TIDUR LEBIH NYENYAK

5 Kiat “Mengajak” Tubuh untuk Tidur Lebih Nyenyak

TRIBUNSUMSEL.COM – Kebiasaan begadang, bukan hanya dapat menambah berat badan tapi juga dapat membuat wajah cantik Anda kusam dan tidak bercahaya. Kantung mata dan bayangan gelap, merupakan efek paling nyata bagi penderita insomnia.

Tidur tak hanya untuk mengistirahatkan tubuh selama delapan atau sembilan jam, tapi juga dapat memperbaiki metabolisme tubuh dan produktivitas regenerasi kulit agar bekerja sesuai periodik. Rutin memperoleh tidur malam yang berkualitas, bukan dilihat dari berapa jam waktu yang diperlukan, melainkan seberapa nyenyaknya Anda tertidur.

Berikut lima kiat untuk memperbaiki kualitas tidur malam Anda, seperti yang dikutip dari 29secret.com ;

Ciptakan suasana tidur yang lebih baik

Sebelum tidur, sediakanlah waktu sebanyak 15 hingga 20 menit, untuk mendengarkan musik, membaca buku atau mandi dengan air hangat. Ketiga aktivitas ini dipercaya ampuh dalam menurunkan produktivitas tubuh ke tahap rileksasi. Cara ini akan memudahkan Anda untuk jatuh terlelap.

Jika Anda ingin memperbaiki waktu tidur, jangan sesekali mengonsumsi minuman berkafein di malam hari. Selain itu, hindari juga minuman soda dan teh, setidaknya enam jam sebelum waktu tidur yang sudah Anda tentukan. Lebih baik pilih saja segelas susu hangat, yang berguna dalam menenangkan sistem saraf setelah seharian beraktivitas dan bisa merangsang rasa kantuk.

Kamar tidur yang nyaman memicu rasa kantuk

Unsur-unsur yang membuat seseorang mengantuk adalah suasana yang tenang, gelap, nyaman dan bersih. Ciptakanlah suasana yang demikian pada kamar tidur Anda. Menjelang waktu tidur, jauhkanlah ponsel dari jangkauan Anda, atur nada dering menjadi tidak berbunyi, karena bagi penderita insomnia yang tengah ‘bertarung’ untuk tertidur sebelum tengah malam, mereka sensitif terhadap bunyi dan ketukan.

Kemudian jangan lupa, matikan lampu di kamar tidur, sebab kegelapan dapat memancing rasa bosan dan akhirnya mata pun lelah dengan sendirinya dan tertidurlah Anda.

Tinggalkan beban pikiran di depan pintu kamar

Jangan melanjutkan pekerjaan yang belum usai di atas tempat tidur Anda, percayalah Anda tak akan tertidur cepat, yang ada justru kian tenggelam dalam tumpukan lembar kerja yang terlampir di layar laptop. Lakukan taktik ini, tangguhkanlah pendirian diri dengan memiliki prinsip baru, yaitu tanggalkan semua beban pikiran dan stres di depan pintu kamar. Jangan membuat kamar Anda sebagai ruang kerja kedua!

Tenangkan diri Anda dengan latihan tarik dan buang napas dalam-dalam secara perlahan, teruskan hingga merasa rileks. Cara ini bisa menstimulasi pikiran dan tubuh agar terasa lebih santai.

Perhatikan suhu ruangan

Sejumlah orang cenderung memilih tertidur dengan temperatur suhu kamar yang sejuk, coba tentukan kondisi suhu kamar yang nyaman untuk Anda. Jangan-jangan kebiasaan Anda terjaga hingga dini hari, dikarenakan suhu kamar yang terlalu dingin atau hangat.

Editor: Yohanes Iswahyudi
Sumber: Kompas
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *