Zanial Mazalisa on July 5th, 2013

Seiring bertambahnya jumlah pengguna internet di dunia, para pengembang website pun semakin kreatif dalam membuat websitenya. Sebelum kita belajar lebih banyak tentang cara pembuatan website maupun internet marketing, mari kita terlebih dahulu mengenal jenis-jenis website. Ayo kita mulai.

Jenis-jenis website berdasarkan sifatnya adalah:

  1. Website Dinamis, merupakan website yang contentnya dapat berubah setiap saat. Contoh dari website dinamis ini antara lain adalah wikipedia, detik, tokobagus dan blog tentang internet marketing  ini. Faktor utama yang membuat sebuah web menjadi dinamis adalah Content Management System. Dengan adanya CMS ini, siapapun yang memiliki akses ke administrator website dapat mengupdate contentnya dengan sangat mudah.
  2. Website Statis, merupakan website yang jarang sekali dirubah karena memang tidak diperlukan perubahan yang sangat sering. Contohnya adalah website company profile dan website profil organisasi. Website statis seringkali juga berfungsi hanya sebagai brosur atau kartu nama digital perusahaan.

Selain sifat, biasanya jenis website juga dibedakan berdasarkan fungsi utamanya. Selanjutnya dibawah ini adalah jenis-jenis website apabila dibedakan berdasarkan fungsinya:

  1. Search Engine.
    Website Search Engine adalah website yang menyediakan layanan mesin pencari. Fungsi dari website ini adalah sebagai pencari website lain. Contohnya adalah Google, dan Yahoo!.
  2. Blog.
    Blog ini bisa dibilang catatan harian dari pemilik website. Isi yang tercantum di website blog atau weblog ini biasanya berupa cerita atau pemikiran-pemikiran. Fungsi dari website blog adalah publikasi artikel / content yang berfokus pada manajemen artikel. Contohnya adalah blog tentang internet marketing ini.
  3. Networking.
    Contoh dari website networking ini adalah facebook dan twitter, dimana website menyediakan fasilitas untuk para member agar dapat berinteraksi dengan member yang lain.
  4. Forum.
    Website forum sebenarnya mirip dengan website networking, namun lebih berfokus pada kemampuan para member untuk berdiskusi maupun bertukar informasi dan pemikiran. Website forum yang terbesar di Indonesia saat ini adalah kaskus.
  5. Berita.
    Website berita berfungsi untuk mengelola dan mempublikasikan berita kepada para pengunjung di internet. Website berita yang paling banyak pengunjungnya di Indonesia sekarang ini adalah detik.
  6. Gallery.
    Fungsi dari website gallery adalah menyediakan fasilitas publikasi foto dan gambar secara online, mengelolanya, kemudian mempublikasikannya. Contoh website gallery adalah picasa.
  7. Multimedia.
    Siapa yang tidak tahu Youtube? Itulah contoh website multimedia, dimana kita dapat melakukan streaming untuk video, maupun audio tanpa mengunduhnya terlebih dahulu. Untuk mengakses website multimedia akan diperlukan internet dengan kecepatan koneksi yang cukup tinggi.
  8. E-Learning.
    Biasanya website e-learning dimanfaatkan oleh organisasi pendidikan untuk menyediakan fasilitas belajar melalui internet. Pembelajaran dapat menjadi interaktif dengan adanya website e-learning ini. Contoh website e-learning adalah website-website universitas.
  9. E-Commerce.
    Website E-Commerce adalah yang paling boom-ing sekarang ini. Website jenis E-Commerce berperan sebagai toko virtual dimana para pengunjung dapat melakukan aktivitas dimulai dari melihat-lihat hingga membeli barang yang mereka inginkan. Contoh website E-Commerce yang paling terkenal adalah E-Bay.

Sebenarnya masih banyak sekali jenis-jenis website yang bisa kita dapatkan, namun menurut saya 2 kategori di atas adalah yang paling umum dan mudah dimengerti.

