohnya adalah blog tentang internet marketing ini. - Networking.
Contoh dari website networking ini adalah facebook dan twitter, dimana website menyediakan fasilitas untuk para member agar dapat berinteraksi dengan member yang lain. - Forum.
Website forum sebenarnya mirip dengan website networking, namun lebih berfokus pada kemampuan para member untuk berdiskusi maupun bertukar informasi dan pemikiran. Website forum yang terbesar di Indonesia saat ini adalah kaskus. - Berita.
Website berita berfungsi untuk mengelola dan mempublikasikan berita kepada para pengunjung di internet. Website berita yang paling banyak pengunjungnya di Indonesia sekarang ini adalah detik. - Gallery.
Fungsi dari website gallery adalah menyediakan fasilitas publikasi foto dan gambar secara online, mengelolanya, kemudian mempublikasikannya. Contoh website gallery adalah picasa. - Multimedia.
Siapa yang tidak tahu Youtube? Itulah contoh website multimedia, dimana kita dapat melakukan streaming untuk video, maupun audio tanpa mengunduhnya terlebih dahulu. Untuk mengakses website multimedia akan diperlukan internet dengan kecepatan koneksi yang cukup tinggi. - E-Learning.
Biasanya website e-learning dimanfaatkan oleh organisasi pendidikan untuk menyediakan fasilitas belajar melalui internet. Pembelajaran dapat menjadi interaktif dengan adanya website e-learning ini. Contoh website e-learning adalah website-website universitas. - E-Commerce.
Website E-Commerce adalah yang paling boom-ing sekarang ini. Website jenis E-Commerce berperan sebagai toko virtual dimana para pengunjung dapat melakukan aktivitas dimulai dari melihat-lihat hingga membeli barang yang mereka inginkan. Contoh website E-Commerce yang paling terkenal adalah E-Bay.
Sebenarnya masih banyak sekali jenis-jenis website yang bisa kita dapatkan, namun menurut saya 2 kategori di atas adalah yang paling umum dan mudah dimengerti.
Sumber : http://www.mattjunior.com
Bagi sebagian orang mungkin sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan kata Gratifikasi. Tapi Saya lebih senang menafsirkan kata tersebut dengan kata yang mendefinisikan sesuatu yang berarti “gratis di kasih”.
Gratifikasi menurut kamus hukum berasal dari Bahasa Belanda, “Gratificatie” , atau Bahasa Inggrisnya “Gratification” yang diartikan hadiah uang.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI,1998) Gratifikasi diartikan pemberian hadiah uang kepada pegawai di luar gaji yang telah ditentukan.
Menurut UU No.31 Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Penjelasan Pasal 12 b ayat (1), Gratifikasi adalah Pemberian dalam arti luas, yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya.
Gratifikasi tersebut baik yang diterima di dalam negeri maupun di luar negeri dan yang dilakukan dengan menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik.
Ada beberapa contoh penerimaan gratifikasi, diantaranya yakni:
- Seorang pejabat negara menerima “uang terima kasih” dari pemenang lelang;
- Suami/Istri/anak pejabat memperoleh voucher belanja dan tiket tamasya ke luar negeri dari mitra bisnis istrinya/suaminya;
- Seorang pejabat yang baru diangkat memperoleh mobil sebagai tanda perkenalan dari pelaku usaha di wilayahnya;
- Seorang petugas perijinan memperoleh uang “terima kasih” dari pemohon ijin yang sudah dilayani.
- Pemberian bantuan fasilitas kepada pejabat Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif tertentu, seperti: Bantuan Perjalanan + penginapan, Honor-honor yang tinggi kepada pejabat-pejabat walaupun dituangkan dalam SK yang resmi), Memberikan fasilitas Olah Raga (misal, Golf, dll); Memberikan hadiah pada event-event tertentu (misal, bingkisan hari raya, pernikahan, khitanan, dll).
Pemberian gratifikasi tersebut umumnya banyak memanfaatkan momen-momen ataupun peristawa-peristiwa yang cukup baik, seperti : Pada hari-hari besar keagamaan (hadiah hari raya tertentu), hadiah perkawinan, hari ulang tahun, keuntungan bisnis, dan pengaruh jabatan.
