ABSTRAK
Quality of Service adalah kemampuan sebuah jaringan untuk menyediakan layanan yang lebih baik lagi bagi layanan trafik yang melewatinya. Dari hasil survey yang dilakukan dengan mengambil 30 sampel bahwa QoS jaringan LAN universitas Bina Darma cukup baik dengan total QoS rata-rata 3.67. Mengacu pada pentingnya kualitas layanan jaringan dan belum dilakukannya pengukuran yang pasti yang dapat di gunakan untuk mengukur seberapa besar kualitas layanan yang harus di penuhi, maka masalah pokok dalam penelitian ini adalah“ Analisis Quality Of Service Jaringan Local Area Network pada Universitas Bina Darma ”. Alat yang digunakan dalam penelitian ini BizNET Speed Meter, Axence NetTools dan Iperf. Sedangkan metode yang di gunakan adalah action research dengan model sistem monitoring QoS. Dari hasil pengukuran parameter QoS yang terdiri bandwidth, throughput, delay, jitter dan packet loss untuk pengukuran EtE QM berpengaruh terhadap QoS jaringan. Faktor-faktor yang bisa mempengaruhi QoS jaringan adalah redaman, distorsi, noise dan
kapasitas Bandwidth.

Keyword : Quality Of Service, Local Area Network, Bandwidth, Throughput, Delay, Jitter, Packet loss –>  Do

Oleh

Fatoni

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensi perilaku Dosen dan Mahasiswa dalam penggunaan e-Learning. Metode yang di gunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensi perilaku terhadap sistem e-learning Universitas Bina Darma. tersebut dengan menggunaka metode TAM (Technology Acceptance Model). Dalam penelitian ini variabel yang mempengaruhi intensi perilaku penggunaan e-learning system terdiri dari tiga variabel, yaitu Perceived Usefulness (PU) dan Perceived Ease of Use (PEOU) sebagai variabel mandiri sedangkan intensi perilaku penggunaan e-Learning sebagai variabel terkait. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedua variabel mandiri tersebut PU dan PEOU mempengaruhi variabel terkait dengan nilai 29,8% untuk mahasiswa dan 86,0% untuk dosen, sedangkan sisanya merupakan pengaruh dari faktor lain.

Kata Kunci : e-Learning, Sistem, TAM, PU, PEOU, Intensi

 

Oleh

Fatoni1, Lusiana2

Abstrak : Sistem Otomasi dan Digital Library pada perpustakaan Universitas Bina Darma ini sudah digunakan sejak tahun 2006 hingga sekarang namun dari studi awal yang dilakukan ternyata pemakaian sistem ini mendapatkan tanggapan yang berbeda-beda dari penggunanya. Sistem otomasi sangat membantu proses kegiatan administrasi pada perpustakaan Universitas Bina Darma. Tetapi apakah kinerja sistem ini sudah diterima oleh seluruh penggunanya? Oleh karena itu, perlu untuk melakukan penelitian terhadap masalah tersebut. Dengan menggunakan model Human Organization Technology dalam penelitian ini maka di dapatkan hasil lebih dari 80% menyatakan sangat setuju dengan kinerja sistem otomasi dan antara variabel Manusia, Organisasi dan Teknologi secara bersama-sama ada korelasi terhadap kinerja sistem otomasi.

Kata Kunci : Sistem, Otomasi, Human, Organization, Technology

Abstrak, Quality of Service adalah kemampuan sebuah jaringan untuk menyediakan layanan yang lebih baik lagi bagi layanan trafik yang melewatinya. Dari hasil survey yang dilakukan dengan mengambil 30 sampel bahwa QoS jaringan LAN universitas Bina Darma cukup baik dengan total QoS rata-rata 3.67. Mengacu pada pentingnya kualitas layanan jaringan dan belum dilakukannya pengukuran yang pasti yang dapat digunakan untuk mengukur seberapa besar kualitas layanan yang harus di penuhi, maka masalah pokok dalam penelitian ini adalah“ Analisis Quality Of Service Jaringan Local Area Network pada Universitas Bina Darma ”. Alat yang digunakan dalam penelitian ini BizNET Speed Meter, Axence NetTools dan Iperf. Sedangkan metode yang di gunakan adalah action research dengan model sistem monitoring QoS. Dari hasil pengukuran parameter QoS yang terdiri bandwidth, throughput, delay, jitter dan packet loss untuk pengukuran EtE QM berpengaruh terhadap QoS jaringan. Faktor-faktor yang bisa mempengaruhi QoS jaringan adalah redaman, distorsi, noise dan kapasitas Bandwidth.

Keyword : Quality Of Service, Local Area Network, Bandwidth, Throughput, Delay, Jitter, Packet loss  –> Dowload

Proshiding The 1st,  SEMNASTIK MTI (Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi) Vol. 1  NO. 1  2011 – ISSN 2088-6519 Hal. 354-364

This course focuses on the Database System Concepts. Student can understand and explain the function Database Managemenet System, Relationship Model,  Sql, Integrity and Security, Relational Database Design, Object-Oriented and Relational Databases, XML,  Storage and File Structure, Indexing and Hashing, Query Processing and Optimization, Transactions, Concurrency Control, Recovery System, atabase System Architectures, Distributed Databases, Parallel Databases, Application Development and Administration.

