You are viewing the category: Call Paper/prosiding

Penerapan Algortima Adjacency List untuk menghitung total belanja pada Multi level Marketing

oleh : Afriyudi, Sri Hartati
ABSTRAK

Data multilevel marketing merupakan data yang bersifat hierarki yaitu dimana datanya bersifat seperti pohon, satu parent memiliki banyak children, dan satu child hanya memiliki satu parent. Pada relational model, model yang dapat digunakan adalah one to many. Dalam Permasalahan relational model, permasalahan hierarchical data merupakan permasalahan yang umumnya sulit dipecahkan. Pada dasarnya data yang dimiliki bersifat relational sehingga kita harus mencari metode untuk mentransfer data yang bersifat relational menjadi hierarchy. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ini, tetapi dalam penelitian ini akan dibahas satu metode saja yang dapat digunakan dalam menyimpan dan mengambil data yang bersifat Hierarchical yaitu adjacency list model dan untuk menghitung total jumlah belanja downline digunakan metode non rekusif karena metode rekursif yang biasa digunakan untuk metode Adjacency list tidak dapat digunakan pada database Mysql dikarenakan keterbatasan Database ini.

Kata Kunci: Hierarchical data, adjacency list Model, Multi Level … Read the rest

Mobile Application for Student Assessment with Android

Mobile Application for Student Assessment with Android

Afriyudi1, M. Akbar2

ABSTRAKS

Bina Darma University as university-based Information Technology has stepped forward in the vision and mission. One of example is the implementation of Information Technology in the academic process, such as the Academic Information Systems, and E-learning. This system would assist lecturers in teaching and learning activities such as knowing the schedule of teaching, preparing teaching materials and conducting the online grading. This applications will be built is an alternative application that allows lecture to assess student work offline by using the android platform. Previous research has been done by creating a desktop-based desktop applications with converting excel data format that is used to input grade student and then the data will be sent to the academic information system. In the process of development will be an android-based application that allowss implification of the previous application. Applications Read the rest

Penyelesaian Puzzle Sudoku menggunakan Algoritma Genetik

Penyelesaian Puzzle Sudoku menggunakan Algoritma Genetik

by :Afriyudi ,Anggoro Suryo Pramudyo , M.Akbar

Abstrak : Puzzle Sudoku merupakan suatu puzzle yang bertujuan menyusun angka-angka 1 sampai dengan 9 dengan aturan dalam satu baris, satu kolom, dan satu region tidak ada angka yang berulang. Telah banyak algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ini, antara lain adalah Unique Missing Candidate, Naked Singles, Hidden Singles, Coloring and Multi-Coloring, Forcing Chains, Guessing, dan lain-lain. Penggunaan algoritma genetik untuk menyelesaikan permasalahan puzzle sudoku telah banyak dilakukan. Penelitian-penelitian tersebut merekomendasikan beberapa teknik crossover dan/atau mutasi serta pembentukan kromosom. Namun seluruh teknik tersebut memerlukan generasi yang sangat lama untuk sampai menemukan solusi yang tepat. Dalam menyelesaikan permasalahan ini digunakan 3 varian dari algoritma genetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varian pertama dari algortima genetik tidak terlalu bagus, disebabkan oleh pembentukan kromoson yang belum memperhatikan masalah batasan. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan algoritma genetik kedua yaitu dengan pembentukan kromosom Read the rest

Logging database dengan pemanfaatan database proxy menggunakan php/java sebagai aplikasi pendukung

Logging database dengan pemanfaatan database proxy menggunakan php/java sebagai aplikasi pendukung

oleh : Afriyudi & A. Akbar

Abstrak : PHP/java adalah extension yang digunakan sebagai jembatan untuk mengakses objek java dari script php. PHP/Java Bridge, merupakan integrasi teknologi php dan java yang tidak menggunakan java Native Interface (JNI), sehingga memungkinkan komunikasi antara php dan teknologi java seperti JSP, Servlet dapat terjalin. Penggunaan php/java ini merupakan salah satu cara untuk memanfaatkan teknologi java yang memungkinkan dibuat program logging yang merupakan media pencatat segala aktifitas penggunaan database seperti operasi data query yaitu select, update dan delete. Data logging ini nantinya digunakan sebagai bahan analisa untuk mengetahui trafik penggunaan database dan analisa keamanan data.
Kata kunci: Database Proxy,Data Logging, PHP/JAVARead the rest

PENERAPAN PHP/JAVA UNTUK PEMANFAATAN DATABASE PROXY

oleh : Afriyudi, M.Kom

ABSTRAK: PHP/java adalah extension yang digunakan sebagai jembatan untuk mengakses objek java dari script php. PHP/Java Bridge, merupakan integrasi teknologi php dan java yang tidak menggunakan java Native Interface (JNI), sehingga memungkinkan komunikasi antara php dan teknologi java seperti JSP, Servlet dapat terjalin. Penggunaan php/java ini merupakan salah satu cara untuk mengakses Database pada platform windows seperti Microsoft Access yang hanya dapat di pakai di sistem operasi windows, sehingga dapat di pakai pada sistem operasi lainnya seperti FreeBSD.

Kata kunci: PHP/JAVA, Free Source,JNI… Read the rest