Dengan berdalih “sekedar bantuan”, “ikhlas”, “tanpa pamrih”, “rasa simpatik”, dll, gratifikasi ini memang sangat mudah untuk disamarkan dan dibalut cantik dengan hal-hal demikian. Hingga pada akhirnya terucap kata “terima kasih karena sudah dibantu”, “lumayan gratis di kasih..”
Sumber: KomunitasAntiKorupsi
Perbankan Elekronik (E-banking) yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Dari waktu ke waktu, makin banyak bank yang menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum. Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya.
Aplikasi teknologi informasi dalam internet banking akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan produktifitas sekaligus meningkatkan pendapatan melalui sistem penjualan yang jauh lebih efektif daripada bank konvensional. Tanpa adanya aplikasi teknologi informasi dalam internet banking, maka internet banking tidak akan jalan dan dimanfaatkan oleh industri perbankan. Secara umum, dalam penyediaan layanan internet banking, bank memberikan informasi mengenai produk dan jasanya via portal di internet, memberikan akses kepada para nasabah untuk bertransaksi dan meng-update data pribadinya. Adapun persyaratan bisnis dari internet banking antara lain: a). aplikasi mudah digunakan; b). layanan dapat dijangkau dari mana saja; c). murah; d). dapat dipercaya; dan e). dapat diandalkan (reliable). Di Indonesia, internet banking telah diperkenalkan pada konsumen perbankan sejak beberapa tahun lalu. Beberapa bank besar baik BUMN atau swasta Indonesia yang menyediakan layanan tersebut antara lain BCA, Bank Mandiri, BNI, BII, Lippo Bank, Permata Bank dan sebagainya. Internet banking telah memberikan keuntungan kepada pihak bank antara lain:
- Business expansion. Dahulu sebuah bank harus memiliki sebuah kantor cabang untuk beroperasi di tempat tertentu. Kemudian hal ini dipermudah dengan hanya meletakkan mesin ATM sehingga dia dapat hadir di tempat tersebut. Kemudian ada phone banking yang mulai menghilangkan batas fisik dimana nasabah dapat menggunakan telepon untuk melakukan aktivitas perbankannya. Sekarang ada internet banking yang lebih mempermudah lagi karena menghilangkan batas ruang dan waktu.
- Customer loyality. Khususnya nasabah yang sering bergerak (mobile), akan merasa lebih nyaman untuk melakukan aktivitas perbankannya tanpa harus membuka account di bank yang berbeda-beda di berbagai tempat. Dia dapat menggunakan satu bank saja.
- Revenue and cost improvement. Biaya untuk memberikan layanan perbankan melalui Internet Banking dapat lebih murah daripada membuka kantor cabang atau membuat mesin ATM.
- Competitive advantage. Bank yang memiliki internet banking akan memiliki keuntungan dibandingkan dengan bank yang tidak memiliki internet banking. Dalam waktu dekat, orang tidak ingin membuka account di bank yang tidak memiliki fasilitas Internet Banking.
- New business model. Internet Banking memungkinan adanya bisnis model yang baru. Layanan perbankan baru dapat diluncurkan melalui web dengan cepat.
Sumber : wikipedia
Internet marketing atau Pemasaran Internet (online-marketing) adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet. Dengan munculnya teknologi Internet, banyak sekali berkembang istilah baru yang berkaitan dengan istilah Internet marketing atau pemasaran internet.
Kegiatan Internet marketing atau pemasaran Internet umumnya meliputi hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, penyediaaan layanan online, penjualan barang secara online. Internet marketing atau Pemasaran internet ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (Google, Yahoo, Bing, MSN), surat elektronik (e-mail), periklanan lewat e-surat (email marketing), pemasaran afiliasi (affiliate marketing), dll.
Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat, Internet marketing yang berkembang secara online salah satunya adalah dengan media Website. Dengan website ini, proses internet marketing atau pemasaran internet akan dengan mudah dilakukan. Dengan proses yang sederhana ini, internet marketing dengan menggunakan media website akan dapat menghemat waktu dan tenaga bahkan menghemat uang kita. Bayangkan, hanya dengan modal website, seseorang bisa mendapatkan uang secara online dengan mudah dengan jumlah yang banyak pula.
