Building a good Internal Communication and relation with a postive activity (membangun hubungan baik di kalangan internal perusahaan melalui lomba-lomba Ramadhan di Universitas Bina Darma Palembang)

By Rahma Santhi. Filed in gado-gado komunikasi  |  
TOP del.icio.us digg

selamat datang Ramadhan 2012..

walaupun dimulai dengan berbagai kontroversi mengenai perbedaan waktu mulainya puasa antara beberapa aliran, namun Ramadhan is still ramadhan.. for every moslem, ramadhan means a month full of hope.. hope to become a new person, hope to be more in touch with GOD, etc.

kerja atau rutinitas di bulan ramadhan memang sangat membosankan.. namun, apabila kita mengisinya dengan berbagai kegiatan positif, akan memberikan hasil yang berkali kali lipat lebih  bermanfaat dan berpahala tentunya.. asikk kan?? dari pada tidur aja dirumah.. memang sih tidur itu berpahala, tapi dengan melakukan aktivitas mulia dan positiv akan lebih banyak pahalanya.

communication relation between internal employee di suatu perusahaan kadang sering terabaikan, mungkin karena sibuk mengejar external, atau karena terlihat cukup baik sehingga tdk perlu ditingkatkan.. dan masih banyak lagi reason-reasonnya.. bukan sepenuhnya salah manajemen, mgkn belum memahami mengenai betapa pentingnya internal relations di suatu perusahaan karena image dan loyaliti itu dimulai dari dalam, dari hal yang kecil dan serhana dari dalam.

kalau ingin internal public nya menyayangi perusahaannya, bukan hanya sekedar kasih bonus ini itu, atau sekedar bikin gathering.. di komunikasi, memang hal tersebut sometimes di perlukan, namun hal-hal sepele seperti :

– memberikan ucapan selamat ulang tahun bagi karyawan yang berulang tahun

– memberkan bingkisan hari raya

– memilih karyawan teladan “employee of the month” misalnya..

– atau memberikan gift untuk yang baru menikah atau melahirkan..

dan masih banyak lagi hal-hal yang menurut para bos2 atau top management itu “gak penting”.. tapi sebenanrnya sangat penting.. ingat satu hal, kalau ingin disayangi, ya harus juga menyayangi.. ingin dihargai ya harus menghargai juga..  simple sebenarnya..

bagi perusahaan yang sudah melakukan all communication strategy for internal, berarti perusahaannya sudah open minded.. gak hanya sekedar memikirkan income income incomeeeeee saja,, kayaknya rugi bgt gitu kalo mau adain acara2 sama internal publiknya..  “kan mereka udah kita gaji perbulannya” mmhh pasti itu deh yang ada di benak bos2 itu..

nah, kemarin ini,, terkait dengan bulan ramadhan juga, kampus saya yang sangat peduli dengan internal relations between internal publiknya, mengadakan kegiatan positif, sambil konsepnya “berbagi” juga sebagai ajang silaturahmi dan intensive communication.. “dari kita oleh kita dan untuk kita” seru2 banget lombanya, ada lomba kreasi jilbab dengan jurinya dari Kapita hijab stylish, lomba busana muslim and fashion show jurinya dari puteri sumsel dan beberapa model.. trus juga lomba musbaqah dan lomba kreasi hidangan ramadhan.. ini nihh yang paling seru,, berasa ikut master cheff Indonesia yang di RCTI itu,, hehehe.. soalnya jurinya langsung cheff dari The Arista Hotel.. dulunya horison lho.. gengsi bgt yah..

memang acaranya simple, biasa.. tapi klo acara simple simple dikemas hangat dan profesional, pastilah jadi menarik..

ini merupakan salah satu kegiatan yang mencerminkan perhatian top management kepada internal nya, mungkin insyallah yang akan datang, akan lebih banyak lagi kegiatan dan program2 internal relations nya yang lebih baik..

terima kasih..

Leave a Reply