Strategi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Dalam Program “Ayo Membaca, Ayo Menabung”

By Rahma Santhi. Filed in gado-gado komunikasi  |  
TOP del.icio.us digg

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Corporate Social Responsibility (CSR) PT BNI (Persero) Tbk. dalam program “Ayo Membaca, Ayo Menabung”.  Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus 0sebagai metode penelitian Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa melalui kegiatan ini  merupakan salah satu kegiatan CSR atau kepedulian social dalam bidang pendidikan dimana BNI membantu program pengajaran di Sekolah Dasar untuk memperkenalkan seputarr kegiatan perekonomian (jual beli) dan menabung.  Dengan demikian, “Ayo Membaca, Ayo Menabung” dapat meningkatkan minat baca anak-anak; memperkenalkan dunia ekonomi dan perbankan sejak dini serta memotivasi anak giat menabung dan berinteraksi dengan perbankan.

Kata Kunci : Strategi, Corporate Social Responsibility (CSR)

1.      PENDAHULUAN

Program “Ayo Ke Bank” merupakan aplikasi dari kebijakan Bank Indonesia (BI), bahwa industri perbankan tanah air sepakat menjadikan tahun 2008 sebagai tahun edukasi perbankan kepada masyarakat.  Edukasi kepada masyarakat di bidang keuangan dan perbankan menunjukkan pemahaman masyarakat mengenai perbankan masih sangat minim.  Kurangnya pengetahuan masyarakat Indonesia akan fungsi, peran dan produk jasa perbankan dinilai sebagai sebuah ketertinggalan era.  Di samping sebagai bentuk penyadaran, edukasi ini bermanfaat pula untuk melindungi nasabah dari berbagai penipuan yang sering terjadi.

PT BNI (Persero) Tbk. menjadi salah satu anggota dari kelompok kerja yang dibentuk oleh Bank Indonesia.  Kelompok kerja ini bertugas untuk mensosialisasikan berbagai materi mulai dari kelembagaan, pengaduan nasabah dan mediasi perbankan, simpanan dan investasi, hingga perkreditan dan jasa perbankan.

Program edukasi masyarakat bukanlah yang baru dalam kebijakan BNI.  Pendidikan merupakan salah satu bidang fokus utama BNI dalam kegiatan CSR, selain bidang kesehatan.  Dalam level pendidikan untuk sekolah dasar, telah berjalan program “Ayo Membaca, Ayo Menabung”.

Dalam program tersebut, BNI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Nasional.  Program “Ayo Membaca, Ayo Menabung” (AMAM) merupakan salah satu kegiatan CSR atau kepedulian sosial dalam bidang pendidikan dimana BNI membantu program pengajaran di Sekolah Dasar untuk memperkenalkan seputar kegiatan perekonomian (jual beli) dan menabung.  Program ini telah berjalan untuk SD di daerah Yogyakarta, Tasikmalaya dan akan berjalan di daerah lainnya.

Untuk menyelenggarakan program ini, BNI memberikan bantuan berupa penyediaan alat bantu dalam pelajaran yang berkaitan dengan perekonomian, yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.  Untuk kegiatan ekstrakurikuler simulasi menabung dan permainan, BNI membantu penyediaan Mobil Keliling “Ayo Membaca, Ayo Menabung” serta penerbitan buletin.

Berdasarkan uraian di atas, maka strategi kampanye PR dalam program “Ayo Membaca, Ayo Menabung” oleh PT BNI (Persero) Tbk. melalui kegiatan CSR.  Program CSR PT BNI (Persero) Tbk. “Ayo Membaca, Ayo Menabung” diperkenalkan kepada siswa SD guna membawa perubahan atau peningkatan kualitas bangsa Indonesia dengan cara memperkenalkan system perekonomian dan meningkatkan kesadaran menabung di usia dini kepada mereka.  Oleh karena itu, penulis ingin meneliti Strategi CSR BNI dalam program “Ayo Membaca, Ayo Menabung”.

PEMBAHASAN

PT BNI (Persero) Tbk berperan penting untuk berbagi dengan masyarakat dengan kebijakan yang dirancang untuk meningkatkan layanan, efisiensi, kehandalan dan kenyamanan.  Kemampuan BNI untuk beradaptasi terhadap perubahan dan kemajuan lingkungan, sosial-budaya serta teknologi dicerminkan melalui penyempurnaan identitas perusahaan yang berkelanjutan dari masa ke masa.  Sebagai salah satu perusahaan besar yang ada di Indonesia, BNI memiliki Budaya Kerja BNI “PRINSIP 46” yang merupakan Tuntutan perilaku Insan BNI, yaitu:

–             4 Nilai Budaya Kerja, terdiri dari PROFESIONALISME, INTEGRITAS, ORIENTASI PELANGGAN dan PERBAIKAN TIADA HENTI.

