Array di php

Array merupakan sekumpulan elemen data yang memiliki tipe yang sama. Di dalam array data tersimpan dengan menggunakan index sebagai penanda, hal ini untuk memudahkan pencarian kembali data tersebut. Data dalam suatu array disebut elemen-elemen array. Semua elemen array yang tersimpan mempunyai tipe data yang sama. Array dapat berdimensi satu atau lebih (multidimensi).

Untuk mendefinisikan array ada 2 cara yaitu

  1. Mendefinisikan array dengan fungsi array

Contoh :

<?php

$nilai=array(1,2,5,3);

print_r($nilai);

?>

Fungsi print_r digunakan untuk menampilkan struktur nilai array.

pada contoh kasus ini, server yang digunakan untuk menjalankan php adalah apache yang dibundle dalam phptriad.

Sekarang simpan file tersebut di drive c:\apache\htdocs\contohphp\vararray.php. Buka browser anda dan jalankan ‘http://localhost/contohphp/vararray.php’. Maka pada browser anda akan tampil seperti ini:

2.  Mendefinisikan array secara langsung dengan menuliskan nomor elemen array

<?php

$nilai[5]=1;

$nilai[6]=2;

$nilai[2]=5;

$nilai[3]=3;

print_r($nilai);

?>

Sekarang simpan file tersebut di drive c:\apache\htdocs\contohphp\vararray1.php. Buka browser anda dan jalankan ‘http://localhost/contohphp/vararray1.php’. Maka pada browser anda akan … Read the rest

Instalasi Android di eclipse Juno

Android saat ini sangat berkembang pesat, Salah satu yang membuat android berkembang sedemikian pesat adalah karena Software Development Kit (SDK) android untuk pengembangan aplikasi android adalah bahasa yang sudah sangat populer dan merupakan bahasa yang sifatnya open Source yaitu java. Kemudahan Pengembangan dan porting yang dapat dilakukan dari bahasa java ke android membuat android semakin populer dan terus berkembang pesat. Saat ini Android telah mencapai versi 16 untuk API, 4.1.1 untuk platform atau Jelly Bean untuk version code. Kemudahan pengembangan Aplikasi android ini sebenarnya didukung oleh adanya Software pendukung untuk membuat aplikasi android. eclipse merupakan salah satu Interface Development Environment(IDE) yang sangat populer untuk mengembangkan aplikasi android.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk meng-install android di eclipse :

  1. Instalasi eclipse IDE
  2. Download Android SDK di http://developer.android.com/sdk/index.html
    kemudian pilih SDK yang sesuai dengan sistem operasi komputer yang akan di install. Selajutnya Install Android SDK di komputer anda. Ada dua
Read the rest

Javascript syntax (Lanjutan 2)

7. Variabel

JavaScript merupakan bahasa script yang tidak perlu deklarasi variabel, karena setiap nilai secara otomatis akan di kenal oleh JavaScript sesuai dengan maksud dari data tersebut.

7.1 Penentuan tipe data

JavaScript merupakan bahasa script yang tidak mengenal penentuan tipe data. Berarti variabel dengan sendirinya akan ditentukan type datanya yang valid untuk data yang didefinsikan pada variable tersebut.

Contoh : var Nilai; // variabel nilai belum didefinisikan tipe datanya Nilai=10; // variabel nilai didefinisikan sebagai numerik Nilai=”sepuluh”; // variabel nilai didefinisikan sebagai string Nilai=10.0 // variabel nilai didefinisikan sebagai nilai pecahan

Read the rest

Javascript syntax (Lanjutan 1)

4. Komentar

Komentar adalah teks yang ditulis di dalam kode program tetapi diabaikan oleh compiler. Komentar digunakan sebagai catatan bagi orang yang membuat program mengenai aspek penting dari kode yang digunakan.

