packaging produk dan faktor-faktornya

By Rahma Santhi. Filed in gado-gado komunikasi  |  
TOP del.icio.us digg

FAKTOR-FAKTOR DESAIN KEMASAN

Kemasan yang baik dan akan digunakan semaksimal mungkin dalam pasar harus mempertimbangkan dan dapat menampilkan beberapa faktor, antara lain sebagai berikut.

* Faktor pengamanan. Kemasan harus melindungi produk terhadap berbagai kemungkinan yang dapatmenjadi penyebab timbulnya kerusakan barang, misalnya: cuaca, sinar matahari, jatuh, tumpukan, kuman, serangga dan lain-lain. Contohnya, kemasan biskuit yang dapat ditutup kembali agar kerenyahannya tahan lama.

* Faktor ekonomi Perhitungan biaya produksi yang efektif termasuk pemilihan bahan, sehingga biaya tidak melebihi proporsi manfaatnya. Contohnya, produk-produk refill atau isi ulang, produk-produk susu atau makanan bayi dalam karton, dan lain-lain.

* Faktor pendistribusian. Kemasan harus mudah didistribusikan dari pabrik ke distributor atau pengecer sampai ke tangan konsumen. Di tingkat distributor, kemudahan penyimpanan dan pemajangan perlu dipertimbangkan. Bentuk dan ukuran kemasan harus direncanakan dan dirancang sedemikian rupa sehingga tidak sampai menyulitkan peletakan di rak atau tempat pemajangan.

* Faktor komunikasi. Sebagai media komunikasi kemasan menerangkan dan mencerminkan produk, citra merek, dan juga bagian dari produksi dengan pertimbangan mudah dilihat, dipahami dan diingat. Misalnya, karena bentuk kemasan yang aneh sehingga produk tidak dapat “diberdirikan”, harus diletakkan pada posisi “tidur” sehingga ada tulisan yang tidak dapat terbaca dengan baik; maka fungsi kemasan sebagai media komunikasi sudah gagal.

* Faktor ergonomic. Pertimbangan agar kemasan mudah dibawa atau dipegang, dibuka dan mudah diambil sangatlah penting. Pertimbangan ini selain mempengaruhi bentuk dari kemasan itu sendiri juga mempengaruhi kenyamanan pemakai produk atau konsumen. Contohnya, bentuk botol minyak goreng Tropical yang pada bagian tengahnya diberi cekungan dan tekstur agar mudah dipegang dan tidak licin bila tangan pemakainya terkena minyak.

* Faktor estetika. Keindahan pada kemasan merupakan daya tarik visual yang mencakup pertimbangan penggunaan warna, bentuk, merek atau logo, ilustrasi, huruf, tata letak atau layout, dan maskot . Tujuannya adalah untuk mencapai mutu daya tarik visual secara optimal.

* Faktor identitas. Secara keseluruhan kemasan harus berbeda dengan kemasan lain, memiliki identitas produk agar mudah dikenali dan dibedakan dengan produk-produk yang lain.

* Faktor promosi. Kemasan mempunyai peranan penting dalam bidang promosi, dalam hal ini kemasan berfungsi sebagai silent sales person. Peningkatan kemasan dapat efektif untukmenarik perhatian konsumen-konsumen baru.

* Faktor lingkungan. Kita hidup di dalam era industri dan masyarakat yang berpikiran kritis. Dalam situasi dan kondisi seperti ini, masalah lingkungan tidak dapat terlepas dari pantauan kita. Trend dalam masyarakat kita akhir-akhir ini adalah kekhawatiran mengenai polusi, salah satunya pembuangan sampah. Salah satunya yang pernah menjadi topik hangat adalah styrofoam. Pada tahun 1990 organisasi-organisasi lingkungan hidup berhasil menekan perusahaan Mc Donalds untuk mendaur ulang kemasan-kemasan mereka. Sekarang ini banyak perusahaan yang menggunakan kemasan-kemasan yang ramah lingkungan (environmentally friendly), dapat didaur ulang (recyclable) atau dapat dipakai ulang (reusable).

