Chapter 0

Pengantar Algoritma

Pada Materi awal ini akan di bahas mengenai pengenalan dari algoritma yang meliputi definisi atau pengertian dari algoritma kemudian dilanjutkan dengan sejarah dari kata algoritma dan perkembangan algoritma itu sendiri . Mengapa algoritma itu di butuhkan, fungsi dan guna dari algoritma, alat bantu atau tools yang digunakan dalam penulisan teks algoritma, bisa digunakan berupa bahasa natural, flowchart atau pseudo code. Menjelaskan definisi-definisi dari program, pemrograman/programming dan  programmer. Bagaimana algoritma ditranslasikan oleh program kedalam mesin, yang meliputi algoritma di translasi kedalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman (Tingkat menengah atau tinggi) kemudian dikompilasi kedalam bahasa pemrograman tingkat rendah yang bisa dikenal oleh mesin, baru kemudian terjadi interprestasi oleh CPU untuk melakukan operasi-operasi yang berkenaan dengan instruksi yang telah diberikan. mekanisme pelakasanaan algoritma oleh pemroses (unit input, pemroses dan output).

Bahasa Pemrograman

Ada banyak sekali bahasa pemrograman, mulai dari bahasa tingkat rendah (bahasa mesin dalam biner), bahasa asembler (dalam kode mnemonik), bahasa tingkat tinggi, sampai bahasa generasi ke empat (4GL).Bahasa Pemrograman berkembang dengan cepat sejak tahun enampuluhan, seringkali dianalogikan dengan menara Babel yang berakibat manusia menjadi tidak lagi saling mengerti bahasa masing-masing. Untuk setiap paradigma, tersedia bahasa pemrograman yang mempermudah implementasi rancangan penyelesaian masalahnya.

Contoh bahasa-bahasa pemrograman yang ada :

  1. Prosedural : Algol, Pascal, Fortran, Basic, Cobol, C …
  2. Fungsional : LOGO, APL, LISP
  3. Deklaratif/Lojik : Prolog
  4. Object oriented murni: Smalltalk,Eifel, Java, C++..
  5. Konkuren : OCCAM,Ada, Java
  6. Relasional: SQL pada basisdata relasional

Belajar Pemrograman Tidak Sama Dengan Belajar Bahasa Pemrograman. 

Belajar memprogram adalah belajar tentang strategi pemecahan masalah, metodologi dan sistematika pemecahan masalah tersebut kemudian menuangkannya dalam suatu notasi yang disepakati bersama. Beberapa masalah akan cocok kalau diselesaikan dengan suatu paradigma tertentu. Karena itu, pengetahuan tentang kelas persoalan penting adanya.

Tujuan Kuliah

Tujuan utama dari matakuliah ini adalah membekali mahasiswa cara berpikir dan pemecahan persoalan dalam paradigma pemrograman prosedural, serta membekali mahasiswa dengan modul dasar dari algoritma yang sering dipakai dalam pemrograman. Mahasiswa harus mampu membuat penyelesaian masalah pemrograman  tanpa tergantung pada bahasa pemrograman apapun, dan kemudian ia mampu untuk mengeksekusi programnya dengan salah satu bahasa pemrograman prosedural yang sederhana. Mahasiswa akan memakai bahasa pemrograman tersebut sebagai alat untuk mengeksekusi program dengan mesin yang tersedia.

Secara lebih spesifik, mahasiswa diharapkan mampu untuk :

  1. Memecahkan masalah dengan paradigma prosedural dan menuliskan spesifikasi  dan algoritmanya tanpa tergantung pada bahasa pemrograman apapun.
  2. Menulis algoritma dari suatu masalah dengan menggunakan metodologi dan  skema standard yang diajarkan secara terstruktur.
  3. Menulis program yang “baik” (sesuai dengan kriteria yang diajarkan di kelas)  dalam bahasa pemrograman yang diajarkan, dengan menggunakan aturan translasi  yang diberikan. Programnya harus terstruktur walaupun bahasa pemrogramannya  bukan bahasa yang terstruktur.

Link Download Materi :

http://blog.binadarma.ac.id/fatoni/wp-content/uploads/2012/10/Chapter-1-Pengantar-Algoritma.ppt

Leave a Reply