Penulisan komentar pada JavaScript ada 3 macam yaitu :

  1. Penulisan dengan tanda (//)
  2. Penulisan dengan tanda (/*) untuk awal komentar dan (*/) untuk penutup akhir komentar
  3. Penulisan dengan tanda (<!– ) untuk awal komentar dan (–> ) untuk penutup akhir komentar

Contoh : /* Program ini merupakan program untuk Melihat hasil perhitungan dengan operator penjumlahan */ var x=10; // inisialisai variabel x dengan nilai 10 var y=10+x; <!-- Y=10+10=20 -->

5. Aturan Penulisan data

JavaScript mempunyai aturan penulisan data untuk nilai dan string, jika data nilai maka data ditulis tanpa tanda tertentu, tetapi jika nilai String maka data harus ditulis diantara tanda (“) atau (‘)

Contoh : Nilai=120; //data nilai Nama=”Afriyudi”; // data String Alamat=’Plaju’; // data String

6.

Read the rest

Mysql Tunneling dengan putty

Persyaratan yang semestinya ada untuk memungkinkan tunneling terjadi adalah

1. Server mysql

2. ssh server terinstall di dalam server mysql

3. buat user khusus untuk bisa mengakases ssh server

 

berikut ini langkah-langkah untuk melakukan tunneling

1. panggil putty dari client (sebelumnya download dulu putty). sebagai catatan client bisa mengunakan sistem operasi window ataupun linux. jika linux maka gunakan wine untuk bisa menjalankan aplikasi putty

Pilih menu Connection->SSH->Tunnels, kemudian isikan Source port dengan port mysql server (3306), dan destination dengan ip local dan portnya (localhost:3306),

Kemudian klik add

Kemudian pilih menu session, kemudian ketikkan hostname tujuan (misalnya server mysql berada di alamat ip 10.10.5.23)

 

Kemudian klik open

Ketikkan user dan password

selanjutnya, jika berhasil masuk maka proses tunneling telah berhasil sehingga kita siap koneksi dengan mysql server dengan aman karena di enkripsi oleh ssh server saluran komunikasinya.

Kemudian jalankan mysql browser

Masukkan server host (localhost) port (3306) username … Read the rest

Javascript syntax (Lanjutan)

3. Semi-colon/titik koma ( ; )

Seluruh statement JavaScript pada akhir statementnya menggunakan semi-colon( ; ). Untuk itu harus hati-hati dalam penempatan ( ; ), karena akan berbeda artinya.

Contoh :

 function tambah(x,y) { return x + y; } 

Beda dengan

 function tambah(x,y) { return; x + y; } 

contoh pertama dan kedua jika fungsi tambah digunakan, misalnya x diberi nilai 3 dan y diberi nilai 4 maka output yang dihasilkan adalah fungsi pertama akan menghasilkan nilai 7 dan fungsi kedua menghasilkan nilai kosong… Read the rest

Java Selayang pandang

Sejarah JAVA

James Gosling dari Sun pada bulan Agustus 1991 telah mengimplementasikan suatu bahasa rancangannya sendiri yang di namai “Oak” (diambil dari nama pohon yang dapat dilihat dari jendela kantornya) beserta sebuah tim(Patrick Naughton, Mike Sheriden, Bill Joy dan 9 programmer lainnya) yang disebut “green team” . Bahasa ini pada awalnya dirancang untuk membuat aplikasi komputer disetiap rumah yang dapat dikontrol melalui beberapa komputer yang berbeda. Tetapi karena tidak ada yang menggunakan aplikasi ini, kemudian bahasa ini di desain ulang untuk TV kabel. Tetapi project ini kemudian gagal kembali karena perusahaan TV kabel lebih memilih pengembang sistem yang lain. Sampai dengan tahun 1994, ketika teknologi Internet menjadi sangat populer. bahasa pemrograman ini di bubuhi “Internet” menjadi “Oak Internet” program ini mulai di kenal. Kemudian pada bulan Januari 1995 bahasa pemrograman tersebut diganti dengan nama “JAVA” dengan translator, pustaka kunci dan sebuah browser web (Netscape … Read the rest

Javascript syntax

Setiap bahasa pemrograman mempunyai syntax sendiri-sendiri, Syntax adalah aturan yang didefinisikan untuk pengkodean program untuk menjalankan tugas tertentu. Jika berbicara tentang Syntax maka kita pasti berbicara tentang tata bahasa dan struktur bahasa. Tata bahasa dan struktur bahasa merupakan komponen utama untuk memahami statement. JavaScript mengenal 2 macam statement yaitu Statement sederhana dan Statement komplek(statement yang mempunyai banyak macam perintah yang didefinisikan).