Faktor-faktor ini merupakan satu kesatuan yang sangat vital dan saling mendukung dalam keberhasilan penjualan, terlebih di masa sekarang dimana persaingan sangat ketat dan produk dituntut untuk dapat menjual sendiri. Penjualan maksimum tidak akan tercapai apbila secara keseluruhan penampilan produk tidak dibuat semenarik mungkin. Keberhasilan penjualan tergantung pada citra yang diciptakan oleh kemasan tersebut. Penampilan harus dibuat sedemikian rupa agar konsumen dapat memberikan reaksi spontan, baik secara sadar ataupun tidak. Setelah itu, diharapkan konsumen akan terpengaruh dan melakukan tindakan positif, yaitu melakukan pembelian di tempat penjualan.

563 comments to “packaging produk dan faktor-faktornya”

  1. Comment by Mathew:

    Thanks for some other wonderful post. The place else may
    just anyone get that type of information in such an ideal method of writing?
    I’ve a presentation next week, and I am on the search for such information.

  2. Comment by Aradhana:

    I blog frequently and I really appreciate your information. This great article has truly
    peaked my interest. I am going to book mark your blog and keep
    checking for new details about once per week.
    I opted in for your Feed as well.

  3. Comment by Tampa Family Law:

    It’s an amazing piece of writing for all the web viewers;
    they will take benefit from it I am sure.

    Have a look at my blog post … Tampa Family Law

  4. Comment by small business loans:

    You can certainly see your expertise in the work you write. The world hopes for more passionate writers like you who aren’t afraid to say how they believe. All the time follow your heart.

  5. Comment by going to remove your radio:

    I have been exploring for a little bit for any high-quality articles or weblog posts on this sort of area .
    Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this web site.
    Studying this information So i’m happy to express that I’ve an incredibly excellent uncanny feeling I
    discovered just what I needed. I such a lot no doubt will make
    certain to do not forget this web site and give it a look on a
    constant basis.

  6. Comment by Monika:

    I hzve to thajk you for tɦe eftorts you’ve рut іn penning tnis site.
    Ӏ am hoping to see the same Һigh-grade cⲟntent by
    you later on aѕ well. Іn truth, youг crative writing abilities
    ɦas motivated mе to get my very own website now 😉

    mү website: chancekjik569drainfieldsblog.pointblog.net (Monika)

  7. Comment by old computer equipment disposal:

    Utterly indited content material, regards for information. “The last time I saw him he was walking down Lover’s Lane holding his own hand.” by Fred Allen.

  8. Comment by computer recycling:

    A person necessarily assist to make critically articles I might state. This is the first time I frequented your web page and up to now? I surprised with the research you made to create this particular publish extraordinary. Magnificent task!

  9. Comment by computer equipment disposal:

    My husband and i were excited when John managed to round up his researching with the precious recommendations he made through your web page. It’s not at all simplistic to simply continually be handing out information and facts which often other people could have been selling. We know we now have you to give thanks to for this. All the illustrations you’ve made, the straightforward web site navigation, the friendships you can aid to foster – it’s most impressive, and it’s making our son in addition to the family do think the issue is brilliant, which is certainly wonderfully fundamental. Many thanks for all!

  10. Comment by Lila:

    Thanks for sharing yοur thοughts. Ⅰ truⅼy apprecіate your efforts ɑnd I ɑm
    waiting foor yor next posat tһank yoᥙ once again.

    my site: majoriewsoh443blog.thezenweb.ϲom (Lila)

  11. Comment by The bungalow santa monica hours:

    This is an excellent, an eye-opener for sure! magnificent post. I truly appreciate this post. I truly feel this site needs a great deal more attention

  12. Comment by sources:

    I have been exploring for a little bit for any high
    quality articles or weblog posts on this kind of space .
    Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this site.
    Reading this info So i am glad to exhibit that I have a
    very good uncanny feeling I found out just what
    I needed. I so much definitely will make certain to don?t omit this website and give it a look on a continuing basis.

    Here is my blog :: sources

  13. Comment by zdraví:

    Appreciate the recommendation. Let me try it out.

Leave a Reply