PKM GT – SEGANA (Sepatu Tepat Guna) sepatu 2in1 Solusi aktif untuk wanita aktif

By Rahma Santhi. Filed in gado-gado komunikasi  |  
TOP del.icio.us digg

Latar Belakang

Dalam dunia pekerjaan, penampilan yang baik mulai dari tata rambut sampai dengan sepatu merupakan hal yang mutlak dilakukan, hal ini bertujuan untuk menunjang penampilan seorang pekerja, baik wanita maupun pria. Sepatu adalah sebuah alas kaki yang membuat seseorang percaya diri ketika mereka menggunakannya. Sepatu juga bisa disebut sebagai barang yang paling penting untuk menujang sebuah karir seseorang, karena dimanapun kita berada, secantik apapun penampilan atau cara berpakaian kita yang baik, apabila juga ditunjang menggunakan sepatu yang baik, maka kita akan ditempatkan ditempat yang baik pula.
Sepatu merupakan elemen penting yang menjadi pusat perhatian akhir pada penampilan seseorang, khususnya wanita. Berbagai model sepatu yang digunakan wanita untuk berkerja, jalan-jalan, beraktifitas dan masih banyak lagi. Sebut saja jenis wedges, flat shoes, stileto, high heels, dan lainnya. Sebenarnya, para ahli sejarah dalam (Metrogaya : 2010) memperkirakan bahwa sepatu pertama kali dibuat pada zaman Es atau sekitar 5 juta tahun lalu. Sepatu itu dibuat dari kulit hewan, sepatu primitif (kuno) dalam jumlah besar pernah ditemukan di pedalaman Missouri, Amerika Serikat (AS) dan . Diperkirakan sepatu itu berasal dari 8000 Sebelum Masehi (SM).
Namun, disisi yang lain dari keindahan dan menariknya sepatu High Heels, Menurut sebuah penelitian terbaru, lebih dari 20 ribu wanita berobat kerumah sakit setiap tahun dikarenakan memakai sepatu hak tinggi ini. lebih dari 1/3 wanita yang memakai sepatu hak tinggi, dilaporkan juga pernah mengalami jatuh. Problem kuku ibu jari, bengkak pada kaki yang bisa mengakibatkan radang, pengetatan dan pemendekan tendon, retak tulang, metatarsalgia, neuroma, dan beragam problem kaki bagian depan, adalah merupakan komplikasi yang sangat umum yang terjadi pada penggunaan sepatu hak tinggi (Hajsmy:2011). Disisi kesehatan penelitian medis menunjukkan posisi tidak wajar jika sipengguna memakai sepatu highheel terlalu lama. hal ini bisa mengakibatkan resiko yang cukup besar pengaruhnya ke kaki. dan harus dibatasi penggunaannya. Studi yang dilakukan America Academy of Orthopedic Surgeon membuktikan perempuan yang sering menggunakan sepatu berhak tinggi, terutama hak di atas 5 cm, banyak yang mengalami radang sendi di sekitar lutut, paha, tulang panggul, bahkan ada yang sampai ke tulang belakang. Sepatu hak tinggi juga dapat menyebabkan kelainan bentuk kaki yang permanen, yang perbaikannya memerlukan pembedahan.
Lisa McCarten dari Hotter Shoes (IANN News : 2010) , mengatakan: “Sulit untuk membayangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang ditahan demi mengenakan sepatu seperti itu. Membeli sepatu bukan pekerjaan mudah karena perempuan selalu ingin sepatu yang cocok dengan baju dan mengabaikan nyeri yang akan dialami.” Penelitian terhadap perempuan usia 18 hingga 65 juga menemukan bahwa 89 persen responden mengaku sepatu yang tidak nyaman telah merusak acara mereka.
Setelah mengetahui bahaya menggunakan hak tinggi yang terlalu sering atau terlalu lama, akhirnya terlihat banyaknya para pengguna bahkan penggemar sepatu Highheel juga sering membawa sepatu ganti seperti sepatu flat atau dengan nama lain sepatu alas yang ringan tanpa heel.
Untuk itu, wanita memerlukan solusi untuk segala permasalahan yang ada seputar wanita dan sepatu hak tinggi, alangkah baiknya ada sebuah terobosan sepatu yang dapat dual fungsi, sebagai sepatu hak tinggi dan sepatu yang tidak menggunakan hak, agar pada saat menggunakan sepatu hak tinggi tidak membahayakan bagi kesehatan para wanita.

Tujuan
Gagasan Tertulis ini bertujuan untuk mempermudah wanita dalam menggunakan sepatu, dengan menggunakan Segana, wanita tidak di repotkan pada saat memakai sepatu di tempat kerja maupun di tempat lain. Segana membantu dalam segi perekonomian,banyaknya model dari bentuk sepatu dan bahan yang semakin bagus maka banyak pula uang yang akan dikeluarkan. Dengan segana membuat praktis dan hemat biaya pengeluaran, serta membantu mengatasi berbagai kemungkinan wanita terserang penyakit akibat pemakaian High Heels yang terlalu sering atau terlalu lama per harinya.