Sumber : http://www.mattjunior.com

Bagikan dengan :
Share this page via Facebook Share this page via Twitter
Zanial Mazalisa on July 1st, 2013

Bagi sebagian orang mungkin sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan kata Gratifikasi. Tapi Saya lebih senang menafsirkan kata tersebut dengan kata yang mendefinisikan sesuatu yang berarti “gratis di kasih”.

Gratifikasi menurut kamus hukum berasal dari Bahasa Belanda, “Gratificatie” , atau Bahasa Inggrisnya “Gratification” yang diartikan hadiah uang.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI,1998) Gratifikasi diartikan pemberian hadiah uang kepada pegawai di luar gaji yang telah ditentukan.

Menurut UU No.31 Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Penjelasan Pasal 12 b ayat (1), Gratifikasi adalah Pemberian dalam arti luas, yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya.

Gratifikasi tersebut baik yang diterima di dalam negeri maupun di luar negeri dan yang dilakukan dengan menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik.

Ada beberapa contoh penerimaan gratifikasi, diantaranya yakni:

  • Seorang pejabat negara menerima “uang terima kasih” dari pemenang lelang;
  • Suami/Istri/anak pejabat memperoleh voucher belanja dan tiket tamasya ke luar negeri dari mitra bisnis istrinya/suaminya;
  • Seorang pejabat yang baru diangkat memperoleh mobil sebagai tanda perkenalan dari pelaku usaha di wilayahnya;
  • Seorang petugas perijinan memperoleh uang “terima kasih” dari pemohon ijin yang sudah dilayani.
  • Pemberian bantuan fasilitas kepada pejabat Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif tertentu, seperti: Bantuan Perjalanan + penginapan, Honor-honor yang tinggi kepada pejabat-pejabat walaupun dituangkan dalam SK yang resmi), Memberikan fasilitas Olah Raga (misal, Golf, dll); Memberikan hadiah pada event-event tertentu (misal, bingkisan hari raya, pernikahan, khitanan, dll).

Pemberian gratifikasi tersebut umumnya banyak memanfaatkan momen-momen ataupun peristawa-peristiwa yang cukup baik, seperti : Pada hari-hari besar keagamaan (hadiah hari raya tertentu), hadiah perkawinan, hari ulang tahun, keuntungan bisnis, dan pengaruh jabatan.

Dengan berdalih “sekedar bantuan”, “ikhlas”, “tanpa pamrih”, “rasa simpatik”, dll, gratifikasi ini memang sangat mudah untuk disamarkan dan dibalut cantik dengan hal-hal demikian. Hingga pada akhirnya terucap kata “terima kasih karena sudah dibantu”, “lumayan gratis di kasih..”

Sumber: KomunitasAntiKorupsi

Bagikan dengan :
Share this page via Facebook Share this page via Twitter
Zanial Mazalisa on June 27th, 2013

Perbankan Elekronik (E-banking) yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Dari waktu ke waktu, makin banyak bank yang menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum. Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya.

Aplikasi teknologi informasi dalam internet banking akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan produktifitas sekaligus meningkatkan pendapatan melalui sistem penjualan yang jauh lebih efektif daripada bank konvensional. Tanpa adanya aplikasi teknologi informasi dalam internet banking, maka internet banking tidak akan jalan dan dimanfaatkan oleh industri perbankan. Secara umum, dalam penyediaan layanan internet banking, bank memberikan informasi mengenai produk dan jasanya via portal di internet, memberikan akses kepada para nasabah untuk bertransaksi dan meng-update data pribadinya. Adapun persyaratan bisnis dari internet banking antara lain: a). aplikasi mudah digunakan; b). layanan dapat dijangkau dari mana saja; c). murah; d). dapat dipercaya; dan e). dapat diandalkan (reliable). Di Indonesia, internet banking telah diperkenalkan pada konsumen perbankan sejak beberapa tahun lalu. Beberapa bank besar baik BUMN atau swasta Indonesia yang menyediakan layanan tersebut antara lain BCA, Bank Mandiri, BNI, BII, Lippo Bank, Permata Bank dan sebagainya. Internet banking telah memberikan keuntungan kepada pihak bank antara lain:

