MENILIK PESONA SUMSEL DARI KEELOKAN SURGA WISATA ALAM MELALUI E-PROMOTION

By Rahma Santhi. Filed in gado-gado komunikasi  |  
TOP del.icio.us digg

MENILIK PESONA SUMSEL DARI KEELOKAN SURGA WISATA ALAM MELALUI E-PROMOTION

Sumsel.. sumatera selatan, sebagai salah satu provinsi di kepulauan sumatera yang menjadi provinsi tertua di Indonesia.  Sumsel merupakan rumah kedua saya awalnya,  karena saya datang dari suatu kota metropolitan di dekat pulau jawa, dengan segala hiruk pikuk kehidupannya. Saat pindah ke sumatera selatan, saya tinggal di Palembang. Kota yang masih ada embun di pagi hari, kabut setelahnya, dan angin sejuk mengiringi.  Sebelumnya, saya cukup mengalami culture shock dengan perbedaan culture antara daerah asala saya tinggal selama 22 tahun sebelum akhirnya saya pindah ke provinsi ini. Sampai akhirnya saya masuk dalam salah satu acara pemilihan ‘ratu-ratuan’ versi sumsel sebagai finalis tahun 2009 lalu, yang mengharuskan saya menjelajahi ruang demi ruang, sudut demi sudut daerah-daerah di provinsi ini, sampai surga-surga kecil dibalik gemerlapnya kota Palembang tempat dimana seluruh kegiatan perkotaan yang hampir serupa dengan kota saya terdahulu.  Dan akhirnya..

Saya pun tidak hentinya berdecak kagum, ada surga di sini! .. sumber daya alam yang indah nan elok, air yang jernih, udara yang sejuk, gunung yang bersih, hamparan kebuh bunga yang berwarna warni, air terjun yang cantik, bukit-bukit unik,sungai yang memanjang indah dan lainya, subhanallah mata ini seakan sembuh dari ‘sakit mata’ melihat kerlap kerlip lampu ibu kota dulu.

Tapi sayang nya, mengapa ini hanya saya yang merasakan? Sayang sekali.. sebenarnya ada banyak sekali potensi sumber daya alam yang dapat dijadikan tempat wisata yang dapat mengalihkan mata dunia ke provinsi sumsel ini, saya berterima kasih kepada pemerintah daerah provinsi sumsel ini yang sudah  dengan banyak cara mempromosikan indahnya wisata ‘surga dunia’ sumatera selatan ini, namun sebagai ‘penggemar rahasia’ keindahan alam di sini, saya jadi ingin tergerak untuk memberikan sumbangsih isi kepala saya untuk mengembangkan seluruh potensi sumber daya alam sebagai ujung tombak pendongkrak perekonomian dari sektor wisata dan budaya di sumsel.

Mempromosikan adalah hal yang sudah biasa dilakukan terlebih usaha pemerintah daerah untuk memperkenalkan seluruh potensi wisata yang ada di sumsel ini, namun mungkin langkah yang diambil belum terlalu signifikan. Pertukaran budaya, pertukaran pemuda juga kegiatan yang sudah sering dilakukan oleh pemerintah daerah namun menurut saya penggunaan media baru dalam berpromosi sedang menjadi tren di dunia marketing dan komunikasi, media baru merupakan cerminan media intenet yang saat ini ‘merajai’ cara promosi cepat tepat dan efektif. Dengan sistem yang sederhana, capaian target yang luas dan hasil atau feedback yang cepat. E promotion yang dimaksud di judul adalah promosi langsung dengan meggunakan media internet atau media online. E promotion yang saya maksudkan bukan hanya sekedar berpromosi namun juga untuk menagkap pengunjung yang sudah terlanjur mengunjungi website atau link promosi wisata alam yang ada di sumsel ini. Sejauh ini sudah ada website provinsi sumsel yang cukup lengkap membeberkan mengenai potensi sumber daya alam yang ada d Indonesia, namun packaging nya saja yang masih kurang menarik sehingga belum sepenuhnya dipandang oleh banyak mata pencinta surga wisata dunia.

Seharusnya ada website atau link khusus yang dibuat dan diadministrasikan oleh pemerintah daerah provinsi yang khusus mengurusi masalah promosi tempat wisata yang ada di sumsel ini. Promosi nya pun secara efektif ada video profile mengenai setiap daerah ataupun lokasi tempat wisata yang dipromosikan. Jadi, tidak hanya foto diam saja, namun dengan menggunakan video yang lebih hidup agar lebih dapat meyakinkan para pengunjung website mengenai keindahan tempat wisata tersebut.

E promotion juga dapat digunakan untuk chat online antara pengnjung website dengan administrator website tersebut,agar pengunjung bisa secara langsung bebincang dengan administrator mengenai tempat wisata tersebut.  selain itu di website e promotion juga harus terdapat  fasilitas pemesanan tiket pesawat , hotel, transportasi selama di sumsel secara paket, karena agar memudahkan para pengunjung website yang ingin mengunjungi tempat wisata yang ada di sumsel.

E promotion juga memberikan keuntungan lebih dengan mempermudah penjalinan kerjasama dengan  luar negeri yang dimana akan menguntungkan dari sisi perluasan  promosi budaya dan wisata alam sumsel sampai dengan ke manca negara.

Masih banyak lagi keuntungan yang akan diperoleh dengan menggunakan media baru berinternet ini menggunakan e promosi untuk mengembangkan potensi sumberdaya alam dan wisata sumsel

Apalagi ditambah program pemerintah daerah dan kota yang sudah melaunching SUMSEL WIFI area, semakin yakin dan percaya sumsel akan go international standard baik dalam bidang Teknologi informasi dan komunikasi dan terlebih lagi dibidang industri pariwisata.  saya yakin dan percaya, sumsel PASTI BISA ! kita tunggu gebarakan berikutnya dari SUMATERA SELATAN TERCINTA…

Leave a Reply