  1. Introduction – Ch1.ppt
  2. Entity-Relationship Model – Ch2.ppt
  3. Relational Model – Ch3.zip
  4. Sql – Ch4.ppt
  5. Other Relational Languages – Ch5.zip
  6. Integrity and Security – Ch6.ppt
  7. Relational Database Design – Ch7.ppt
  8. Object-Oriented Databases – Ch8.ppt
  9. Object-Relational Databases – Ch9.ppt
  10. XML – Ch10.ppt
  11. Storage and File Structure – Ch11.ppt
  12. Indexing and Hashing – Ch12.ppt
  13. Query Processing – Ch13.ppt
  14. Query Optimization – Ch14.ppt
  15. Transactions – Ch15.ppt
  16. Concurrency Control – Ch16.ppt
  17. Recovery System – Ch17.ppt
  18. Database System Architectures – Ch18.ppt
  19. Distributed Databases – Ch19.ppt
  20. Parallel Databases – Ch20.ppt
  21. Application Development  and Administration – Ch21.ppt
  22. Advanced Querying and Information Retrieval – Ch22.ppt
  23. Advanced Data Types and New Applications – Ch23.ppt

This tutorial is for those people who want to learn programming in C++ and do not necessarily have any previous knowledge of other programming languages. Of course any knowledge of other programming languages or any general computer skill can be useful to better understand this tutorial, although it is not essential. By following this course, students are expected to make the algorithm and solve it by creating programs in C language.

  1. Basics (Machine, Software and Program Design) –
  2. The Fundamentals of C++ – Chap02.ppt
  3. Modifying objects (Operators and Expressions) –  Chap03.ppt
  4. If Control Construct  – Chap041-Conditional.ppt
  5. C++ Iterative Constructs Chap042-Iterative.ppt
  6. Libraries (Computational assistants) – Chap05.ppt
  7. Programmer-defined Functions – Chap06.ppt
  8. The Class Construct – Chap07.ppt
  9. Abstract Data Types – Chap08.ppt
  10. Arrays and Vectors – Chap09.ppt
  11. EzWindows API – Chap10.ppt

Materi

Chapter 1 – Pengantar Algoritma

Chapter 2 – Dasar-dasar Algoritma

Chapter 3 – Aturan Penulisan Teks Algoritma

Chapter 4 – Tipe, Nama dan Nilai

Chapter 5 – Flow Chart

Chapter 6 – IF..THEN..ELSE

Chapter 7 – Pengulangan For -To- Do, While – DO  dan Repeat – Until

 

 

 

 

 

 

 

Pemrograman C

01. Berkenalan dengan C++

02. Struktur Dasar Bahasa C++

03. Input-Output

04. Penyeleksian Kondisi

05. Perulangan

06. Array-Larik

 

Fatoni1, Teguh Noptriansyah2

Abstract: In an effort to achieve work efficiency, attendance factor is very important, especially related to production, payroll, performance, work and others. In recording tool  conventional employee absences require a lot of personnel administration clerk intervention nor honesty  of employee it’s self. It is possible the manipulation of data if the presence of continuous, supervision on the process is not done properly. At the Polytechnic University of Sriwijaya, integration into the civil service system needs analysis and program design are integrated. With conventional systems, is quite difficult to be automated because of the presence with manually recording information. Recording using a computer such as the use of fingerprints, it’s possible integration with the staffing system and further system development. With use biometric-based in attendance system, process of information retrieval employee attendance to nearly 100% accurate, because it is based fingerprints of employees as well as recording and reporting process automatically.

Keywords: Presence, Biometric, Employee, Fingerprint –> Download

Jurnal Ilmiah MATRIK (Matematika Teknologi Rekayasa Informatika Komputer) Vol. 13 No.2, Agustus 2011  ISSN : 1411-1624 Hal. 149-166

Oleh : Fatoni

Abstract, Quality of Service is the ability of a network to provide better service for passing traffic service. From the results of a survey those have done by taking 30 samples that QoS of LAN is good enough with total of QoS with average is 3.67. Referring to the importance of network services quality and have not done the exact measurements that can be used to measure of quality that must be fulfilled, the main problem in this study is “Quality Of Service Analysis Local Area Network at Bina Darma University. Tools that used in this study are BIZNET Speed Meter, Axence NetTools and Iperf. While the methods that used is action research with model system monitoring of Qos. From the measurement of QoS parameters which consist of bandwidth, throughput, delay, jitter and packet loss for the measurement of ETE QM effect the LAN. Factors that could affect the network QoS is attenuation, distortion, noise and Bandwidth capacity.

Keywords :      Quality of Service, Local Area Network, Bandwidth, Throughput, Delay, Jitter, Packet loss –>  Download

Jurnal Ilmiah MATRIK (Matematika Teknologi Rekayasa Informatika Komputer) Vol. 13 No.1, April 2011  ISSN : 1411-1624 Hal. 1-20