  • Business expansion. Dahulu sebuah bank harus memiliki sebuah kantor cabang untuk beroperasi di tempat tertentu. Kemudian hal ini dipermudah dengan hanya meletakkan mesin ATM sehingga dia dapat hadir di tempat tersebut. Kemudian ada phone banking yang mulai menghilangkan batas fisik dimana nasabah dapat menggunakan telepon untuk melakukan aktivitas perbankannya. Sekarang ada internet banking yang lebih mempermudah lagi karena menghilangkan batas ruang dan waktu.
  • Customer loyality. Khususnya nasabah yang sering bergerak (mobile), akan merasa lebih nyaman untuk melakukan aktivitas perbankannya tanpa harus membuka account di bank yang berbeda-beda di berbagai tempat. Dia dapat menggunakan satu bank saja.
  • Revenue and cost improvement. Biaya untuk memberikan layanan perbankan melalui Internet Banking dapat lebih murah daripada membuka kantor cabang atau membuat mesin ATM.
  • Competitive advantage. Bank yang memiliki internet banking akan memiliki keuntungan dibandingkan dengan bank yang tidak memiliki internet banking. Dalam waktu dekat, orang tidak ingin membuka account di bank yang tidak memiliki fasilitas Internet Banking.
  • New business model. Internet Banking memungkinan adanya bisnis model yang baru. Layanan perbankan baru dapat diluncurkan melalui web dengan cepat.

Sumber : wikipedia

Bagikan dengan :
Share this page via Facebook Share this page via Twitter
Zanial Mazalisa on June 27th, 2013

Internet marketing atau Pemasaran Internet (online-marketing) adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet. Dengan munculnya teknologi Internet, banyak sekali berkembang istilah baru yang berkaitan dengan istilah Internet marketing atau pemasaran internet.

Kegiatan Internet marketing atau pemasaran Internet umumnya meliputi hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, penyediaaan layanan online, penjualan barang secara online. Internet marketing atau Pemasaran internet ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (Google, Yahoo, Bing, MSN), surat elektronik (e-mail), periklanan lewat e-surat (email marketing), pemasaran afiliasi (affiliate marketing), dll.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat, Internet marketing yang berkembang secara online salah satunya adalah dengan media Website. Dengan website ini, proses internet marketing atau pemasaran internet akan dengan mudah dilakukan. Dengan proses yang sederhana ini, internet marketing dengan menggunakan media website akan dapat menghemat waktu dan tenaga bahkan menghemat uang kita. Bayangkan, hanya dengan modal website, seseorang bisa mendapatkan uang secara online dengan mudah dengan jumlah yang banyak pula.

Memang, Internet marketing atau pemasaran internet telah menjadi alternatif peluang usaha online yang bisa dicoba dan diterapkan sebagai usaha sampingan kita. Sekarang muncul pertanyaan, usaha apakah yang akan kita pasarkan di internet? Nah, lo!
Tentunya bukan sembarang pilihan bagi kita untuk memulai bisnis Internet marketing atau pemasaran internet. Banyak hal yang menjadi landasan atau dasar dalam mengambil keputusan untuk memulai bisnis kita di internet.

Sumber : UKMCerdas Online

Bagikan dengan :
Share this page via Facebook Share this page via Twitter
Zanial Mazalisa on June 20th, 2013

Menurut Gizmodo.comPath adalah situs sekaligus aplikasi yang awalnya khusus untuk penggunaiPhone, namun sekarang telah dikembangkan untuk dapat dipakai oleh pengguna Android. Cara kerjanya mirip dengan cara kerja Twitter dan Instagram. Penggunanya dapat secara cepat dan aman mengirimkan foto yang diambil dengan menggunakan kamera iPhone atau smartphonenya, serta tidak terganggu dengan tag dari pihak lain seperti yang sering dialami pengguna Facebook.

