Monthly Archives: October 2012

Instalasi Android di eclipse Juno

Android saat ini sangat berkembang pesat, Salah satu yang membuat android berkembang sedemikian pesat adalah karena Software Development Kit (SDK) android untuk pengembangan aplikasi android adalah bahasa yang sudah sangat populer dan merupakan bahasa yang sifatnya open Source yaitu java. Kemudahan Pengembangan dan porting yang dapat dilakukan dari bahasa java ke android membuat android semakin populer dan terus berkembang pesat. Saat ini Android telah mencapai versi 16 untuk API, 4.1.1 untuk platform atau Jelly Bean untuk version code. Kemudahan pengembangan Aplikasi android ini sebenarnya didukung oleh adanya Software pendukung untuk membuat aplikasi android. eclipse merupakan salah satu Interface Development Environment(IDE) yang sangat populer untuk mengembangkan aplikasi android.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk meng-install android di eclipse :

  1. Instalasi eclipse IDE
  2. Download Android SDK di http://developer.android.com/sdk/index.html
    kemudian pilih SDK yang sesuai dengan sistem operasi komputer yang akan di install. Selajutnya Install Android SDK di komputer anda. Ada dua
Read the rest

Javascript syntax (Lanjutan 2)

7. Variabel

JavaScript merupakan bahasa script yang tidak perlu deklarasi variabel, karena setiap nilai secara otomatis akan di kenal oleh JavaScript sesuai dengan maksud dari data tersebut.

7.1 Penentuan tipe data

JavaScript merupakan bahasa script yang tidak mengenal penentuan tipe data. Berarti variabel dengan sendirinya akan ditentukan type datanya yang valid untuk data yang didefinsikan pada variable tersebut.

Contoh : var Nilai; // variabel nilai belum didefinisikan tipe datanya Nilai=10; // variabel nilai didefinisikan sebagai numerik Nilai=”sepuluh”; // variabel nilai didefinisikan sebagai string Nilai=10.0 // variabel nilai didefinisikan sebagai nilai pecahan

Read the rest

Javascript syntax (Lanjutan 1)

4. Komentar

Komentar adalah teks yang ditulis di dalam kode program tetapi diabaikan oleh compiler. Komentar digunakan sebagai catatan bagi orang yang membuat program mengenai aspek penting dari kode yang digunakan.

Penulisan komentar pada JavaScript ada 3 macam yaitu :

  1. Penulisan dengan tanda (//)
  2. Penulisan dengan tanda (/*) untuk awal komentar dan (*/) untuk penutup akhir komentar
  3. Penulisan dengan tanda (<!– ) untuk awal komentar dan (–> ) untuk penutup akhir komentar

Contoh : /* Program ini merupakan program untuk Melihat hasil perhitungan dengan operator penjumlahan */ var x=10; // inisialisai variabel x dengan nilai 10 var y=10+x; <!-- Y=10+10=20 -->

5. Aturan Penulisan data

JavaScript mempunyai aturan penulisan data untuk nilai dan string, jika data nilai maka data ditulis tanpa tanda tertentu, tetapi jika nilai String maka data harus ditulis diantara tanda (“) atau (‘)

Contoh : Nilai=120; //data nilai Nama=”Afriyudi”; // data String Alamat=’Plaju’; // data String

6.

Read the rest