 Contoh :


x= y + z; // statement sederhana 

if(nilai>65) { hasil=”lulus”;} // statement komplek 

jika statement dijalankan dalam suatu kelompok perintah tertentu maka statement ini dinamakan fungsi.

1. Case Sensitive

Seperti pernah disinggung pada selayang pandang bahwa JavaScript merupakan bahasa yang meniru bahasa java, awak dan perl. Oleh sebab itu maka JavaScript menganut tata bahasa dari ketiga bahasa tersebut. Salah satu tata bahasa yang dianut adalah case sensitive, artinya JavaScript membedakan antara huruf besar maupun huruf kecil. Misalkan perintah while adalah perintah yang benar, akan menjadi salah jika Read the rest

Elemen Dasar Javascript

JavaScript adalah bahasa yang di buat khusus dijalankan disisi client, oleh sebab itu kode yang di buat di gabungkan kedalam struktur file HTML.

Melihat struktur file HTML di atas, maka JavaScript bisa di sisipkan dimana saja yaitu di antara <HEAD> dan </HEAD>, <BODY> dan </BODY>, atau di luar dari pasangan <HEAD> dan <BODY>.

Penyisipan JavaScript dapat dilakukan dengan menambahkan kode :

 <script type="text/javascript"> Perintah JavaScript </script> 

Berikut ini di berikan contoh penggunaan JavaScript pada file HTML :

Nama file : contoh41.html

 

 <html>
<head>
<script type="text/javascript">
function cetak(kata)
{ document.write(kata); }
</script>
</head> <body>
<script type="text/javascript">
cetak("Hallo apa kabar");
var nama="Afriyudi";
</script>
</body>
<script type="text/javascript">
cetak("Hallo "+nama+" apa kabar");
</script>
</html>

 

Kemudian copykan file contoh41.html ke server local dan lihat hasilnya di browser dengan mengetikkan alamat http://localhost/source/contoh41.html.

 

download articleRead the rest

Mysql Tunneling di ubuntu

Koneksi mysql melalui port 3306 di jaringan sangatlah tidak aman, kalau di tangkap dengan wireshark maka segala data koneksi akan bisa dilihat dengan mata telanjang. ada beberapa teknik yang bisa dilakukan agar data koneksi yang dikirim lewat jaringan terbungkus secara aman. salah satunya adalah dengan teknik tunneling. Tunneling adalah salah satu teknik yang digunakan untuk membuat pipa penghubung antara dua  koneksi. Data dibungkus dengan bantuan SSH sehingga data yang dikirim adalah data enkripsi.

Sumber gambar : http://mikefrank.wordpress.com

oke cukup sudah teorinya….langsung aja ke pokok permasalahnnya.

hal-hal yang mesti dipersiapkan adalah :

1. Server diinstall ssh server dan buat satu user yang dapat digunakan untuk koneksi dari client.

2. client diinstall ssh client atau bisa menggunakan putty

#ssh -g -L3366:198.2.3.100:3308 lord-of-darkness@198.2.3.100

lord-of-darkness@198.2.3.100’s   password:xxxxxxx

jika koneksi berhasil maka

lord-of-darkness@lord-of-darkness-desktop:~$

selenjutnya cek apakah tunneling telah tersedia dengan perintah netstat

lord-of-darkness@lord-of-darkness-desktop:~$netstat -tula

 

pada gambar diatas (lihat pada lingkaran) menunjukkan bahwa ada koneksi mysql … Read the rest

Next Page »