Path diciptakan oleh gabungan entrepreneur yang telah berhasil sebelumnya, seperti Dave Morin(mantan karyawan Facebook), Shawn Fanning (pencipta Napster), dan Dustin Mierau (pengembangMac Napster). Setelah mereka menciptakan Path untuk iOS dan Android, kini mereka mengambil ancang-ancang untuk memasuki dunia BlackBerry. Saat ini, Path sudah berhasil mengumpulkan dana untuk pengembangan situs sekaligus aplikasinya sebanyak USD 2.5 juta. Dana tersebut didapat dari banyak pihak, seperti Ron Conway, Index Ventures, First Round Capital, Ashton Kutcher, Kevin Rose, Marc Benioff, Chris Kelly,dan banyak lagi lainnya.

Tampilan Path.com sangat sederhana, dan terkesan bukan seperti sebuah situs melainkan mirip dengan wallpaper untuk layar komputer karena tidak terdapat banyak tulisan ataupun tombol di dalamnya. Di ujung atas kanan hanya terdapat satu tombol kecil untuk login. Di bagian kiri bawah, terdapat tiga panel lain, yaitu dua panel untuk mengakses atau melihat video seputar Path, dan satupanel untuk mengunduh aplikasi ini. Apabila Anda seorang pebisnis, mungkin Path adalah aplikasi sekaligus situs yang sangat cocok bagi Anda, karena komunikasi Anda dengan rekan bisnis akan lebih terpusat tanpa ada gangguan dari pihak lain.

Sumber : merdeka.com

Bagikan dengan :
Share this page via Facebook Share this page via Twitter
Zanial Mazalisa on June 20th, 2013

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.

Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang terbaru dan telepon kamera Android apapun dengan sistem operasi 2.2 (Froyo) atau yang terbaru. Aplikasi ini tersebar melalui Apple App Store dan Google Play.
Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar.