–             6 Nilai Perilaku Utama Insan BNI yang terdiri dari meningkatkan kompetensi dan memberikan hasil terbaik, jujur, tulus dan ikhlas, disiplin, konsisten dan bertanggungjawab, memberikan pelayanan terbaik melalui kemitraan yang sinergis, senantiasa melakukan penyempurnaan serta kreatif dan inovatif.

BNI sebagai perusahaan yang disegani dan didukung oleh masyarakat sekitarnya harus bertindak dengan prinsip keadilan, peduli pada sesama dan pada lingkungan alam, jika ingin mendapatkan dan memelihara reputasi yang bersih dan baik.  Untuk itu, BNI berupaya menjadi warga negara yang baik dengan mengembalikan sebagian keuntungannya kepada masyarakat, sehingga para nasabah secara konsisten dan tulus akan terus mendukung keberadaan BNI.

BNI berkomitmen menjalankan program CSR sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan bisnisnya.  Di BNI, semua kegiatan CSR ditangani langsung di bawah pimpinan dari Corporate Secretary.  Kegiatan CSR yang dilakukan BNI merupakan komitmen berkelanjutan yang dibangun untuk berperilaku etis dan memberikan kontribusi pada pembangunan nasional sekaligus meningkatkan kualitas hidup komunitas local dan masyarakat secara keseluruhan.

Tujuan kegiatan CSR yang dilakukan oleh BNI adalah:

  1. Mendorong upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat dan perbaikan lingkungan
  2. Memberikan kontribusi positif bagi seluruh masyarakat, khususnya seputar lingkungan perusahaan
  3. Menumbuhkan dan memelihara citra positif perusahaan di mata masyarakat

BNI menetapkan 6 bidang yang menjadi fokus kegiatan CSR, yaiutu pendidikan, kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana umum, kegiatan keagamaan, bantuan bencana dan pelestarian alam.  Di samping itu, BNI juga menyisihkan sebagian dana CSR untuk mengikuti program BUMN Peduli, bersama dengan perusahaan milik Negara lainnya, dengan dikoordinasikan oleh Kementerian Negara BUMN.

Kegiatan CSR “Ayo Membaca, Ayo Menabung” yang dilakukan oleh BNI terdiri dari beberapa tahap, yaitu:

  • Survei

Survei dilakukan dimulai dengan pencarian database sekolah melalui sumber internet, Diknas setempat maupun sumber informasi lainnya.  Penetapan sekolah yang diikutsertakan dalam kegiatan AMAM lebih ditujukan pada azas pemerataan wilayah dan manfaat (semakin besar/banyak pelajar, semakin besar manfaatnya)

  • Pengurusan Perijinan

Pengurusan perijinan dilakukan untuk memperoleh ijin dari pihak Diknas setempat maupun sekolah yang akan diikutsertakan dalam kegiatan ini.  Untuk meminta ijin terhadap pihak sekolah, BNI melakukan pendekatan dengan mengunjungi sekolah calon peserta.

  • Seminar

Seminar diperuntukkan bagi guru-guru sekolah peserta kegiatan AMAM yang diawali dengan pembelajaran dan pembagian modul bagi guru untuk diteruskan kepada pelajar masing-masing sekolah.  Guru-guru tersebut juga berperan sebagai komunikator dalam kegiatan ini dan juga merupakan pihak eksternal perusahaan dalam kegiatan AMAM ini yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan.

  • Kunjungan Aktivasi

Kunjungan dilakukan oleh tim AMAM yang terdiri dari satu orang presenter yang bertugas menuntun anak-anak untuk mengikuti kegiatan yang sedang berlangsung dan juga memberikan simulasi menabung serta mempraktekan cara mengisi formulir setoran dan formulir penarikan tabungan.  Selain itu juga terdapat  satu orang maskot Si Rupi, boneka yang menggambarkan uang logam bertugas untuk menarik perhatian anak-anak.  Ada juga satu orang koordinator yang disebut Pandu Taplus yang bertugas mengunjungi sekolah setelah kegiatan aktifasi AMAM guna melihat apakah alat peraga yang telah diterima oleh pihak sekolah  dimanfaatkan dengan baik.  Di sekolah-sekolah yang berlangsung kegiatan AMAM juga  dikunjungi Mobil Pintar AMAM yang berperan sebagai perpustakaan keliling.

  1. 4. KESIMPULAN

PT BNI (Persero) Tbk menggunakan kegiatan Corporate Social Responsibility sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan sosial masyarakat, mendukung kegiatan dan perbaikan kualitas lingkungan dan pendidikan, serta bekerjasama dengan masyarakat untuk meningkatkan standar kehidupan dan kemampuan finansial.

Kegiatan AMAM memiliki dampak positif bagi masyarakat antara lain meningkatkan minat baca anak dan kebiasaan menabung yang diharapkan dapat ditularkan kepada lingkungannya.  Sedangkan bagi BNI, diharapkan dapat meningkatkan awareness, citra kepedulian, relationship dan bisnis jangka panjang juga sebagai sarana promosi produk.

Leave a Reply