Memang, Internet marketing atau pemasaran internet telah menjadi alternatif peluang usaha online yang bisa dicoba dan diterapkan sebagai usaha sampingan kita. Sekarang muncul pertanyaan, usaha apakah yang akan kita pasarkan di internet? Nah, lo!
Tentunya bukan sembarang pilihan bagi kita untuk memulai bisnis Internet marketing atau pemasaran internet. Banyak hal yang menjadi landasan atau dasar dalam mengambil keputusan untuk memulai bisnis kita di internet.
Sumber : UKMCerdas Online
Menurut Gizmodo.com, Path adalah situs sekaligus aplikasi yang awalnya khusus untuk penggunaiPhone, namun sekarang telah dikembangkan untuk dapat dipakai oleh pengguna Android. Cara kerjanya mirip dengan cara kerja Twitter dan Instagram. Penggunanya dapat secara cepat dan aman mengirimkan foto yang diambil dengan menggunakan kamera iPhone atau smartphonenya, serta tidak terganggu dengan tag dari pihak lain seperti yang sering dialami pengguna Facebook.
Path diciptakan oleh gabungan entrepreneur yang telah berhasil sebelumnya, seperti Dave Morin(mantan karyawan Facebook), Shawn Fanning (pencipta Napster), dan Dustin Mierau (pengembangMac Napster). Setelah mereka menciptakan Path untuk iOS dan Android, kini mereka mengambil ancang-ancang untuk memasuki dunia BlackBerry. Saat ini, Path sudah berhasil mengumpulkan dana untuk pengembangan situs sekaligus aplikasinya sebanyak USD 2.5 juta. Dana tersebut didapat dari banyak pihak, seperti Ron Conway, Index Ventures, First Round Capital, Ashton Kutcher, Kevin Rose, Marc Benioff, Chris Kelly,dan banyak lagi lainnya.
Tampilan Path.com sangat sederhana, dan terkesan bukan seperti sebuah situs melainkan mirip dengan wallpaper untuk layar komputer karena tidak terdapat banyak tulisan ataupun tombol di dalamnya. Di ujung atas kanan hanya terdapat satu tombol kecil untuk login. Di bagian kiri bawah, terdapat tiga panel lain, yaitu dua panel untuk mengakses atau melihat video seputar Path, dan satupanel untuk mengunduh aplikasi ini. Apabila Anda seorang pebisnis, mungkin Path adalah aplikasi sekaligus situs yang sangat cocok bagi Anda, karena komunikasi Anda dengan rekan bisnis akan lebih terpusat tanpa ada gangguan dari pihak lain.
Sumber : merdeka.com
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.
Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang terbaru dan telepon kamera Android apapun dengan sistem operasi 2.2 (Froyo) atau yang terbaru. Aplikasi ini tersebar melalui Apple App Store dan Google Play.
Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar.
Sumber : wikipedia
- Mobile Commerce adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui wireless hand-held devices seperti telepon mobile (telepon seluler), personal data assistans (PDA), mp3 player, kamera digital, handheld gaming devices, dan komputer [Sojen Pradhan, 2003]
- Mobile commerce digambarkan sebagai transaksi apapun dengan nilai moneter yang diselenggarakan via jaringan telekomunikasi mobile [Xiaolin dan Deren, 2003]
- M-Commerce menggunakan mobile handheld devices untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan melakukan transaksi via mobile atau jaringan wireless [Mylini dan Leang, 2002]
- M-Commerce adalah segalanya tentang wireless e-commerce yang mana mobile devices digunakan untuk melakukan bisnis pada Internet [Grosche dan Knospe, 2002]
- Mobile Commerce adalah pertukaran atau pembelian dan penjualan komuditas – komuditas, jasa, atau informasi pada internet dengan menggunakan mobile handheld devices [Chung, dkk, 2003]
- Mobile e-commerce didefinisikan sebagai semua kegiatan yang berhubungan dengan transaksi komersial melalui jaringan komunikasi dengan wireless devices atau mobile [Tarasewich, 2002].