Sumber : wikipedia

Bagikan dengan :
Share this page via Facebook Share this page via Twitter
Zanial Mazalisa on March 20th, 2013
  • Mobile Commerce adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui wireless hand-held devices seperti telepon mobile (telepon seluler), personal data assistans (PDA), mp3 player, kamera digital, handheld gaming devices, dan komputer [Sojen Pradhan, 2003]
  • Mobile commerce digambarkan sebagai transaksi apapun dengan nilai moneter yang diselenggarakan via jaringan telekomunikasi mobile [Xiaolin dan Deren, 2003]
  • M-Commerce menggunakan mobile handheld devices untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan melakukan transaksi via mobile atau jaringan wireless [Mylini dan Leang, 2002]
  • M-Commerce adalah segalanya tentang wireless e-commerce yang mana mobile devices digunakan untuk melakukan bisnis pada Internet [Grosche dan Knospe, 2002]
  • Mobile Commerce adalah pertukaran atau pembelian dan penjualan komuditas – komuditas, jasa, atau informasi pada internet dengan menggunakan mobile handheld devices [Chung, dkk, 2003]
  • Mobile e-commerce didefinisikan sebagai semua kegiatan yang berhubungan dengan transaksi komersial melalui jaringan komunikasi dengan wireless devices atau mobile [Tarasewich, 2002].
  • Penggunaan m-commerce akan meningkatkan produktivitas dengan data berkecepatan tinggi dan mobile system yang hemat biaya [Maharramov, 2005] dan konsumen menggunakan aplikasi m-commerce pada tempat dan situasi yang berbeda [BCG, 2000]
  • M-commerce menurut Ericsson (http://www.ericsson.com) adalah jasa transaksi terpercaya melalui mobile devices untuk pertukaran barang dan jasa antara konsumen, pedangang, dan institusi finansial. Jadi selama terjadi transaksi atau perpindahan uang dan perantaraan mobile device maka dapat dikategorikan mobile commerce.
Bagikan dengan :
Share this page via Facebook Share this page via Twitter
Zanial Mazalisa on February 6th, 2013
Ranking
World Rank Universitas
1 440 Universitas Gadjah Mada
2 497 Institute of Technology Bandung
3 581 University of Indonesia
4 634 Gunadarma University
5 722 Brawijaya University
6 781 Diponegoro University
7 839 Bogor Agricultural University
8 848 Institut Teknologi Sepuluh Nopember
9 885 Universitas Padjadjaran
10 929 (2) Airlangga University
11 1020 Petra Christian University
12 1045 Universitas Negeri Malang
13 1078 Universitas Sriwijaya
14 1097 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
15 1108 Universitas Pendikan Indonesia / Indonesia University of Education
16 1196 Universitas Islam Indonesia
17 1240 Universitas Sebelas Maret
18 1277 Universitas Mercu Buana
19 1440 Universitas Muhammadiyah Malang
20 1481 Hasanuddin University
21 1528 Indonesia University of Computer UNIKOM
22 1707 Universitas Negeri Semarang
23 1720 Universitas Muhammadiyah Surakarta
24 1783 Universitas Esa Unggul (Universitas Indonusa)
25 1848 Bina Nusantara BINUS University
26 1926 Universitas Udayana
27 1939 Yogyakarta State University
28 1951 Universitas Sumatera Utara
29 1985 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta
30 1991 Universitas Lampung
31 2000 Informatics and Computer College Stmik Amikom
32 2013 Andalas University
33 2043 Universitas Pendidikan Ganesha
34 2080 Universitas Jenderal Soedirman
35 2096 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
36 2400 Ahmad Dahlan University
37 2627 STISI Telkom
38 2653 Universitas Narotama
39 2768 Universitas Surabaya
40 2785 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
41 2785 Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta
42 2809 Universitas Riau Beranda
43 2852 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
44 2875 Institut Teknologi Nasional
45 2956 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
46 2985 (1) Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya
47 3002 Universitas Negeri Surabaya
48 3012 Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel
49 3045 Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia
50 3115 Universitas Syiah Kuala
51 3140 Universitas Negeri Padang
52 3182 Universitas Nusa Cendana
53 3200 Maranatha Christian University
54 3236 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
55 3266 Universitas Dian Nuswantoro
56 3310 Politeknik Negeri Malang
57 3311 Duta Wacana Christian University
58 3360 Universitas Negeri Papua
59 3364 STIKOM Surabaya
60 3366 Universitas Hang Tuah
61 3424 Universitas Katolik Parahyangan
62 3425 (1) Universitas Tarumanagara
63 3450 Institut Sains & Teknologi Akprind
64 3544 Universitas Terbuka
65 3700 Institut Teknologi Telkom (Sekolah Tinggi Teknologi Telkom)
66 3759 Universitas Negeri Makassar
67 4036 Universitas Trisakti
68 4044 ISI Denpasar
69 4096 Universitas Sam Ratulangi
70 4173 Universitas Kristen Satya Wacana
71 4358 Universitas Bengkulu
72 4370 Telkom Institute of Management
73 4419 Universitas Negeri Gorontalo
74 4419 STMIK MDP & STIE MDP
75 4463 Universitas Jember
76 4535 Universitas Pasundan
77 4602 Universitas Islam Bandung
78 4651 Universitas Muslim Indonesia
79 4780 Universitas Bina Darma
80 4832 Universitas Katolik Soegijapranata
81 4836 Politeknik Telkom
82 4862 Universitas Kuningan
83 4919 Widya Manadala Catholic University
84 4922 Universitas Tadulako
85 4935 Universitas Pancasila
86 5010 Islamic University of Sultan Agung
87 5072 Universitas Muhammadiyah Semarang
88 5130 Universitas Tanjungpura
89 5150 Atma Jaya Yogyakarta University
90 5150 Universitas Darussalam Ambon
91 5166 Universitas Negeri Jakarta
92 5211 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
93 5265 Universitas Negeri Medan
94 5375 Universitas Stikubank Semarang
95 5413 Universitas Lambung Mangkurat
96 5485 Universitas Pelita Harapan
97 5629 Universitas Paramadina
98 5724 Universitas Jambi
99 5834 Universitas Sanata Dharma
100 5921 Muria Kudus University
Bagikan dengan :
Share this page via Facebook Share this page via Twitter
Zanial Mazalisa on January 12th, 2013