Manfaat
Segana yang terbuat dari bahan dasar karet, yang nyaman dan empuk dimana tidak menggunakan bahan dari kayu sehingga dapat menjaga kelestarian lingkungan alam tanpa adanya penebangan pohon secara liar dan terhindar dari bahaya global worming. Segana yang dibuat dari bahan karet dan bahan yang berkualitas,kuat,dan tahan air yang memiliki daya pakai selama 12 tahun, juga bermanfaat agar tidak membuat tumpukan sampah yang menumbuk mengakibatkan banjir karena banyaknya macam sepatu yang banyak jenis high hell maupun flat yang mudah rusak dan dibuang sembarangan. Manfaat lain adalah untuk kesehatan dimana penggunaan sepatu hak tinggi dalam waktu yang lama per harinya menimnulkan banyak bahaya bagi penggunanya.

Inovasi Sepatu SEGANA
Solusi dari permasalahan dan latar belakang diatas tidak lain adalah SEGANA (Sepatu Tepat Guna), mengapa dikatakan Tepat Guna? Karena sepatu ini memberikan double function atau 2 in 1 function yang tepat dan berguna sesuai dengan kondisi dan permasalahan bagi wanita aktif yang ingin tetap fashionable dan healthy dalam berpenampilan dengan sepatu. SEGANA mengajak para wanita untuk semakin memperhatikan penampilan mereka di segala kondisi, tak perduli wanita tersebut Feminim atau tidak, karena SEGANA diperuntukan bagi semua wanita aktif yang ingin tetap sehat. Pemilihan sepatu ini juga merupakan solusi tepat untuk wanita yang merasa kerepotan yang harus membawa dua sepatu dalam waktu yang bersamaan, selain sepatu ini nyaman, SEGANA juga mengajak para wanita untuk menjadi lebih Smart dalam memilih produk sepatu, terlebih dalam bidang keuangan karena tidak perlu membeli sepatu yang terlalu banyak sebab hanya akan menjadi pemborosan.
Dan yang paling terpenting dari semuanya adalah, SEGANA dapat menjadi trend icon untuk sepatu yang ramah lingkungan karena SEGANA Terbuat dari bahan karet dengan mengedepankan konsep Be Healthy and Trendy With Go Green! Dengan mencintai bumi ini untuk masa depan anak dan cucu kita kelak. Konsep dimaksud dengan tidak menggunakan bahan kulit asli dari hewani maupun kayu dari pepohonan agar tidak adanya penebangan pohon secara liar dan bumi kita terjaga dari berbagai macam musibah pemanasan global.

Langkah-langkah strategis implementasi gagasan
Gagasan pembuatan SEGANA (Sepatu Tepat Guna) ini dapat diimplementaskan dengan baik apabila didukung oleh hal-hal strategis sebagai berikut :
1. Adanya riset berkelanjutan dalam pengembangan pembuatan Sepatu tepat guna, mulai dari kualitas hak, bahan dasar karet, besi penyanggah hak agar tidak mudah patah seperti hak tinggi pada umumnya.dipastikan tidak menggunakan bahan-bahan yang mencemari lingkungan dan tidak dapat di daur ulang.
2. Produsen pembuat sepatu SEGANA akan menggandeng lembaga surveyor sementara untuk mendapatkan data spesifik karakteristik keinginan consumers yaitu wanita mengenai sepatu hak tinggi, permasalahannya dan solusi yang mereka inginkan agar SEGANA pada proses pembuatannya dapat terus memperbaiki kualitas produk sesuai dengan kebutuhan para wanita pada umumnya.
3. Produsen pembuat SEGANA akan bekerja sama dengan dinas kesehatan, khususnya menyangkut permasalahan seputar bahaya menggunakan sepatu hak tinggi untuk kesehatan wanita, dan akan melakukan sosialisasi atau seminar mengenai bahaya tersebut agar para wanita dapat menyadari betapa penting SEGANA bagi kesehatan kaki.
4. Melakukan kemitraan dengan berbagai pusat perbelanjaan, butik wanita, dll agar solusi sepatu sehat bagi para wanita aktif ini dapat dinikmati oleh seluruh wanita di Indonesia dan semakin mudah dicari.
5. Menjalin kemitraan dengan penghasil karet lokal asli Indonesia sebagai bahan dasar pembuatan sepatu SEGANA sehingga tidak perlu mengekspor bahan dasar dari luar negri dan dapat meningkatkan nilai jual karet lokal.
6. Menjalin kemitraan dengan pengrajin sepatu lokal, agar pengrajin sepatu lokal dapat terangkat kesejahteraan nya, dan melalui SEGANA membuat pengrajin sepatu lokal dapat memberikan ide kreatif untuk terus menciptakan sepatu sehat untuk masyarakat Indonesia.
7. Bekerjasama dengan perancang mode sepatu asal Indonesia, agar mode khas Indonesia akan terus terpelihara dan dapat berkembang seiring perkembangan SEGANA yang memiliki harapan untuk dapat dipasarkan di luar Indonesia, hal ini sangat mungkin karena promosi SEGANA yang dilakukan menggunakan media sosial yang bisa menjangkau seluruh belahan dunia.

terima kasih,semoga kelak SEGANA dapat menjadi kenyataan.. (shanty)

Leave a Reply