- Penggunaan m-commerce akan meningkatkan produktivitas dengan data berkecepatan tinggi dan mobile system yang hemat biaya [Maharramov, 2005] dan konsumen menggunakan aplikasi m-commerce pada tempat dan situasi yang berbeda [BCG, 2000]
- M-commerce menurut Ericsson (http://www.ericsson.com) adalah jasa transaksi terpercaya melalui mobile devices untuk pertukaran barang dan jasa antara konsumen, pedangang, dan institusi finansial. Jadi selama terjadi transaksi atau perpindahan uang dan perantaraan mobile device maka dapat dikategorikan mobile commerce.
|
World Rank | Universitas | |
1 | 440 | Universitas Gadjah Mada | |
2 | 497 | Institute of Technology Bandung | |
3 | 581 | University of Indonesia | |
4 | 634 | Gunadarma University | |
5 | 722 | Brawijaya University | |
6 | 781 | Diponegoro University | |
7 | 839 | Bogor Agricultural University | |
8 | 848 | Institut Teknologi Sepuluh Nopember | |
9 | 885 | Universitas Padjadjaran | |
10 | 929 | (2) Airlangga University | |
11 | 1020 | Petra Christian University | |
12 | 1045 | Universitas Negeri Malang | |
13 | 1078 | Universitas Sriwijaya | |
14 | 1097 | Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | |
15 | 1108 | Universitas Pendikan Indonesia / Indonesia University of Education | |
16 | 1196 | Universitas Islam Indonesia | |
17 | 1240 | Universitas Sebelas Maret | |
18 | 1277 | Universitas Mercu Buana | |
19 | 1440 | Universitas Muhammadiyah Malang | |
20 | 1481 | Hasanuddin University | |
21 | 1528 | Indonesia University of Computer UNIKOM | |
22 | 1707 | Universitas Negeri Semarang | |
23 | 1720 | Universitas Muhammadiyah Surakarta | |
24 | 1783 | Universitas Esa Unggul (Universitas Indonusa) | |
25 | 1848 | Bina Nusantara BINUS University | |
26 | 1926 | Universitas Udayana | |
27 | 1939 | Yogyakarta State University | |
28 | 1951 | Universitas Sumatera Utara | |
29 | 1985 | Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta | |
30 | 1991 | Universitas Lampung | |
31 | 2000 | Informatics and Computer College Stmik Amikom | |
32 | 2013 | Andalas University | |
33 | 2043 | Universitas Pendidikan Ganesha | |
34 | 2080 | Universitas Jenderal Soedirman | |
35 | 2096 | Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang | |
36 | 2400 | Ahmad Dahlan University | |
37 | 2627 | STISI Telkom | |
38 | 2653 | Universitas Narotama | |
39 | 2768 | Universitas Surabaya | |
40 | 2785 | Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya | |
41 | 2785 | Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta | |
42 | 2809 | Universitas Riau Beranda | |
43 | 2852 | Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta | |
44 | 2875 | Institut Teknologi Nasional | |
45 | 2956 | Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur | |
46 | 2985 | (1) Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya | |
47 | 3002 | Universitas Negeri Surabaya | |
48 | 3012 | Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel | |
49 | 3045 | Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia | |
50 | 3115 | Universitas Syiah Kuala | |
51 | 3140 | Universitas Negeri Padang | |
52 | 3182 | Universitas Nusa Cendana | |
53 | 3200 | Maranatha Christian University | |
54 | 3236 | Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta | |
55 | 3266 | Universitas Dian Nuswantoro | |
56 | 3310 | Politeknik Negeri Malang | |
57 | 3311 | Duta Wacana Christian University | |
58 | 3360 | Universitas Negeri Papua | |
59 | 3364 | STIKOM Surabaya | |
60 | 3366 | Universitas Hang Tuah | |
61 | 3424 | Universitas Katolik Parahyangan | |
62 | 3425 | (1) Universitas Tarumanagara | |
63 | 3450 | Institut Sains & Teknologi Akprind | |
64 | 3544 | Universitas Terbuka | |
65 | 3700 | Institut Teknologi Telkom (Sekolah Tinggi Teknologi Telkom) | |
66 | 3759 | Universitas Negeri Makassar | |
67 | 4036 | Universitas Trisakti | |
68 | 4044 | ISI Denpasar | |
69 | 4096 | Universitas Sam Ratulangi | |
70 | 4173 | Universitas Kristen Satya Wacana | |
71 | 4358 | Universitas Bengkulu | |
72 | 4370 | Telkom Institute of Management | |
73 | 4419 | Universitas Negeri Gorontalo | |
74 | 4419 | STMIK MDP & STIE MDP | |
75 | 4463 | Universitas Jember | |
76 | 4535 | Universitas Pasundan | |
77 | 4602 | Universitas Islam Bandung | |
78 | 4651 | Universitas Muslim Indonesia | |
79 | 4780 | Universitas Bina Darma | |
80 | 4832 | Universitas Katolik Soegijapranata | |
81 | 4836 | Politeknik Telkom | |
82 | 4862 | Universitas Kuningan | |
83 | 4919 | Widya Manadala Catholic University | |
84 | 4922 | Universitas Tadulako | |
85 | 4935 | Universitas Pancasila | |
86 | 5010 | Islamic University of Sultan Agung | |
87 | 5072 | Universitas Muhammadiyah Semarang | |
88 | 5130 | Universitas Tanjungpura | |
89 | 5150 | Atma Jaya Yogyakarta University | |
90 | 5150 | Universitas Darussalam Ambon | |
91 | 5166 | Universitas Negeri Jakarta | |
92 | 5211 | Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta | |
93 | 5265 | Universitas Negeri Medan | |
94 | 5375 | Universitas Stikubank Semarang | |
95 | 5413 | Universitas Lambung Mangkurat | |
96 | 5485 | Universitas Pelita Harapan | |
97 | 5629 | Universitas Paramadina | |
98 | 5724 | Universitas Jambi | |
99 | 5834 | Universitas Sanata Dharma | |
100 | 5921 | Muria Kudus University |
Pengumuman Hasil Nilai Akhir Semester Ganjil 2012/2013 untuk matakuliah yang saya asuh ;
- Komputer Dasar (Psikologi)
- Komputer 1 (FKIP)
- Teknik Multimedia (Sistim Informasi)
- Pengembangan Aplikasi WEB (Manajemen Informatika)
- Pengantar Pemrograman Web (Manajemen Informatika)
Terima Kasih
Setelah lama menunggu akhirnya keluar juga pengumuman yang di tunggu-tunggu ini.
Terima Kasih.
Cyber bullying adalah perilaku anti-sosial yang melecehkan ataupun merendahkan seseorang, kebanyakan menimpa anak-anak dan remaja, baik yang dilakukan secara online atau melalui telepon seluler.
Cyber bullying dapat melalui media SMS, email, instant messaging (IM), blog, jejaring social (misalnya : facebook atau twitter), atau halaman web untuk mengganggu, mempermalukan dan mengintimidasi seseorang. Bentuknya bermacam-macam, misalnya menyebarkan gosip, berita atau isu palsu, memposting foto-foto memalukan, pelecehan seksual, ancaman hingga tindakan yang berujung pemerasan.
Dari hasil survey, muncul data bahwa 24,6% remaja mengalami kasus bullying via ponsel, sedangkan 29% mengalaminya di internet. Sebagian kasus ini terjadi di tahun pertama sekolah. Oleh karena itu peringatan terhadap para remaja akan aksi ini sangatlah penting karena terkadang mereka sendiri merasa cuek-cuek saja, tidak sadar bahwa aksi ini sebenarnya berdampak negatif pada diri mereka sendiri.
Ada beberapa contoh kasus yang pernah terjadi, diantaranya seperti yang terjadi pada salah satu milis komunitas perempuan. Ada salah satu anggota milis tersebut yang menjadi korban kaget saat tahu nama dan nomor ponselnya masuk dalam daftar kontak “wanita nakal siap dihubungi” disebuah halaman internet. Nasib yang sama ternyata juga menimpa anggota milis wanita lainya. Ternyata, data pribadi yang mereka suplai untuk kepentingan milis telah dicuri dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang disini biasa kita sebut sebagai pelaku cyber-bullying. Dari kejadian ini membuat kedua wanita tersebut trauma setiap kali mendengar dering ponselnya sendiri dan sering kali ponsel mereka berdering pada tengah malam.
Tags: Tanya-Jawab