Pengumuman Hasil Nilai Akhir Semester Ganjil 2012/2013 untuk matakuliah yang saya asuh ;

  1. Komputer Dasar (Psikologi)
  2. Komputer 1 (FKIP)
  3. Teknik Multimedia (Sistim Informasi)
  4. Pengembangan Aplikasi WEB (Manajemen Informatika)
  5. Pengantar Pemrograman Web (Manajemen Informatika)

Terima Kasih

Bagikan dengan :
Share this page via Facebook Share this page via Twitter
Zanial Mazalisa on December 25th, 2012

Sebenarnya ini teknik Refleksi tapi dalam poto ini objek ini justru hasil refleksi yang dijadikan objek poto hingga jadilah sebuah poto seperti ini.

Bagikan dengan :
Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Tags: ,

Zanial Mazalisa on December 22nd, 2012

Setelah lama menunggu akhirnya keluar juga pengumuman yang di tunggu-tunggu ini.

Serdos Gelombang 3, 2012

Serdos Gelombang 4, 2012

Terima Kasih.

Bagikan dengan :
Share this page via Facebook Share this page via Twitter
Zanial Mazalisa on December 20th, 2012

Cyber bullying adalah perilaku anti-sosial yang melecehkan ataupun merendahkan seseorang, kebanyakan menimpa anak-anak dan remaja, baik yang dilakukan secara online atau melalui telepon seluler.

Cyber bullying dapat melalui media SMS, email, instant messaging (IM), blog, jejaring social (misalnya :  facebook atau twitter), atau halaman web untuk mengganggu, mempermalukan dan mengintimidasi seseorang. Bentuknya bermacam-macam, misalnya menyebarkan gosip, berita atau isu palsu, memposting foto-foto memalukan, pelecehan seksual, ancaman hingga tindakan yang berujung pemerasan.

Dari hasil survey, muncul data bahwa 24,6% remaja mengalami kasus bullying via ponsel, sedangkan 29% mengalaminya di internet. Sebagian kasus ini terjadi di tahun pertama sekolah. Oleh karena itu peringatan terhadap para remaja akan aksi ini sangatlah penting karena terkadang mereka sendiri merasa cuek-cuek saja, tidak sadar bahwa aksi ini sebenarnya berdampak negatif pada diri mereka sendiri.

Ada beberapa contoh kasus yang pernah terjadi, diantaranya seperti yang terjadi pada salah satu milis komunitas perempuan. Ada salah satu anggota milis tersebut yang menjadi korban kaget saat tahu nama dan nomor ponselnya masuk dalam daftar kontak “wanita nakal siap dihubungi” disebuah halaman internet. Nasib yang sama ternyata juga menimpa anggota milis wanita lainya. Ternyata, data pribadi yang mereka suplai untuk kepentingan milis telah dicuri dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang disini biasa kita sebut sebagai pelaku cyber-bullying. Dari kejadian ini membuat kedua wanita tersebut trauma setiap kali mendengar dering ponselnya sendiri dan sering kali ponsel mereka berdering pada tengah malam.

Bagikan dengan :
Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Tags: